Bingung Pilih iPhone atau Android? Pahami Dulu Keunggulannya!

Wajib Dibaca Juga!

Persaingan di pasar smartphone Android dan iPhone seakan tidak ada ujungnya. Kehadiran sistem operasi terbaru dari iPhone dan Android tentu memiliki kelebihan sendiri yang membuat kalian bimbang untuk memilih di antara keduanya.

iOS merupakan sistem operasi mobile untuk iPhone, iPad, dan iPod touch yang dikembangkan Bersama dengan perangkat kerasnya, sehingga kalian penggna iOS tidak perlu repot membuat kode yang harus cocok dengan ratusan produk dari lusinan produsen berbeda. 

Sedangkan Android adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Google yang melekatkan identitasnya pada ponsel seri Pixel, dan juga produk lain seperti Samsung, Oppo, Sony, dan merk lain dibiarkan menambahkan warna mereka untuk produknya masing-masing.

Meskipun demikian kalian tidak perlu untuk memilih Android atau iPhone, karena semua bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan kalian. Berikut adalah kelebihan dari dua produk ini yang bisa jadi referensi kalian.

Kelebihan Android

Shutterstock/Framesira
  • Banyak pilihan harga

Ponsel Android tersedia dalam harga yang sangat variatif mulai dari harga 1 jutaan hingga kelas flagship yang bisa mencapai harga puluhan juta. Rentang harga yang sangat luas ini bisa jadi alternatif kalian untuk memilih android atau iPhone sesuai dengan budget kalian.

  • Banyak opsi personalisasi

Android memiliki reputasi sebagai platform bagi kalian yang senang melakukan penyesuaian atau custom tampilan ponsel kalian.

Hal tersebut mulai dari Home Screen Launcher yang menawarkan widget dinamis dan kemampuan menaruh aplikasi dimana saja di layar Home. Bahkan kalian juga bisa mengganti launcher bawaan yang ada dengan launcher yang kalian unduh di Play Store.

  • Memori tambahan

Penyimpanan ponsel menjadi hal yang sangat penting, terlebih ponsel dengan memori lebih besar tentu diberi harga yang lebih besar pula. Hal tersebut dapat disiasati pada Android.

Karena memiliki memori eksternal yang akan berjalan secara optimal dengan tambahan memori tersebut, jadi kalian jangan bingung jika mencari penyimpanan yang besar dengan budget yang murah memilih android atau iPhone.

  • USB C lebih universal

Meskipun beberapa android lama masih menggunakan Micro USB, namun sebagian besar Android yang kini beredar di pasaran telah beralih ke USB C.

Penggunaan USB C yang bisa kalian temukan pada perangkat lain seperti rokok elektrik, headset nirkabel, laptop, dan masih banyak lagi. Akan mempermudahkan kalian untuk tidak perlu membawa banyak kabel ketika bepergian.

Kelebihan iPhone

Shutterstock/Framesira
  • Ekosistem Apple

Tak hanya memproduksi iPhone, iPad, iPod Touch, namun Apple juga memproduksi Mac dan Apple Watch dalam ekosistemnya. Dalam hal tersebut Apple membangun fitur yang mempermudah kalian untuk berbagi data satu sama  lain dengan mudah dan menjadikan perangkat yang kalian miliki terhubung.

Hal ini akan mempermudah pekerjaan kalian untuk berbagi dokumen dengan ekosistem Apple dan tidak bingung memilih Android atau IPhone untuk mempermudah pekerjaan kalian.

  • Tidak ada Bloatware

Banyak isu ponsel android yang terdapat bloatware atau aplikasi bawaan yang tidak penting dan dapat membebani memori dan performa ponsel ketika bekerja di background.

Hal tersebut tidak akan terjadi jika kalian memilih menggunakan iPhone, karena iPhone bersih dari bloatware ketika pertama kali diaktifkan.

  • Notifikasi aplikasi pelacakan

iPhone dikenal dengan komitmennya dalam menjaga keamanan dan privasi dari pengguna. Hal tersebut baru-baru ini semakin ditegaskan dengan kehadiran fitur baru notifikasi aplikasi pelacakan.

Fitur tersebut membuat kalian yang memilih iPhone bisa mengetahui ketika ada aplikasi pelacakan yang memantau gadget kalian.

Itulah kelebihan android atau iPhone, pilihan kalian akan bergantung pada preferensi dan kebutuhan yang kalian inginkan.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer