Pahami 7 Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Online

Wajib Dibaca Juga!

Bisnis online memiliki prospek yang sangat bagus saat ini. Persiapan memulai bisnis harus melalui berbagai persiapan yang matang.

Agar hasil yang akan kalian dapatkan bisa maksimal sehingga bisnis yang dijalankan tidak mudah untuk tenggelam begitu saja.

Berikut merupakan beberapa persiapan yang harus kalian siapkan dalam memulai bisnis.

1. Pelajari Kebutuhan Pasar Terlebih Dahulu

Shutterstock/Andrey_Popov

Jangan asal menentukan ide bisnis. Untuk persiapan memulai bisnis, kalian harus mencari tahu apa yang paling dibutuhkan pasar saat ini. Sebagus apapun produk yang akan dijual nantinya, jika tidak dibutuhkan oleh masyarakat akan sulit untuk laku.

Pastikan bahwa produk menjadi materi utama bisnis online kalian mampu menyelesaikan masalah di khalayak umum. Misalnya saat ini sedang banyak dicari vitamin penambah imun, sayuran organik, ramuan jamu tradisional, dan sebagainya.

2. Tentukan Peluang Target Pasar Produk

Shutterstock/13_Phunkod

Menentukan target pasar sangat penting untuk persiapan memulai bisnis. Kalian bisa membagi kelompok target berdasarkan demografi menyangkut gender, usia, lokasi tempat tinggal, pekerjaan, penghasilan, pendidikan dan sebagainya.

Dari kelompok demografi ini kalian bisa spesifikasikan berdasarkan psikologis. Berhubungan dengan minat, hobby, nilai tertentu yang mungkin berhubungan dengan norma dan agama.

Semakin spesifik semakin mudah bagi kalian menentukan materi bisnis online.

3. Pelajari Tren yang Terbaru

Shutterstock/Thapana_Studio

Mencari tahu tren konsumen paling baru menjadi persiapan memulai bisnis yang menunjang keberhasilan bisnis online yang akan kalian jalankan. Kalian bisa memulainya dengan mengetik beberapa keyword dalam mesin pencarian.

Apa yang paling banyak dicari dan disukai. Sehingga dari situlah kalian bisa mengetahui tren terkini yang dapat menghasilkan pundi uang dari hasil penjualan online tersebut. Jadi jangan pernah memulai bisnis sebelum mengenal trennya.

4. Tentukan Model Bisnis dari Awal

Shutterstock/HAKINMHAN

Model bisnis dalam persiapan memulai bisnis adalah cara kalian berjualan. Jika menjual produk fisik dengan modal sendiri, kalian berperan sebagai produsen dan pemasar. Maka  kalian harus bisa untuk memproduksi barang, menyetok, kemudian memasarkannya lewat marketplace.

Namun jika terbatas modal, maka kalian bisa menjadi dropshipper atau reseller. Konsepnya sama bisnis online, tetapi kalian tidak perlu menyetok barang. Kalian cukup menawarkan produk, kemudian mengambil keuntungan dari margin penjualan.

5. Fokus Dalam Menentukan Produk Usaha

Shutterstock/Rawpixel.com

Dari sekian banyak tren di masyarakat, maka kalian bisa memilih produk. Persiapan memulai bisnis ini bebas kalian tentukan, apakah akan menjual produk fisik atau  jasa. penting untuk memastikan bahwa produk tersebut bisa kalian pasarkan secara online.

Jika kalian menjual jasa seperti privat, pastikan bisa diakomodasi dengan Google Meet,  Zoom dan sejenisnya. Untuk produk fisik, pastikan bisa dijual melalui media  sosial kalian, marketplace, website dan sebagainya.

6. Maksimalkan Peran Penting Media  Sosial

Shutterstock/Twin Design

Untuk persiapan memulai bisnis online, dalam penjualannya memerlukan media yang paling efektif. Saat ini media sosial masih menjadi jawara. Melalui akun pribadi medsos, penjualan bisa  memanfaatkan list pertemanan. Kalian bisa menawarkan melalui pesan pribadi kepada teman kalian.

Untuk lebih maksimal lagi, kalian bisa berjualan menggunakan akun bisnis. Kemudian optimasi menggunakan layanan berbayar. Sama halnya kalian membuat iklan online, sehingga bisa menjangkau lebih banyak audiens berdasarkan kelompok target pasar penjual.

7. Pelajari Kompetitor dengan Baik

Shutterstock/Sviatlana Zyhmantovic

Dalam persiapan memulai bisnis, kalian harus siap dengan persaingan dunia usaha. Bahkan bisa jadi sebagai pemain baru adalah ancaman bagi pebisnis lama karena menjual barang serupa. Kalian perlu menjadikan kompetitor sebagai rekan bisnis.

Setelah memiliki gambaran mengenai ide bisnis dan bagaimana mempersiapkannya, langsung eksekusi. Jangan menunggu lama untuk memulai karena akan lebih banyak pertimbangan yang justru menurunkan passion kalian dalam bisnis online.

Itulah 7 persiapan memulai bisnis yang harus kalian pahami sebelum menjalankannya. Jangan menunggu lama untuk memulai karena akan lebih banyak pertimbangan yang justru menurunkan passion kalian dalam bisnis online.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer