10 Jenis Komoditi ini, Sukses Jadi Kontribusi Ekspor Terbesar Di Indonesia

Wajib Dibaca Juga!

Sumber daya alam yang melimpah merupakan alasan kuat Indonesia sebagai kontribusi ekspor terbesar di Indonesia. Ekspor adalah proses transportasi barang atau komoditas dari suatu negara ke negara lain.

Kegiatan ekspor juga menjadi salah satu indikator pertumbuhan ekonomi Indonesia. Melimpahnya sumber daya alam serta beragamnya komoditas membuat peluang ekspor di Indonesia terbuka lebar bagi kalangan pengusaha.

Lalu jenis komoditi apa saja sih, yang menjadi kontribusi ekspor terbesar di indonesia? Mari simak bersama-sama.

1. Furnitur

Shutterstock/Teeraphan Pensupha

Produksi kayu dan hasil hutan yang melimpah juga menempatkan Indonesia sebagai produsen mebel teratas di dunia. Kamu bisa mendapati furnitur buatan Indonesia di beberapa negara, seperti AS, Belanda, Singapura, Korea Selatan, Jepang, Perancis, dan Inggris.

2. Komponen Otomotif

Shutterstock/Phonlamai Photo

Mengingat beberapa pabrikan otomotif sudah punya pusat produksi di Indonesia, sebut saja, BMW, Daihatsu, Suzuki, Nissan, hingga Isuzu, semua memungkinkan konsumen lokal memperoleh suku cadang terbaik berkualitas global.

Ini membuat ekspor komponen otomotif memberi harapan pada roda perekonomian Indonesia lewat ekspor rutin ke beberapa negara, seperti AS, India, Jepang, Cina, dan Thailand.

3. Elektronika

Shutterstock/Digital Genetics

Data ekspor tahun 2020 mencatat angka ekspor elektronika sebesar US$9,23 miliar. Ini mencakup perlengkapan elektrik dan mesin. Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Cina, Thailand, Vietnam, Belgia, Inggris, dan AS adalah sebagian negara tujuan ekspor elektronika.

4. Alas Kaki

Shutterstock/panpote

Pada website Kementerian Perindustrian menyebutkan bahwa pada 2019 Indonesia tampil sebagai produsen alas kaki nomor empat terbesar dunia. Disebutkan kapasitas produksi alas kaki ‘made in Indonesia’ bisa mencapai 1.271 juta pasang dalam satu tahun.

AS, Perancis, Italia, Kanada, Sri Lanka, dan Jerman jadi beberapa negara tujuan ekspor alas kaki.

5. Tekstil

Shutterstock/ANAID studio

Tekstil ini juga menjadi salah satu kontribusi ekspor terbesar di Indonesia. Sering disebut sebagai TPT (tekstil dan produk tekstil), mayoritas produk tekstil Indonesia diekspor dalam bentuk bahan baku yang kemudian digunakan oleh industri mode dunia.

Negara tujuan ekspor TPT antara lain Italia, Panama, Inggris, Perancis, AS, Jerman, Belanda, Korea Selatan, dan Spanyol.

6. Karet dan Produk Karet Olahan

Shutterstock/Yatra4289

Hasil perkebunan karet menjadi kontribusi ekspor terbesar di Indonesia yang kedua di sektor perkebunan, hanya kalah dari kelapa sawit.

Lahan perkebunan karet di Indonesia memang terbilang luas sehingga karet dan produk turunannya pun menjadi salah satu komoditas ekspor andalan. Saat ini ekspor karet dikirim ke Malaysia, Filipina, Australia, Singapura, Jepang, AS, Jerman, Italia, Belanda, dan Arab Saudi.

7. Kopi

Shutterstock/Yaroslav Astakhov

Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik dunia, Indonesia mengandalkan ekspor kopi jenis arabika dan robusta ke beberapa negara. Sebut saja, Italia, AS, Inggris, Brazil, Cina, Malaysia, Spanyol, dan Vietnam.

8. Kelapa sawit

Shutterstock/Mohd Erwin

Indonesia dikenal sebagai raja sawit dunia karena menguasai sekitar 55 persen pangsa pasar ekspor sawit global. Tahun lalu, data Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mencatat volume ekspor minyak sawit Indonesia mencapai 34 juta ton senilai US$22,97 miliar.

9. Batu bara

Shutterstock/Mark Agnor

Indonesia merupakan produsen batu bara terbesar ketiga di dunia, setelah Cina dan India. Produksi batu bara bisa mencapai lebih dari 500 juta ton per tahun, sementara permintaan domestik masih rendah, sehingga sebagian besar batu bara atau sekitar 70 persen batu bara nasional dikirim ke luar negeri.

10. Besi dan Baja

Shutterstock/jianqing diao

Besi dan baja menempati posisi ketiga ekspor komoditas nonmigas setelah lemak dan minyak hewan/nabati serta bahan bakar mineral. Pada November 2021, ekspor besi dan baja mencapai US$276 juta.

Produk besi dan baja buatan Indonesia diekspor ke sejumlah negara seperti Cina, Korea Selatan, India, Singapura, Thailand, Australia, Malaysia, UEA, Taiwan, AS, dan lainnya.

Itulah beberapa kontribusi ekspor terbesar di Indonesia yang sangat berpengaruh di dunia. Kekayaan alam Indonesia sangat melimpah bukan?

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer