8 Rekomendasi Tanaman Hidroponik Bagi Pemula, Apa saja ya?

Wajib Dibaca Juga!

Sebagian banyak orang beranggapan bahwa berkebun atau bercocok tanam dianggap mampu membantu dalam pemenuhan kebutuhan pangan sehari-hari. Sebagiannya lagi, menganggap dengan bercocok tanam dapat menjadi hiburan. Namun bagaimana jika tidak memiliki lahan yang besar? Nah berkebun atau bercocok tanam secara hidroponik dapat menjadi alternatif untuk mommy yang suka dengan berkebun.

Metode hidroponik sendiri merupakan teknik budidaya tanaman yang memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam atau soilless. Metode ini jauh lebih praktis dan pas untuk kamu yang punya lahan terbatas. Terdapat 11 jenis tanaman hidroponik yang cocok ditanam dengan metode ini, seperti :

1. Cabai

Tanaman pertama yang dapat ditanam dengan cara hidroponik adalah cabai. Tanaman cabai memang dikenal dengan mudah tumbuh di media tanam apapun. Kamu hanya perlu memiliki bibitnya, tanam di pot dengan sistem hidroponik, maka cabai akan tumbuh dengan sendirinya. Tanaman hidroponik yang dapat ditempatkan dimana saja, memudahkan kamu untuk petik dan menggunakannya untuk masakan atau makanan, lho.

2. Kangkung

Kangkung yang merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia ini juga dapat kamu tanam di rumah dengan sistem hidroponik lho. Untuk penanaman kangkung, pastikan kamu memilih benih yang berkualitas ya, karena dapat berpengaruh pada keberhasilan budi daya kangkung hidroponikmu.

3. Pakcoy

Tanaman hidroponik lainnya adalah pakcoy, jenis tanaman sayuran yang juga sekaligus obat anemia dan diabetes ini juga bisa kamu tanaman secara hidroponik. Sayur yang mempunyai nama lain bok choy ini bisa kamu panen selama 45 hari sekali. 

4. Sawi

Bagai para pemula yang ingin mencoba menanam tanaman dengan metode hidroponik, menanam sawi sangat direkomendasikan. Proses perawatannya yang mudah dan murah menjadi alasan mengapa sawi sangat cocok bagi pemula. Cahaya matahari ataupun grow light, sangat dibutuhkan dalam proses budi daya tanaman hidroponik.

5. Selada

Tanaman hdiroponik selanjutnya yang cocok bagi pemula adalah selada, karena proses perawatan yang sangat mudah dan pertumbuhannya juga yang sangat cepat. Pada 2 minggu pertama, kamu akan melihat bibit selada mulai tumbuh.

6. Stroberi

Buah yang kaya akan vitamin C ini juga bisa kamu tanam di pekarangan rumahmu secara hidroponik. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa stroberi yang ditanam secara hidroponik akan menghasilkan buah yang lebih banyak daripada penanaman biasanya. Hal ini dikarenakan nutrisi yang diberikan pada tanaman dari pembibitan hingga berbuah lebih banyak sehingga pertumbuhan stroberi pun jadi lebih maksimal dan menghasilkan buah yang berlimpah.

7. Seledri

Seledri juga sangat cocok menjadi tanaman hidroponik. Kandungan yang sangat bermanfaat yang ada pada seledri dapat bermanfaat pada penurunan tekanan darah dan mengontrol kolesterol. Maka dari itu, sayuran ini banyak yang menanamnya dipekarangan rumah. Budi daya seledri pun tergolong cukup mudah. Hanya perlu merendam ujung seledri dengan air. Dalam beberapa hari, seledri akan tumbuh tunas baru yang nantinya akan berkembang menjadi sayuran.

8. Tomat

Tanaman hidroponik yang terakhir adalah buah tomat. Agar hasilnya maksimal, kamu bisa menggunakan polybag atau pot yang sudah diisi dengan arang dan sekam sebagai mediumnya, supaya mendapatkan hasil budi daya yang maksimal. Jangan lupa untuk terus mengontrolnya agar tanaman tomatmu tidak diserang hama, ya!.

Nah, itu 8 rekomendasi tanaman hidroponik yang bisa kamu tanam di rumah. Pasti sangat menyenangkan, ya.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer