4 Wanita Pemberani Pejuang Kebangkitan Feminisme di Indonesia

Wajib Dibaca Juga!

Feminisme adalah suatu gerakan perempuan yang memperjuangkan persamaan hak sepenuhnya antara kaum wanita dan pria tanpa adanya diskriminasi gender. Feminisme dapat juga diartikan suatu gerakan lantas soal perbaikan kedudukan wanita dan menolak dibedakan derajat antara pria dan wanita.

Jadi, inti dari feminisme adalah gerakan untuk wanita dapat memiliki kesempatan yang sama dengan pria dalam pengembangan diri. Penggerak feminisme sudah muncul sejak abad-18 untuk memperjuangkan kesetaraan hak para wanita. Indonesia juga punya lho wanita hebat dan pemberani yang memperjuangkan feminisme.

Ini dia beberapa tokoh feminis indonesia yang memperjuangkan hak-hak wanita.

1. R.A. Kartini

Source: Biography

Tokoh feminis indonesia yang pertama ini sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Kartini adalah sosok yang dapat dikatakan sebagai pelopor gerakan feminisme. Sosok Kartini yang fasih dalam bahasa Belanda, membuat ia sering menulis surat kepada teman-temanya di negara Kincir Angin tersebut.

Koresponden asal Belanda Rosa Abendanon sangat mendukung cita-cita Kartini untuk memajukan wanita-wanita Indonesia karena saat itu ia melihat wanita pribumi berada di status sosial yang rendah.

2. Gadis Arivia

Source: Wikimedia Commons

Perempuan kelahiran New Delhi India, Gadis Arivia adalah tokoh feminis Indonesia selanjutnya. Ia merupakan seorang aktivis gerakan perempuan yang juga merupakan Doktor Filsafat Universitas Indonesia, serta pendiri Yayasan Jurnal Perempuan.

Mulai tertarik dengan perjuangan feminisme semenjak duduk di bangku kuliah, Gadis mulai terkenal sejak penangkapan saat demonstrasi bersama Suara Ibu Peduli yang menyuarakan isu kelangkaan susu bayi di tahun 1998.

3. Ayu Utami

Source: Crafters – Getcraft

Ayu adalah seorang penulis karya sastra terkenal Indonesia, banyak bukunya yang mendapat penghargaan. Ia aktif menulis karya tentang feminisme seperti Larung, Bilangan Fu, Lalita, Manjali dan Cakrabirawa, dan lainnya. Tokoh feminis indonesia ini dikenal dengan pejuang feminisme lewat kata-kata.

4. Toeti Heraty

Source: Majalah TEMPO

Toeti Heraty adalah pendiri Jurnal Perempuan pada tahun 1998. Wanita yang pernah menjabat sebagai Ketua Yayasan Mitra Budaya Indonesia ini banyak menulis tentang pemikiran perempuan.

Sepanjang hidupnya tokoh feminis indonesia satu uni mengabdi pada organisasi Suara Ibu Peduli, yang memperjuangkan pemberdayaan perempuan dan ia dianggap sebagai pejuang feminis Indonesia.

Sebagai wanita kita sepatutnya turut bangga dengan perjuangan tokoh feminis Indonesia yang telah disebutkan di atas. Semoga Informasi yang kami berikan bermanfaat dan dapat memperluas pengetahuan kamu.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer