6 Tips Usaha Dengan Modal Yang Kecil Untung Besar

Wajib Dibaca Juga!

Sebagian besar orang tentunya ingin menjadi pengusaha yang sukses dalam hidupnya. Tetapi, hanya beberapa persen saja yang mampu lebih dulu berhasil menjalankan cita-cita tersebut. Karena mengembangkan usaha agar menjadi besar tidaklah mudah. Banyak rintangan dan permasalahan yang akan dihadapi. Namun, tidak menutupi kemungkinan untuk kalian yang akan mengawali usaha dengan modal kecil tentunya bisa kalian lakukan. 

Merintis suatu usaha dengan modal yang kecil tentunya akan semakin berat ditambah lagi dengan adanya persaingan yang ketat. Satu hal yang harus dimiliki sebelum mengawali usaha yaitu harus mempersiapkan mental, tidak mudah menyerah dan putus asa. Tetapi jangan khawatir karena disini ada beberapa tips yang harus kalian lakukan sebelum memulai usaha. 

Dan ini 6 tips mengawali usaha dengan modal yang kecil di Tahun 2022

1. Tentukan Jenis Bisnis 

Langkah penting pertama yang harus kalian lakukan adalah mencari suatu bisnis yang pas dan cocok dengan kalian. Lakukanlah usaha yang sesuai dengan hobi kalian. Karena, kalian tidak akan terasa berat dan terbebani dalam menjalankannya. Contoh kecil, jika kalian hobi memasak maka kalian bisa berjualan aneka makanan yang kalian buat ditambah dengan kombinasi ide kalian masing-masing agar lebih menarik konsumen. 

Kalian bisa menjalankan jenis bisnis yang bisa dibilang sederhana saja dengan modal yang tidak terlalu besar. Misalnya, berjualan makanan ringan, berjualan pakaian secara online dan masih banyak jenis bisnis lainnya. Dengan begitu kalian akan bisa menjalankannya.

2. Lakukan Riset Pasar 

Kalian harus melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum mengawali usaha, yang bertujuan untuk menganalisis peluang usaha apa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat pada umumnya. Oleh karena itu, bisnis kalian hadir sebagai solusi untuk memecahkan permasalahannya secara tepat.

Segala informasi penting akan diperoleh melalui hasil riset pasar ini. Misalnya, membantu siapa yang menjadi pesaing kalian. Pesaing dalam dunia bisnis wajar dan tidak perlu kalian takuti. Karena kalian bisa menganalisis apa yang menjadi keunggulan dan kelemahan dari bisnis kalian masing-masing.

3. Menghitung Modal Yang Dibutuhkan Secara Tepat 

Walaupun modal yang akan kalian keluarkan tidak terlalu besar, akan tetapi kalian bisa menghitung dahulu berapa jumlah modal yang diperlukan seperti menghitung Capital expense dan Operational expense supaya modal bisa terperinci dan akan memperoleh keuntungan yang tetap besar. 

Kendala di awal membuka usaha dengan modal yang kecil ini, dapat diatasi dengan baik apabila kalian menentukan biaya variabelnya terlebih dahulu. Dengan perhitungan yang tepat maka modal kecil bisa digunakan secara efektif. 

4. Tentukan Produk Berkualitas Harga Murah 

Cobalah kalian mencari supplier produk yang memberikan kualitas bagus namun harga tetap murah. Kalian bisa mencarinya di Internet ataupun bertanya kepada pebisnis lain untuk mendapatkan informasi yang akurat. 

Apabila kalian bisa mendapatkan supplier yang mampu memberikan produk berkualitas tetapi harga murah, dengan demikian keuntungan yang kalian dapatkan akan semakin besar. 

5. Lokasi yang Strategis 

Lokasi yang strategis adalah hal terpenting dalam mengawali suatu usaha. Karena lokasi yang strategis merupakan dimana akan lebih banyak konsumen yang tertarik kepada usaha yang kalian jalankan di bandingkan dengan lokasi yang orang tidak bisa menjangkaunya. 

Namun ada permasalahannya, lokasi yang strategis memiliki biaya sewa yang cukup mahal. Solusinya yaitu kalian bisa menjalankan melalui berjualan online dan menjalankan di rumah terlebih dahulu yang biasa disebut sistem Cash On Delivery (COD) sehingga tidak menyewa tempat dan memakan biaya yang cukup besar bagi kalian.

6. Promosikan Usaha Melalui Media Sosial 

Media Sosial merupakan Platform promosi gratis terbesar yang sebagian besar orang gunakan dan bisa mendukung kesuksesan bisnis kalian.Caranya dengan kalian mengunggah foto bisnis kalian, mengunggah foto lokasi dan pemberitahuan mengenai promo dari bisnis kalian.

Jangan lupa lakukan promosi dan menawarkan usaha kalian kepada orang-orang terdekat yang akan menjadi point plus bagi bisnis kalian.Tetap konsisten untuk selalu melakukan promosi karena kalian tidak pernah tahu konsumen bisa datang kapan dan dimana saja. 

Ya, mungkin itulah beberapa tips yang akan menjadikan usaha kalian berjalan dengan lancar dan terperinci. Satu hal yang perlu kalian tahu, apabila kalian ingin menjalankan suatu usaha kalian harus mempunyai pengetahuan yang luas seputar dunia usaha agar kalian bisa menghadapi dengan bijak apabila permasalahan datang.

Tetap konsisten dengan apa yang kalian lakukan sekarang. Jangan pernah merasa putus asa tetap semangat, fokus, berdoa, berusaha dan bekerja keras supaya apa yang kalian inginkan menjadi kenyataan. 

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer