Gunakan 4 Cara Ini Untuk Kelola Uang Agar Bisa Berkembang

Wajib Dibaca Juga!

Banyak orang akan menghabiskan uang yang dihasilkan secara foya-foya pada masa awal bulan, dan mulai berhemat disaat akhir bulan dengan cara mengelola gaji. Disaat akhir bulan, pengeluaran akan berusaha sangat dihemat karena uang gaji yang diterima mungkin sudah habis saat berada di masa akhir bulan.

Untuk menghindari hal ini terjadi, berikut cara mengelola uang agar berkembang dan akan membuat kamu tidak pernah merasa kehabisan uang.

1. Mencatat pendapatan dan pengeluaran

Source: Pexels

Sering kali kamu tak peduli dengan pengeluaran dan kemana perginya gaji kamu selama sebulan. Hal ini bisa kamu lacak dengan membuat pembukuan sederhana dengan membagi beberapa pengeluaran rutin bulananmu mulai dari kebutuhan pokok seperti makan, transportasi, dan tempat tinggal. Kemudian, pembayaran rutin bulanan seperti asuransi kesehatan dan angsuran.

Jika sudah membagi semua pengeluaran mingguan setiap bulan, dengan demikian kamu mengetahui pengeluaran yang melebihi budget serta memiliki sisa uang untuk disimpan dan itulah cara mengelola uang agar berkembang yang pertama.

2. Rajin menabung demi perwujudan mengatur keuangan

Source: Pexels

Kebiasaan menabung merupakan kegiatan yang perlu dipupuk sejak dini. Tapi, jangan lupa bahwa tak ada kata terlambat untuk kamu yang tidak terbiasa melakukan cara mengelola uang agar berkembang yang satu ini.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan menyisihkan 20 persen dari gajimu untuk berinvestasi dan menabung, ini sangat penting untuk dana cadangan atau dana masa depan.

3. Cara mengelola Uang dengan Berinvestasi

Source: Pexels

Berpikir panjang dan kedepan. Menginvestasikan danamu itu merupakan cara mengelola uang agar berkembang dan aset jangka panjang. Selain menabung uang, berinvestasi juga bisa kamu lakukan di saham, emas, obligasi, atau reksa dana.

Dengan berinvestasi di saham, kamu bisa mendapatkan return hingga 20 persen setahun. Jauh lebih besar daripada investasi di deposito.

4. Membayar hutang secara rutin

Source: Pexels

Jika kamu memiliki hutang atau cicilan yang harus dibayar setiap bulan, jangan pernah menundanya. Menunda membayar hutang hingga lewat jatuh tempo hanya akan membuatmu dikenakan bunga tambahan dan menghambat cara mengelola uang agar berkembang karena bunga tambahan.

Itulah, beberapa pilihan cara mengelola uang agar berkembang yang bisa kamu lakukan, supaya bisa menikmati hidup dan tidak merasa kesusahan karena harus menghemat di akhir bulan. Selain itu kamu juga bisa mencari pendapatan tambahan untuk lebih memenuhi kebutuhan hidup kalian.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer