Intip 5 Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Frenchise Yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Memulainya!

Wajib Dibaca Juga!

Bisnis franchise menjadi salah satu opsi yang populer, terutama jika kamu tidak ingin membangun merek dari awal. Di Indonesia sendiri di dominasi oleh bisinis franchise kuliner dengan hal ini juga telah memberikan banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia.

Secara umum bisnis franchise adalah cara memperluas pendistribusian produk atau jasa dengan lisensi dagang, seperti merk, logo, sistem bisnis hingga perlengkapan. Misalkan kamu ingin membuka sebuah bisnis franchise, maka kamu harus membayar royalti kepada pemilik franchise. Dengan begitu, kamu juga akan mendapatkan hak penuh serta dukungan dari pemilik utama dalam menjalankan bisnis tersebut.

Selain itu, mari kita bahas bersama-sama terkait apa saja sih yang menjadi kelebihan dan kekurangan bisnis franchise :

1. Sistem Manajemen Bisnis Telah Terbangun

Kelebihan dan kekurangan bisnis franchise yang pertama ada sistem manajemen yang telah terbangun. Hal ini memberikan keuntungan dalam berbisnis, terutama bagi mereka yang telah memiliki reputasi bagus di masyarakat. Statistik menunjukkan bahwa waralaba memiliki peluang sukses yang jauh lebih baik daripada bisnis rintisan independent. Namun, hal ini dapat membuat ruang gerak pembeli franchise sangat terbatas, salah satunya kita bisa menuangkan ide atau pemikirannya.

2. Produk Sudah Cukup Dikenal Masyarakat

Proses pemasaran bisnis yang telah dikenal masyarakat cenderung lebih mudah. Karena itu dalam memilih bisnis ini, kamu tidak memerlukan biaya dan tenaga yang banyak jika dibandingkan dengan membangun bisnis baru. Namun,, ketergantungan pada reputasi antara franchisor terhadap franchisee lainnya memiliki efek domino yaitu jika Franchisee (Pembeli Waralaba) yang lain melakukan kesalahan yang mengakibatkan rusaknya reputasi sebuah franchise, maka hal ini juga akan mempengaruhi franchise yang kamu kelola.

3. Manajemen Finansial Yang Lebih Mudah

Kelebihan dan kekurangan bisnis franchise lainnya adalah mudahnya memperoleh investor dalam pendanaan modal bisnis. Selain itu, untuk membuka usaha bisnis franchise, sistem keuangan manajemen telah ditetapkan oleh franchise pusat, sehingga kita tidak perlu pusing atau repot lagi dengan urusan manajemen keuangan seperti disaat membangun bisnis baru. Selanjutnya, terdapat biaya lanjutan untuk pelatihan dan dukungan bagi para pembeli franchise yang digunakan untuk perkembangan dan kelangsungan bisnis.

4. Kerjasama Bisnis Telah Terbangun

Selanjutnya, saat membeli franchise kamu bisa langsung mendapatkan keuntungan kerjasama yang telah terbangun sebelumnya oleh pemilik waralaba. Seperti dapat bekerjasama dengan pemasok bahan baku utama sebuah bisnis, namun hal ini juga bisa membatasi kita untuk mencari atau bahkan berganti supplier yang menjual bahan baku yang lebih murah. Selain itu, terdapat pembagian royalty feenya juga.

5. Dukungan Dan Keamanan Yang Lebih Kuat

Kelebihan dan kekurangan bisnis franchise  yang terakhir adalah perusahaan franchise akan memberikan sebuah pelatihan kepada calon franchisenya seperti pelatihan memanajemen keuangan yang baik, pemasaran yang tepat sasaran, ataupun membuat iklan yang dapat memancing konsumen untuk membeli sebuah produk ataupun jasa. Tentunya pelatihan dasar seperti ini biasanya sudah termasuk dalam paket pembelian sebuah waralaba atau franchise.

Terdapat beberapa jenis frenchise yang banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia seperti frenchise minuman kopi ataupun non-kopi, makanan, logistic, retail, dan laundry. Demikian informasi tentang kelebihan dan kekurangan bisnis franchise yang bisa menjadi bahan pengetahuan kamu untuk memulai bisnis frenchise. Semoga informasinya dapat bermanfaat yaa!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer