8 Tips & Trik Berjualan Di Live Tiktok Shop Buat Omset Kamu Naik!

Wajib Dibaca Juga!

Tren belanja online semakin harinya semakin meningkat dan menawarkan daya tarik tersendiri yang menarik perhatian banyak orang. Kini berjualan bukan hanya melalui marketplace atau e-commerce, melainkan aplikasi TikTok, melalui konten foto dan video, ataupun melalui konten live streaming sales. Promosi yang dilakukan pada platform TikTok salah satu fitur nya pada Live TikTok Shop terbilang cukup ampuh dan efektif karena berhasil menaikkan penjualan beberapa brand local.

Bagi kalian para pelaku bisnis yang tertarik mencoba fitur live streaming sales, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan fitur Live TikTok Shop :

1. Kolaborasi dengan kreator TikTok

Kolaborasi kini menjadi hal yang penting dalam peningkatan eksistensi bisnis. Melakukan kolaborasi dengan kreator TikTok bisa jadi pilihan baik, tapi pastikan kreator TikTok-nya sesuai dengan target audiens yang bisa meningkatkan engagement TikTok brandmu.

2. Melakukan review produk

Review produk jadi salah satu konten live TikTop Shop yang cukup diminati para pengguna TikTok. Lewat konten review produk, seller bisa menunjukkan secara langsung produknya secara detail. Jika produkmu memang menarik, biasanya followers akan tertarik untuk membeli produknya secara langsung lewat live streaming tersebut.

3. Riset Prime Time

Sama halnya dengan hashtag Instagram, untuk ketentuan waktu (prime time) di TikTok memiliki waktu khusus yang mampu menarik viewers dalam waktu cepat serta mencapai target seperti pagi di hari Minggu atau weekend. Bahkan setiap akun punya prime time berbeda dari satu dengan yang lainnya. Tergantung tingkat ketertarikan penonton, niche akun TikTok, histori pencarian, dan lainnya. Selain itu, kamu juga dapat menanyakannya langsung pada penoton lewat polling untuk menawarkan jadwal Live.

4. Tentukan Durasi Live

Selain itu, kamu juga harus menentukan durasi waktu untuk Live yang meliputi menanyakan penonton tentang produk yang menarik minatnya, bercerita singkat mengenai kesehariannya membuat pengunjung live TikTok Shop merasa dekat dengan penjual, lalu dilanjutkan dengan penjelasan produk terkait keunggulan, value, cara merawat atau menggunakan, dan alasan pembeli harus membelinya. Selain itu, durasi live sebaiknya tidak terlalu lama karena penonton akan bosan dan malah mengantuk.

5. Metode Pembayaran TikTok Shop

Sebagai menjelaskan detail produk, menginformasikan beberapa metode pembayaran sangat wajib yaitu cara pembayaran TikTok Shop yang bisa dilakukan tanpa harus ke bank ataupun membayar via Indomaret atau Alfa Group. Makin banyak metode yang ditawarkan, maka kian banyak kemudahan dari sisi pembeli. Jika sistem pembayaran gampang, closing produk pun juga akan meningkat.

6. Berikan Diskon Menarik

Pemberian diskon yang menarik pada Live TikTok Shop akan memberikan dampak besar bagi omset penjualan. Untuk memberikan diskon tersebut, kamu bisa memberikan permainan yang menarik pada penonton. Misalnya memberikan kuis, tebak-tebakan, dan lainnya. Bagi penonton yang mampu menjawab dan melalui tantangan tersebut, maka akan mendapatkan diskon atau free product.

7. Cantumkan Akun Seller TikTok Shop

Mencantumkan akun seller TikTok Shop di Bio profil akun TikTok sangat berpengaruh lho! Sebab, pengguna yang mampir ke akun tersebut akan mengorek dan melihat-lihat produk tanpa harus diminta. Kebiasaan kepo itu bahkan bisa dibilang menguntungkan bagi penjual.

8. Share Konten TikTok Secara Terjadwal

Rajin membagikan Konten TikTok yang kamu buat juga bisa memperoleh banyak viewers lho. Bahkan kemungkinan besar konten TikTok bisa FYP apabila banyak yang meninggalkan komentar serta like. Ketika membagikannya pun, sebaiknya cantumkan caption yang menarik ya!.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat memulai bisnis kamu melalui fitur Live TikTok Shop ya. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer