Pengusaha Muda di Indonesia di Bawah 20 Tahun, Nomor 6 Gak Nyangka Banget

Wajib Dibaca Juga!

Pada kenyataannya, ada juga orang-orang sukses yang berada di kisaran usia 30-an. Kebanyakan dari mereka adalah para pengusaha sukses yang berani menantang diri sendiri untuk mendapatkan keberhasilan di usia yang terbilang masih muda.

Dan pada saat ini, Indonesia juga memiliki 10 pengusaha muda di bawah 20 tahun yang sukses. Bisnis yang digeluti macam-macam, mulai dari travel hingga kecantikan.

1. Ammar Mandili

Instagram/ammandili

Pengusaha muda di bawah 20 tahun yang pertama adalah seorang pemuda Indonesia yang saat ini kuliah di Singapura. Ammar Mandili membuat sebuah produk minyak rambut seperti pomade yang diberi nama Thoug Clay sambil menjalani kuliahnya.

Melalui penjualan online lewat akun Instagramnya @indohaircut, Ammar Mandili berhasil meraih kesuksesan dan telah beberapa kali diundang sebagai pemateri seminar kewirausahaan di Singapura.

Keberhasilan dan kesuksesan diraih Ammar Mandili saat usianya masih sangat muda. Usia dia saat ini bahkan masih 21 tahun.

2. Maulina Putri

Source: Brilio.net

Memiliki usaha di bidang kecantikan yang bernama Maulina Herbal masker wajah. Pengusaha muda di bawah 20 tahun ini sudah mendapatkan kepercayaan oleh pelanggannya saat masih berusia 17 tahun.

Banyak pesanan dari berbagai wilayah Indonesia membuat namanya mulai berkembang hingga saat ini. Bukan hanya di Indonesia saja, Maulina juga sering menjual produknya ke negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

3. Wirda Mansur

Instagram/wirda_mansur

Pepatah yang muda yang berkarya benar-benar telah dibuktikan pengusaha muda di bawah 20 tahun yang bernama Wirda Mansur. Hal ini dilakukan dengan mengembangkan kerajaan bisnisnya dari saat masih muda. 

Meski usianya masih 20 tahun, sudah banyak memiliki usaha, mulai dari travel yang diberi nama Wisata Hati Tour & Travel, kosmetik yang diberi nama Wake up Make up, hingga busana muslim yang diberi nama Wirda Mae Group Indonesia.

4. Muhammad Akbar Maulana

Instagram/m_akbarmaulana2404

Muhammad Akbar Maulana, pengusaha muda di bawah 20 tahun ini memiliki usaha di bidang desain grafis yang bernama Rabka Desain Art dan pemasangan iklan blog bernama Rabka Blogger yang tergabung dalam Rabka Madbarlana Group.

Akbar memulai usaha saat usianya masih 16 tahun, ia mulai suka dengan dunia desain grafis saat ia mengambil jurusan multimedia di salah satu SMK di kota Medan, karena mendapatkan banyak ilmu dari sekolahnya Akbar mulai berpikir untuk menjual jasanya ke orang lain.

5. Tiffany Kenanga Mandalawangi

Instagram/tiffanykenanga

Bisnis pakaian wanita yang diberi nama Tiffany Kenanga Made For You dan produk sepatu yang diberi nama Tiffany Kenanga Signature adalah milik pengusaha muda di bawah 20 tahun ini.

Berawal dari ide seorang gadis yang berusia 19 tahun untuk memiliki usaha, Tiffany Kenanga Mandalawangi, atau biasa dipanggil Tuwi di rumahnya, memberanikan diri untuk berbisnis melalui Instagram.

6. Amanda Manopo

Instagram/amandamanopo

Bukan hanya talenta menjadi peran dalam industri pertelevisian, pengusaha muda di bawah 20 tahun ini juga memiliki bisnis kecantikan yang berawal dari pemakaian pribadi, yang akhirnya menyebar ke teman-temannya. Bahkan penjualan produk kecantikan dengan merek Beauty Lugue milik Amanda laku 100 pcs dalam tempo satu dua jam saja.

Setelah sukses jualan secara online, Amanda berencana membawa produk kecantikannya ke ritel modern. Untuk itu, dalam waktu dekat ia juga akan merilis masker premium dengan keharuman dan desain yang baru. Tak berhenti di situ, dia ingin menambah bisnisnya dengan membuka usaha hijab hasil rancangan sendiri.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer