6 Tips Mudah Menerbangkan Drone Untuk Para Pemula

Wajib Dibaca Juga!

Drone atau disebut pesawat tanpa awak adalah salah satu produk teknologi yang mulai banyak diminati. Selain digunakan untuk kebutuhan fotografi seperti mengambil objek foto maupun video yang mustahil dilakukan menggunakan kamera biasa, kini drone juga digunakan sebagai ajang perlombaan berupa balapan menggunakan drone.

Hal ini memang terdengar menarik, namun untuk bisa menerbangkannya dibutuhkan cara yang baik dan benar agar drone bisa dengan mudah terbang. Kamu juga tidak perlu takut dan khawatir jika drone akan jatuh.

Untuk kamu yang mulai tertarik dengan drone dan ingin membelinya, berikut ini kami rangkum tips untuk memudahkan kamu menerbangkan drone dengan cara yang mudah. Seperti apa caranya? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

1. Persiapkan Perangkat Drone

Source: Gadgetren

Setelah memiliki drone impian, tentunya kamu harus mempersiapkan drone untuk bisa menerbangkannya. Untuk tips menerbangkan drone untuk pemula pertama kamu bisa membaca buku panduan, lalu ikuti instruksi yang ada.

Ini bertujuan agar kamu dapat mengetahui kondisi perangkat drone yang kamu miliki seperti memastikan keadaan baterai beserta remote control dan baling-baling berfungsi dengan baik.

2. Pahami dan Taati Peraturan yang Ditetapkan

Source: Pexels

Untuk kalian para pemula, kamu harus tahu aturan-aturan yang sudah ditetapkan untuk menerbangkan drone. Aturan internasional juga berlaku di Indonesia seperti beberapa daerah yang menjadi area terlarang untuk menerbangkan drone.

Beberapa area seperti area pribadi dan area publik perlu mendapatkan izin terlebih dahulu untuk bisa menerbangkan drone.

3. Pilih Tempat yang Luas

Source: Pexels

Tempat adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh penerbang drone untuk pemula. Kamu bisa memilih tempat yang luas dan tidak dikelilingi oleh banyak benda tinggi yang ada di sekitarnya seperti gedung maupun pohon. Hal ini dilakukan supaya drone yang kamu terbangkan tidak akan menabrak benda-benda tersebut.

Khususnya untuk kamu yang baru belajar menerbangkan perangkat drone, tentunya membutuhkan tempat yang luas dan kosong karena belum bisa mengoperasikannya secara baik.

4. Hidupkan Drone

Source: Pexels

Langkah selanjutnya menerbangkan drone untuk pemula adalah menghidupkan drone dengan terlebih dulu mengoperasikan remote control-nya. Di beberapa model drone, remote control dapat diakses melalui smartphone dan menampilkan layar kamera drone. Lalu, kamu bisa menghidupkan drone untuk memulainya dan matikan dengan cara sebaliknya.

5. Aktifkan Fitur Return-to-Home

Source: DJI Eperience Store Yogyakarta

Langkah menerbangkan drone untuk pemula yang satu ini juga harus diperhatikan saat drone hidup. Kamu diminta untuk mengkalibrasi drone meliputi arah mata angin atau mengunci lokasi GPS dari penerbangan awal.

Ini dilakukan supaya drone dapat terbang lebih stabil, lalu ketika baterai akan habis atau hilang sinyal, maka perangkat tersebut akan pulang secara otomatis ke lokasi GPS yang ditentukan pada tahap kalibrasi di awal. Fitur ini yang disebut dengan Return to Home.

6. Terbangkan Perlahan

Source: Cinco Dias

Nah untuk tahap menerbangkan drone untuk pemula ini kamu bisa mulai untuk menerbangkan drone secara perlahan. Intinya, dalam menerbangkan drone butuh perasaan dan kehati-hatian ini karena sistem kendali drone sangatlah sensitif.

Hanya dengan sedikit gerakan, drone akan memberikan respon. Kesulitan dalam mengendalikan drone biasanya terjadi karena kamu merasa panik dan terlalu agresif.

Nah, jadi itu dia aigoners beberapa tips menerbangkan drone untuk pemula yang bisa kalian coba. Cukup mudah bukan? Jangan lupa untuk berhati-hati untuk kalian pemula sebab harga drone cukup mahal jika sampai hilang.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer