Ragam Barang Antik Termahal, Tembus hingga  Rp6 Triliun Rupiah!

Wajib Dibaca Juga!

Sejumlah barang antik termahal di dunia ternyata mempunyai harga yang sangat fantastis, lho. Barang antik adalah benda yang telah berusia tua dan memiliki asal-usul tersendiri.

Banyak kolektor yang menginginkan barang antik ini untuk dijadikan koleksi bahkan investasi. Sebab, barang antik ini mempunyai kualitas tinggi dengan harga yang mahal.

Lantas, apa sajakah barang antik termahal di dunia? Yuk, simak beberapa daftarnya sebagai berikut :

1. Jam Tangan Swiss (Rp86 Miliar)

Shutterstock/berczy04

Barang antik termahal di dunia yang pertama yaitu jam tangan Swiss yang dilelang di Sotheby’s New York seharga $6,1 juta atau setara dengan Rp86 miliar di 2015 lalu. Jam tangan tersebut ada pada masa Revolusi Industri. Dari 22 tipe jam tangan Swiss, beberapa di antaranya masuk pada kategori barang langka.

2. Merchandise Legenda Sepak Bola Pele (Rp70 Miliar)

Source: Etsy

Legenda sepak bola Pele memasarkan merchandise-nya seharga Rp50 miliar hingga Rp70 miliar. Ia juga menjual beberapa koleksinya seperti piala, medali, sampai barang-barang pribadinya untuk membiayai rumah sakit anak-anak di Brazil. Barang-barang legenda sepak bola tersebut pun masuk dalam daftar barang antik termahal.

3. Perangko British Guiana 1 Cent Magenta (Rp123 Miliar)

Source: The New Yorker

Barang antik dengan bentuk perangko ini memang terkenal sebagai barang antik yang banyak diincar para pengoleksi. Perangko British Guiana 1 Cent Magenta dibuat dan disebarkan pada tahun 1856.

Perangko ini adalah salah satu perangko yang tersisa dari jejak koloni Inggris Guyana. Perangko ini berhasil dilelang seharga $8,3 juta atau setara hingga Rp123 miliar. Wow, fantastis!

4. Gerabah Tiongkok (Rp190 Miliar)

Source: The Value

Koleksi gerabah atau keramik dari dinasti Song, Ming, Qing yang telah berusia sekitar 1.000 tahun ini pun menjadi salah satu barang antik termahal di dunia. Gerabah ini dipasarkan dengan harga Rp853 miliar untuk seluruhnya. Adapun salah satu koleksi dari gerabah ini yaitu Moonflask putih, yang dijual seharga Rp190 miliar.

5. Kalung Mutiara La Peregrina Elizabeth Taylor (Rp163 Miliar)

Source: Ambisyosa

Elizabeth Taylor merupakan salah satu artis terkenal karena perannya sebagai Cleopatra. Cartier, yang merupakan merek ternama yang memproduksi banyak perhiasan, merancang kalung abad ke-16 untuk Elizabeth bernama La Peregrine Pearl. Kalung itu kemudian menjadi barang antik dan dijual di pelelangan senilai $11 juta atau 163 miliar rupiah.

6. Jam Saku Patek Philippe Supercomplication (Rp356 Miliar)

Source: Times Ticking

Patek Philippe Supercomplication Pocket Watch merupakan salah satu benda antik yang memiliki harga fantastis. Jam saku yang dinamai Henry Graves Jr. Supercomplication ini telah ada sejak 1932.

Nama yang sesuai setelah seorang bankir New York yang menugaskan untuk membuat jam saku paling rumit yang pernah dibuat pada awal abad ke-20. Pada tahun 2014, barang antik tersebut terjual hingga $24 juta atau Rp356 miliar.

7. The Dragon’s Chair (Rp389,2 Miliar)

Source: One Million Pond Blog

The Dragon’s Chair adalah kursi yang dirancang oleh desainer Irlandia Eileen Grey pada 1917-1919. Barang ini dilelang dan dijual seharga $2.3 juta atau sekitar Rp34,2 miliar. Namun, pengagum mahakarya tersebut akan menawarnya hingga 10 kali lipat di awal lelang. 

8. Koin Amerika Serikat (Rp634 Miliar)

Source: CoinsWeekly

Koin yang berasal dari koleksi seorang banker bernama Louis E. Eliasberg ini merupakan salah satu barang antik termahal di dunia. Eliasberg berhasil menjual koin ini dengan harga $634 miliar.

9. Lukisan Salvator Mundi (Rp6,68 Triliun)

Source: Encyclopedia Britannica

Lukisan Salvator Mundi yang merupakan salah satu lukisan seniman legendaris Leonardo Da Vinci dihargai dengan harga yang sangat tinggi.

Lukisan Salvator Mundi berhasil terjual dengan harga yang mencengangkan sebesar $450 juta atau Rp6,68 triliun. Lukisan ini digadang gadang menjadi barang antik termahal di dunia.

Itulah beberapa barang antik dengan harga fantastis. Beberapa barang antik ini bernilai tinggi dan memiliki sejarah yang panjang, sehingga para pengoleksi rela membayar cukup mahal untuk mendapatkannya. Lantas, apa barang antik favoritmu?

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer