Begini Cara Mengelola Keuangan Pribadi Tanpa Ribet

Wajib Dibaca Juga!

Ada banyak orang yang masih kesulitan bagaimana cara mengelola keuangan pribadi mereka sendiri. Meskipun mereka sudah berumur, mengatur uang diperlukan latihan. Dan kamu harus sadar bahwa mengatur uang dimulai ketika kamu masih saat sendiri dan bukan berkeluarga.

Memang tidak mudah, tapi saat kamu masih sendiri dan bisa mengatur keuanganmu dengan baik maka kamu akan lebih mudah ketika sudah berkeluarga. Nah, berikut ini adalah tips dan cara mengelola keuangan pribadi kamu.

1 Mencatat Arus Kas Itu Penting Banget

Source: Pexels

Kalau kamu merasa kebingungan saat mengatur keuangan, kamu bisa memulainya dengan yang paling mudah yakni mengatur arus kas. Hal yang perlu kamu lakukan cukup mudah ternyata, yaitu mencatat setiap pendapatan yang masuk dan pengeluaran. Dari sini, kamu akan tahu seberapa besar pemasukan dan pengeluaran kamu serta kemana saja uang kamu selama ini.

2 Bagi ke dalam Pos Pengeluaran

Source: Pexels

Setelah mengetahui kemana saja uang kamu, langkah selanjutnya untuk mengelola keuangan pribadi kamu adalah dengan membaginya ke pos-pos pengeluaran untuk kebutuhan bulanan kamu. Buat beberapa pos utama yang menjadi hal krusial kamu selama satu bulan, sebagai contoh adalah untuk kebutuhan makan, listrik bulanan, transportasi, dan lain-lain.

3 Segera Pisahkan ke Rekening Lain

Source: Pexels

Langkah selanjutnya, kamu harus segera memisahkan uang-uang tersebut ke rekening yang berbeda. Adanya rekening yang berbeda ini akan membantu kamu untuk membatasi uang yang akan kamu gunakan dan mana lagi yang benar-benar tidak boleh disentuh.

Setidaknya kamu memiliki dua rekening ya untuk memisahkan arus kas dan uang yang bisa diambil untuk kebutuhan kamu. Sementara satu lainnya untuk uang tabungan dan dana pensiun, yang mana tidak boleh kamu utak-atik lagi. Langkah ini sangat penting untuk mengelola keuangan pribadi kamu.

4 Segera Menabung, Lakukan di Awal

Source: Pexels

Sebaiknya kamu menabung di awal setelah kamu mendapatkan pemasukan, entah itu gaji atau yang lainnya. Hal ini untuk menghindari hal-hal tidak terduga, seperti kamu yang tiba-tiba ingin ini itu. Kamu memang telah mengelola keuangan pribadi kamu dengan baik, tapi tiba-tiba semua berantakan karena uang kamu lari ke keinginan semata bukan kebutuhan. Maka dari itu, dengan kesadaran lakukan menabung di awal.

Nah, itu dia empat tips dan cara mengelola keuangan pribadi dengan mudah. Hal yang perlu di garis bawahi adalah kamu harus konsisten untuk melakukan pengelolaan uang kamu. Semoga membantu ya!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer