Ingin Buka Bisnis Kuliner Online? Simak 5 Tips Ini!

Wajib Dibaca Juga!

Banyak orang ingin mulai mencari peruntungan mereka lewat bisnis kuliner. Tingginya kebutuhan masyarakat untuk memperoleh makanan, banyak membuat orang ingin memulai usaha mereka di bidang kuliner.

Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang bisa dibilang cukup menjanjikan. Sebab makanan adalah kebutuhan pokok yang banyak dicari, ini juga menjadi kebutuhan setiap orang. Perkembangan dunia kuliner saat ini sudah semakin pesat. Tak heran banyak orang mulai memikirkan cara untuk membuka bisnis ini.

Jika dulu bisnis kuliner harus memiliki toko atau gerai, kini bisnis kuliner bisa dilakukan secara online. Sehingga tidak perlu modal besar untuk menyewa ruko atau bahkan membelinya, untuk itu bisnis kuliner online lebih mudah dimulai.

Nah untuk mendapat gambaran bagaimana memulai bisnis kuliner online yang tepat, berikut ini kami rangkum beberapa tips untuk memulainya.

1. Aktif di sosial media

Source: Pexels

Tips pertama untuk memulai bisnis kuliner online adalah dengan aktif di seluruh sosial media yang kamu punya. Dengan aktif di sosial media kamu juga akan update dengan jenis makanan yang sedang populer di masyarakat. Selain itu juga, kamu bisa dapat inspirasi dari makanan yang tengah viral.

2 Rutin mengadakan promo dan terus mengeluarkan inovasi baru

Source: Pexels

Banyak masyarakat mudah tergiur dengan promo. Tak jarang mereka rela antre panjang demi mendapat potongan harga dari sebuah produk. Sebab itu, kamu harus bisa menarik perhatian masyarakat dengan mengadakan promo menarik.

Selain itu, kamu juga harus selalu update tentang kuliner yang kamu jual dengan menyajikan menu-menu baru.

3. Melakukan endorsement ke selebgram atau influencer

Source: Pexels

Tips bisnis kuliner online yang selanjutnya adalah dengan lebih banyak promosi supaya masyarakat lebih mengenal bisnis yang kamu punya. Dengan melakukan endorsement ke selebgram atau influencer dapat membuat juga masyarakat lebih percaya dengan bisnis kamu.

Selain itu juga orang-orang akan membeli sesuatu jika idola mereka membelinya terlebih dahulu. Jadi menggunakan teknik endorsement ini akan sangat efektif untuk perkembangan bisnis kamu, meski keluar banyak uang di awal itu akan kembali berlipat-lipat ganda.

4. Ramah terhadap pengantar makanan online

Source: Pexels

Tak hanya ramah ke pelanggan, kamu juga harus ramah terhadap para pengantar makanan atau kurir online. Ini karena bisnis kuliner online yang kamu jalani akan lebih sering berinteraksi dengan para kurir ini. Jalan hubungan baik dengan mereka agar bisnis yang kamu jalankan lancar.

5. Ikut acara bazar

Source: Pexels

Meski kamu lebih fokus dalam menjalankan bisnis kuliner online, tapi tidak ada salahnya jika kamu sesekali mengikuti acara bazar atau pop-up market. Sebab dengan acara ini kamu bisa memperkenalkan jenis usaha kulinermu yang biasanya hanya komunikasi melalui sosial media. Tips ini juga bisa masyarakat lebih mengenal bisnismu bahkan bisa menambah pelanggan.

Jadi itulah beberapa tips bisnis kuliner online untuk kamu yang ingin memulainya. Jangan lupa untuk melakukannya dengan penuh semangat serta berdoa agar semua usaha dilancarkan.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer