3 Rekomendasi Kamera Analog Terbaik Cocok Untuk Pemula

Wajib Dibaca Juga!

Kini hal-hal berbau vintage kembali menjadi tren baru khususnya di kalangan anak-anak muda. Tidak hanya fashion vintage, kamera analog ini kembali digemari banyak orang. Kepopuleran kamera analog ini dianggap keren karena memiliki daya tarik dan hasil yang baik.

Nah, untuk kamu nih yang tertarik atau sudah mulai melakukan hobi ini, mungkin kamu sedang mencari kamera analog dengan kualitas tinggi dan harga terjangkau. Berikut ini, ada beberapa rekomendasi kamera analog terbaik untuk pemula berkualitas dan harga terjangkau yang bisa menjadi pilihan kamu.

Canon AE-1

Source: Pexels

Rekomendasi kamera analog terbaik untuk pemula pertama adalah Canon AE-1. Kamera ini sudah dirilis ke publik sejak April tahun 1976 dan menjadi salah satu kamera paling sukses di dunia.

Dimana, kamera buatan Canon ini adalah kamera SLR yang dilengkapi dengan pencahayaan otomatis dan pengendaliannya secara elektronik. Kamera Canon AE-1 dilengkapi 1/1000 detik shutter speed.

Lensa yang cocok untuk kamera ini di antaranya Canon FD 50mm f/1.4 SSC atau FD 50mm f/1.8 SC. Dengan bobot berat 590 gram, kamera analog terbaik untuk pemula ini memudahkan kamu ketika akan membawanya kemana-mana.

Sayangnya kamera ini sudah tidak diproduksi lagi sehingga kamu hanya bisa membeli dalam kondisi second. Harga kamera bekas ini terbilang cukup lumayan yaitu Rp4,3 – Rp4,6 jutaan dengan tambahan lensa bawaan.

Nikon FE2

Source: Amazon.com

Pilihan berikutnya adalah Nikon FE2 yang sudah dirilis sejak 1983 dan masa produksinya hanya lima tahun sampai tahun 1987. Kamera ini memiliki dua pilihan warna yaitu hitam dan krom.

Kamera analog terbaik untuk pemula satu ini dilengkapi dengan kecepatan rana maksimal 1/4000 detik yang kecepatan sinkronisasi flash-nya pada 1/250 detik. Untuk jangkauan ASA/ISO, mulai dari 12 sampai 4000.

Lensa yang cocok digunakan pada kamera ini adalah tipe AI/AIS/AF serta AFS. Dengan bobot ringan hanya 550 gram saja, kamera ini sangat nyaman untuk kamu bawa bepergian kemana pun.

Mengingat masa produksi yang berhenti sejak lama, kamera ini juga hanya bisa didapatkan dalam kondisi bekas dengan harga yang bervariasi di Rp1,7 juta hanya kamera dan Rp2,4 juta dengan lensa.

Olympus OM-1

Source: Filmphotography.eu

Kamera analog terbaik untuk pemula selanjutnya adalah Olympus OM-1 yang rilis pada tahun 1972. Keunggulannya adalah kamera ini memiliki desain yang ramping, ringan, dan sangat compact. Menjadi kamera teringan dan terkecil di dunia, kamera ini memiliki bobot hanya 510 gram dengan dimensi 136x83x50 mm. 

Oleh karena itu, kamera analog satu ini sangat cocok untuk kamu yang senang bepergian namun tidak mau repot dengan membawa kamera yang berat. Kamera ini memiliki jangkauan ISO 25-1600 dengan shutter speed mencapai 1/1000 detik. Hanya dapat ditemukan dalam keadaan bekas kamera ini bisa kamu dapatkan mulai dari Rp1,8 – 2,5 juta.

Jadi, kamera analog mana nih yang mau kamu pilih? Ketika membeli kamera dengan kondisi bekas jangan lupa untuk memastikan keadaan kamera masih dalam keadaan baik, ya!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer