Laku Keras Jualan di TikTok Pakai 6 Cara Ini, Pasti Cuan!

Wajib Dibaca Juga!

Platform penjualan berkembang seiring dengan teknologi. Bahkan sosial media saat ini telah menyediakan fitur yang memudahkan kalian untuk membeli atau menjual barang milik kalian.

Salah satunya adalah TikTok, aplikasi ini memiliki fitur yang membantu kalian untuk memasarkan produk. Terlebih lagi pengguna aplikasi ini memiliki potensi yang besar untuk kalian jualan di TikTok.

Untuk mengetahui cara menarik pelanggan di TikTok, tentunya kalian harus mengetahui cara kerja dan juga tips untuk berjualan melalui aplikasi ini. Berikut adalah cara  kalian jualan di TikTok agar menarik pelanggan.

1. Memahami cara kerja TikTok

Shutterstock/Chaay_Tee

TikTok menjadi salah satu platform yang memiliki fokus berbagi konten video dengan durasi 15 detik hingga 3 menit. Cukup banyak bisnis online yang memilih untuk jualan di TikTok karena hanya dengan membuat video produk, lalu menggunakan latar musik yang sedang viral agar menarik audiens.

2. Buatlah konten yang menarik

Shutterstock/Chaay_Tee

Bikin konten yang menarik, cara jualan di TikTok yang harus kalian lakukan adalah bisa menarik perhatian para pengguna lainnya. Hal ini bisa  kalian lakukan dengan mencari ide dari konten kreator lainnya sebagai strategi marketing untuk memasarkan produk kalian atau bisa mengikuti tren yang sedang berkembang.

Pada dasarnya mayoritas pebisnis online akan membuat video seputar launching produk, tutorial, review dan bahkan memakai hashtag challenge.

3. Gunakan hashtag saat membuat video

Shutterstock/Kaspars Grinvalds

Menggunakan hashtag saat jualan di TikTok akan membuat video kalian muncul di for your page (fyp). Hashtag juga bisa menjadi bagian informasi video sehingga jadi rujukan untuk memberikan rekomendasi video tersebut ke pengguna lainnya.

Kalian bisa membuat hashtag sendiri sebagai kampanye brand bisnis milik kalian untuk mempromosikan event atau promo yang sedang berlangsung.

4. Konsisten posting konten

Shutterstock/THICHA SATAPITANON

Untuk meningkatkan brand awareness jualan di TikTok, salah satunya yaitu kalian harus konsisten untuk memposting konten. Dengan demikian konten kalian muncul di beranda pengguna maupun followers pasti akan melihat video jualan kalian.

Kemungkinan mereka juga akan menyukai bahkan berkomentar terhadap konten yang kalian buat dan semakin banyak orang yang menyukainya. Sehingga dapat menambah awareness pengguna TikTok lainya.

5. Kerjasama dengan influencer TikTok

Shutterstock/Nattakorn_Maneerat

Bekerja sama dengan influencer atau konten kreator adalah salah satu cara jualan di  TikTok untuk memikat konsumen. Tanpa kalian sadari, banyak sekali brand yang menggunakan influencer sebagai langkah untuk meningkatkan penjualan sekaligus awareness.

Kalian bisa memilih influencer yang sesuai dngan produk yang kalian miliki. Jika jualan make up, maka cari influencer yang fokus kontennya mengenai make up dan skincare. Bentuknya bisa berupa video testimoni hingga tutorial make up memakai produk yang kalian tawarkan.

6. Gunakan TikTok Ads

Shutterstock/PixieMe

Strategi yang tidak boleh kalian lewatkan saat jualan di TikTok adalah penggunaan iklan TikTok atau yang biasa disebut TikTok Ads. Tujuan penggunaan iklan TikTok ini agar kalian bisa menjangkau audiens yang lebih besar lagi.

Tiktok menyediakan empat jenis iklan yang dapat kalian gunakan diantaranya.

  • InFeed Ads dimana iklan kalian akan muncul ketika pengguna scroll feed.
  • Promotes Hashtag Challenge yang akan mengajak penggunanya memakai hashtag challenge.
  • Branded Filter adalah efek khusus yang berisi informasi produk.
  • Brand Takeover berupa iklan eksklusif berupa image, gif, sampai video yang akan muncul satu kali sehari ketika membuka aplikasi.

Banyak fitur yang bisa kalian gunakan untuk strategi marketing jualan di TikTok, misalnya TikTok Shop dan TikTok Ads. Bukan hanya strategi marketing, kalian juga haru memerhatikan cara untuk mengelola bisnis seperti stok barang hingga proses pesanan.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer