Deretan Publik Figur yang Blak-blakan Akui Dirinya Feminis

Wajib Dibaca Juga!

Ketika mendengar kata feminis, pasti kebanyakan orang langsung membayangkan sosok perempuan hebat, mandiri, kuat, juga tegas. Meskipun kata ini masih banyak dipandang negatif oleh beberapa orang, nyatanya feminis kian populer beberapa waktu terakhir.

Tak hanya tokoh perempuan, tokoh feminis laki-laki pun mulai bermunculan. Bahkan, di antara mereka merupakan seorang public figure kelas atas!

Pasti kamu penasaran, siapakah mereka yang mengakui dirinya feminis dan membela hak perempuan secara blak-blakan. Berikut, kami telah merangkumnya dari berbagai sumber untuk kalian.

Harry Style

Source: Instagram/harrystyle

Menjadi feminis tidaklah harus perempuan. Penyanyi terkenal Harry Style bahkan tak malu-malu mengakui dirinya seorang feminis. Memiliki banyak fans perempuan, Harry Style merasa mereka sangatlah powerful. Dirinya juga mengatakan sangat menghargai fans perempuannya.

Dalam sebuah wawancara Harry Style menyampaikan, “Mereka tak pernah mencoba sok cool, mereka adalah sosok yang setia dan selalu ada untukmu.” Tidak mengherankan lagi jika Harry Style menjadi tokoh feminis laki-laki yang sangat dihargai dan digemari banyak orang.

Pangeran Harry

Source: Instagram/princeharryofengland

Bahkan, seorang Pangeran Harry pun juga tak malu-malu mengakui dirinya seorang tokoh feminis laki-laki. Bersama sang istri, Meghan, mereka gencar untuk melakukan kampanye kesetaraan hak dan kesempatan bagi para perempuan di dunia.

Dalam kunjungan resminya di Nepal, Pangeran Harry juga menyatakan bagaimana dukungannya terhadap paham feminis. Ia pun juga akan menggunakan platformnya yang strategis untuk terus membicarakan isu feminis.

Bagi Pangeran Harry, kesetaraan gender tidaklah cukup jika hanya menjadi perhatian para perempuan, sebagaimana seharusnya para laki-laki juga harus turut menyalurkan kontribusinya.

Barack Obama

Source: Instagram/barackobama

Setelah tokoh penting Pangeran Harry, tokoh feminis laki-laki lainnya adalah mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama. Kamu harus tahu bahwa Barack Obama merupakan presiden pertama yang menandatangani pakta Lily Act yang salah satu isinya memungkinkan para perempuan untuk mendapatkan gaji sesuai dengan kapasitasnya di instansi tempat mereka bekerja, tanpa memandang gender.

Hal ini berkaitan dengan isu Amerika Serikat yang memiliki masalah terkait perbedaan gaji pegawai perempuan dan laki-laki di mana keduanya terlihat cukup timpang. Dalam berbagai kesempatannya, Barack Obama sering memberikan sebuah pernyataan yang mendukung kesetaraan hak perempuan.

Will Smith

Source: Instagram/willsmith

Aktor hebat dan terkenal, Will Smith, juga dalam berbagai kesempatannya menyatakan tentang kesetaraan gender. Tokoh feminis laki-laki ini bahkan menerapkan paham feminis kepada putrinya yang bernama Willow.

Menurut Will Smith, bahkan sejak kecil anak perempuan harus dibebaskan bagaimana untuk memiliki kontrol akan tubuhnya sendiri.

Tom Hardy

Source: Instagram/tomhardy

Sering membawakan peran-peran maskulin, Tom Hardy menyatakan dirinya sangat bosan dengan pertanyaan-pertanyaan seksis yang sering ditujukan kepadanya. Tapi, Tom Hardy yang merupakan salah satu tokoh feminis laki-laki memiliki jawaban yang blak-blakan, lho.

Dalam sebuah wawancara, Tom Hardy pernah mendapatkan pertanyaan tentang karakter perempuan di film “Mad Max: Fury Road” dan dirinya pun memberikan jawaban yang mengejutkan, “Tidak semenit pun aku berpikir tentang hal itu apalagi merasa terganggu.”

Dirinya pun menambahkan, “Tidakkah kalian merasa ada peran yang lebih baik untuk perempuan selain istri dan pacar? Karena aku bosan melihatnya.”

Dengan banyaknya tokoh feminis laki-laki hendaknya patut diapresiasi karena telah menyuarakan tentang kesetaraan gender yang masih banyak di kalangan masyarakat dipandang negatif.

Dengan adanya kesetaraan gender, perempuan akan kembali mendapatkan hak-haknya tanpa harus berjuang mati-matian karena ketidakadilan dan pandangan negatif dari masyarakat di sekitarnya.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer