Kecerdasan Buatan yang Tidak Kita Sadari Hadir Dalam Keseharian Kita

Wajib Dibaca Juga!

Semakin canggihnya teknologi di bumi ini bisa kita lihat melalui bagaimana majunya kecerdasan buatan masa kini. Semua orang di dunia berlomba-lomba menciptakan kecerdasan ini untuk berbagai keperluan, yang tentunya dapat mempermudah keberlangsungan hidup manusia.

Kecerdasan buatan ini biasa kita sebut dengan Artificial intelligence atau mudahnya AI. Dan tanpa kita sadari, mereka hidup berdampingan dengan manusia, sang penciptanya. Lalu, apa saja AI yang telah biasa ada dalam kehidupan kita sehari-hari? Yuk, simak penjabarannya di bawah ini.

Mesin Pencari atau Search Engine

Source: Pexels

Sudah jadi kebiasaan manusia untuk mempermudah segala hal dengan mencarinya di mesin pencari. Sebut saja website Google, Yahoo, atau Bing. Mereka adalah search engine yang sudah kental bahkan menyatu dengan kehidupan sehari-hari manusia. AI satu ini akan selalu memberikan performa terbaik mereka dengan memberikan aksesibilitas yang tinggi sehingga para penggunanya merasa nyaman saat berselancar di internet. Dengan mempelajari sistem kebiasaan penggunanya, mereka akan selalu memberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada pengguna.

GPS

Source: Pexels

Global Positioning System atau yang biasa kita sebut dengan GPS juga merupakan salah satu dari kecerdasan buatan. Tidak bisa kita pungkiri bukan bahwa ketika kita merasa bingung dengan jalan di depan kita saat menuju ke suatu tempat kita langsung membuka aplikasi Maps agar tidak tersesat. For your information, GPS ini termasuk teknologi rumit, ia menggunakan big data dalam proses pembuatannya. Tapi memang AI satu sangat membantu kita, bukan?

Selfie

Source: Pexels

Siapa yang tidak suka dengan kegiatan ini, mengabadikan momen dengan swafoto. Tapi, berkat AI sekarang banyak ditemukan fitur di mana salah satunya adalah filter. Fitur ini mendeteksi wajah, kualitas, hingga warna. Dengan begitu, pengguna tidak perlu lagi repot-repot mengedit hasil foto karena telah dimudahkan oleh filter.

Ojek Online

Source: Orami

Kalau mau pergi tapi nggak mau repot pesan saja ojek online. Kalau mau makan tapi tidak ada bahan makan atau sedang malas masak, pesan saja di ojek online. Nah, ini adalah salah satu keberhasilan dari kecerdasan buatan. Dimana ketika kamu sedang memesan di ojek online, maka akan muncul kehadiran spot-spot di mana saja para ojek online tersebut berada. Mereka akan secara otomatis memilihkan driver ojek untuk kamu.

Internet Marketing

Source: Tech in Asia

Satu hal ini pasti sudah tidak asing ya untuk kamu yang berbisnis di bidang online shop. Adanya AI memudahkan para pengusaha untuk tidak repot-repot lagi mengeluarkan uang terlalu banyak untuk sebuah iklan. Karena dengan internet marketing, iklan akan secara otomatis tersebar luas ke user. AI ini akan bekerja dengan memberikan iklan kepada user sesuai dengan riwayat atau rekam jejak user.

Nah, itu dia deretan kecerdasan buatan masa sekarang yang mungkin saja tidak kau sadari keberadaannya di sekeliling kita, di keseharian kita. Teknologi ini sangat mempermudah keberlangsungan hidup manusia, namun ada baiknya kita juga perlu mawas diri tentang bahaya dari kecerdasan buatan.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer