Pengen Punya Hasil Foto yang Keren? Kuasai 4 Teknik Dasar Fotografi Ini Yuk!

Wajib Dibaca Juga!

Kamera memiliki banyak jenis dan spesifikasi yang berbeda, tapi umumnya adalah yang mendasar dan yang pasti dimiliki semua kamera yaitu lensa fokus, pembungkus kamera, dan cara untuk mengambil gambar.

Banyak kamera saat ini bekerja dengan sensor elektronik untuk merekam gambar secara digital. Hal ini akan menjadi lebih sulit untuk tidak menggunakan pengaturan otomatis pada model yang lebih terjangkau, di mana kamu dapat memegang kendali sepenuhnya atas hasil akhir.

Berikut ini adalah 6 teknik dasar fotografi yang bisa kamu coba untuk memperbaiki kualitas foto kamu.

1. Jangan salah pilih jenis kamera

Source: Pexels

Jika kamera yang kamu miliki dilengkapi dengan lensa zoom, maka cobalah untuk mengambil gambar dengan jarak potret yang berbeda-beda. Untuk itu, teknik dasar fotografi terbilang sangat penting, kamu dapat mencoba dengan menggunakan pengaturan sudut yang lebar dan catat setiap kendala serta bagaimana kendala tersebut memberikan kesan yang berbeda dan unik dari rencana awal.

Foto-foto saat ini kebanyakan dihasilkan dengan lensa yang lebar, tentu ini membuat lensa ekstra lebar menjadi produk gagal bagi setiap pengambil foto.

Sebelum mencoba lensa lainnya, ambilah beberapa gambar dan coba untuk menikmati pengaturan lensa sudut lebar itu. Selain itu, ada juga lensa populer lainnya seperti lensa telefoto yang memberikan gambar yang jernih. Lensa ini cocok untuk mengambil gambar pemandangan.

2. Fokus

Source: Pexels

Teknik dasar fotografi yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan fokus. Hampir setiap kamera memiliki sistem fokus otomatis, sebelum itu kamu harus mengetahui tepatnya kemana kamera kamu akan diarahkan/fokuskan. Cara mudahnya bisa dilakukan dengan pilihan yang ada, misalnya lakukan percobaan pada fokus kamera pada subjek dengan menekan setengah tombol shutter, lalu kamu bingkai gambar sesuai keinginan sebelum menekan tombol sepenuhnya.

Selain itu, perhatikan juga jendela bidikan untuk memastikan area titik fokus yang kamu sudah tetapkan.

3. Pegang kamera dengan benar

Source: Pexels

Goyangan atau getaran saat sedang melakukan pemotretan sangat mengganggu dan bahkan mempengaruhi hasil foto sehingga kurang bagus. Untuk itu kamu harus memahami teknik dasar fotografi dengan hindari goyangan pada kamera dan belajar memegang kamera dengan benar dan tepat yaitu gunakan kedua tangan, tangan satunya letakkan di sekitar tubuh dan tangan lainnya di dekat lensa, kemudian posisikan kamera dekat dengan tubuh kamu.

Selanjutnya dengan memastikan kamu menggunakan shutter speed yang tepat dengan lensa fokus kamu. Jika ingin menggunakan lensa 100mm, maka disarankan untuk tidak menggunakan shutter speed dibawah 1/100 detik.

4. Teknik pencahayaan

Source: Pexels

Saat kamu akan memulai berkarir di dunia fotografi, belajarlah untuk mengerti dan memahami cahaya karena ini adalah salah satu teknik dasar fotografi yang penting. Ketika kamu berjalan keluar dan memotret objek yang harus kamu perhatikan adalah cahaya.

Hal ini menjadi penting bagi setiap fotografer baik pemula ataupun yang sudah berpengalaman setiap kali mereka hendak melakukan pemotretan. Itu karena cahaya memberikan efek yang besar dalam pemotretan dan pengaturan yang digunakan. Bahkan sedikit saja perubahan cahaya dapat mempengaruhi kualitas dari foto.

Teknik dasar fotografi dapat ditingkatkan seiring dengan latihan dan usaha yang kamu lakukan setiap saat. Tanpa latihan, akan sulit untuk meningkatkan kualitas teknik foto kamu. Persaingan di dunia fotografi sudah sulit, banyak bermunculan fotografer handal. Sebab itulah, tunjukkan kreativitas serta bakat kamu seluruhnya untuk menciptakan foto yang keren.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer