Pandemi Menyerang UMKM, Ini Tips UMKM Agar Tetap Bertahan

Wajib Dibaca Juga!

Seperti yang kita tahu bahwa pandemi virus corona telah menyerang banyak sektor, salah satunya adalah ekonomi di Indonesia. Tak terkecuali usaha mikro kecil menengah juga turut down.

Hal ini menyebabkan para pelaku usaha di Indonesia harus memutar otak untuk mencari tahu bagaimana caranya atau tips UMKM bertahan di masa pandemi corona. Di tengah pandemi, UMKM harus bertahan agar ekonomi terus bergerak.

Berikut ini beberapa tips UMKM bertahan di masa pandemi corona yang bisa Anda lakukan.

1. Analisa SWOT

Source: Pexels

Menganalisa SWOT, seperti kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman sangat diperlukan saat menjalankan UMKM, terlebih di saat-saat seperti ini. SWOT adalah perbekalan penting agar Anda bisa menentukan keputusan untuk melangkah dan juga saat mengambil strategi.

2. Membuat Inovasi atau terobosan baru

Source: Pexels

Tips UMKM bertahan di masa pandemi corona yang selanjutnya adalah Anda harus bisa menciptakan sebuah inovasi agar UMKM Anda tetap hidup. Tidak hanya untuk produk Anda, inovasi ini juga diperlukan untuk promosi dan pemasaran Anda.

Terlebih di saat pandemi seperti ini, Anda harus bisa menggencarkan pemasaran agar pelanggan tetap setia dengan produk Anda.

Di masa pandemi, orang-orang telah beralih dari offline menjadi online. Hal ini bisa Anda manfaatkan dengan melakukan pemasaran secara online melalui media sosial. Anda bisa membuat konten menarik dari produk Anda kemudian dipromosikan melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook, hingga Youtube.

3. Bergabung dengan Komunitas

Source: Pexels

Bergabung di komunitas yang berhubungan dengan UMKM Anda akan sangat membantu usaha Anda tetap bertahan di masa pandemi. Tips UMKM bertahan di masa pandemi corona yang satu ini justru akan menambah pengetahuan Anda untuk mengembangkan bisnis usaha yang sedang Anda jalankan.

Hal ini karena Anda akan bertemu dengan pelaku usaha lain dan Anda bisa berinteraksi dengan mereka, termasuk bertukar pikiran dan saling mempromosikan usaha Anda. Sebaiknya, manfaatkan sebaik mungkin waktu Anda ketika telah bergabung dengan komunitas.

4. Efektivitas Anggaran

Source: Pexels

Hal yang sangat penting dalam menjalankan usaha adalah pengaturan uang. Hendaknya di saat-saat seperti ini Anda bisa mengatur juga merencanakan anggaran supaya bisa mencapai efektivitas.

Tips UMKM bertahan di masa pandemi corona ini akan membantu Anda terhindar dari gulung tikar akibat perencanaan keuangan yang buruk. Dalam hal ini, Anda bisa menyusun semua kebutuhan biaya secara efisien dan jangan lupa untuk memangkas segala biaya yang kurang penting untuk usaha Anda.

5. Beralih ke Digital

Source: Pexels

Seperti yang telah disinggung di tips UMKM bertahan di masa pandemi corona nomor 2 di atas, semua orang telah beradaptasi dari offlline ke online. Anda pun harus mengikuti arus ini agar UMKM Anda bisa bertahan di masa pandemi.

Justru, dengan beralih ke digital akan mendatangkan keuntungan yang sebelumnya belum Anda dapatkan karena di sini Anda telah terbantu oleh teknologi. Anda bisa mempromosikan produk Anda dengan lebih mudah dan biaya murah, namun bisa menjangkau pasar yang sangat luas.

Itulah lima tips yang bisa Anda jalankan di masa pandemi seperti ini. Tentu kita semua berdoa agar roda ekonomi di Indonesia kembali berjalan dengan normal seperti sebelum pandemi. Semoga lima tips UMKM bertahan di masa pandemi corona di atas bisa membantu Anda.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer