Pemula Harus Tahu! Begini Cara Belajar Desain Grafis Anti Gagal

Wajib Dibaca Juga!

Di tengah berkembangnya era digital, ada banyak bidang ilmu dan keahlian yang berkembang, salah satunya adalah desain grafis. Tidak hanya sebagai desainer, kini banyak perusahaan-perusahaan yang membutuhkan orang yang memiliki keahlian ini. Tentunya dengan peran dan bayaran yang menjanjikan. 

Untuk kalian yang ingin belajar desain pemula masih sangat awam, bisa coba beberapa tips berikut ini.

Pahami dasar desain

Sebelum mulai belajar , tentunya kita harus tahu dasar-dasar desain untuk mempermudah proses belajar. Kenali dasar-dasar seperti warna, simbol, dan tipografi. Tiga poin tersebut adalah pondasi dasar dari sebuah karya desain. Selain itu, pahami juga tentang grid system yakni sistem pembagian garis yang digunakan jika hendak menggunakan bantuan software. Tidak kalah penting, kalian juga harus tau istilah-istilah yang umum dalam bidang desain. Misalnya kerning, alignment,  foreground, dan lain-lain.

Tentukan gaya desain

Dalam mendesain atau membuat suatu karya, sebenarnya tidak ada patokan baku. Semua tergantung pada selera masing-masing desainer. Maka itu kalian yang belajar desain pemula, akan lebih baik jika bisa menentukan gaya desain yang akan kalian buat sebelum mulai belajar. Misalnya gaya logo, ilustrasi, dan lain-lain. Dengan begitu, karya yang akan dihasilkan nanti akan sesuai dengan gaya desain yang kalian inginkan. kalian juga akan lebih mahir jika mengasah kemampuan pada satu gaya desain dengan maksimal.

Cari inspirasi

Menentukan gaya bukanlah hal yang mudah bagi para kalian yang belajar desain pemula. Untuk itu para kalian bisa coba cari inspirasi dari karya desain yang ada. Misalnya, desainer handal di sosial media yang sering membagikan kegiatan mereka dan hasil karyanya. Jika kalian menemukan desain menarik dari aplikasi seperti Instagram, Pinterest atau yang lainnya, kalian bisa gunakan itu sebagai referensi desain kalian.

Pahami proses desain

Ketika sudah punya contoh yang bisa menginspirasi, kalian bisa mencoba untuk membedah bagaimana proses desain karya tersebut. Perhatikan hal-hal penting dalam karya itu, misalnya pola bentuk maupun garis. Juga, pemilihan warna dan beberapa aspek lainnya. Kalian pembelajar desain pemula harus paham bagaimana desainer tersebut dapat menciptakan sebuah karya, maka hal itu dapat membuat kalian berpikir kritis dan kreatif.

Buat ulang desain inspirasimu

Tidak hanya membedah dan memahami proses pembuatan desain, kalian juga perlu untuk mencoba berulang-ulang. Tidak perlu takut karyamu jelek dan berbeda dengan karya inspirasimu. Cobalah terus! Semakin sering berlatih, karya kalian akan semakin bagus. 

Untuk belajar dengan petunjuk yang jelas, kalian juga bisa melihat tutorial gratis di YouTube ataupun situs lainnya. Biasanya, dalam video tutorial juga berisi tips untuk mempermudah belajar. Jangan cepat menyerah, sebab adanya karya yang sempurna pasti diiringi kerja keras.

Jangan sungkan bertanya

Setiap proses awal biasanya akan menemukan kesulitan atau jalan buntu. Untuk kalian yang belajar desain pemula jangan ragu untuk meminta bantuan. Jika kesulitan, kalian bisa tanyakan pada orang-orang disekitar yang ahli di bidang tersebut. Namun jika kamu belajar sendiri, kalian bisa bertanya pada Google. Kalian harus ketik pertanyaan dengan spesifik, terkait dengan kesulitan yang dihadapi.

Itulah beberapa tips untuk kalian yang ingin belajar desain grafis. Salah satu tips yang tidak kalah penting adalah kritik dan saran. Kritik dan saran sangat kalian perlukan sebagai pemula yang sedang belajar desain grafis. Tidak ada salahnya meminta pendapat pada keluarga atau teman-teman di sekitarmu. Kalian juga bisa mengunggah karya ke media sosial dan meminta kritik dan saran dari desainer yang lebih berpengalaman sebagai masukan untuk perbaikan.

Jadi, itulah sedikit tips untuk kalian yang belajar desain pemula. Salah satunya yang tidak kalah penting dari suatu proses adalah saran dan kritik. Sebab dua hal itu sangat diperlukan kalian para pemula. Coba tanyakan pendapat teman atau keluarga tentang hasil desain yang sudah kalian hasilkan. Setelah itu, pelajari dan pikirkanlah saran kritik yang mereka berikan kepada kalian.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer