Kenali Sosok Nelson Mandela dari Fakta-Fakta Ini

Wajib Dibaca Juga!

Nelson Mandela adalah salah satu sosok kebanggan dunia karena jasanya menjadi seorang pejuang hak asasi manusia dan namanya harus di dunia internasional. Nelson Mandela lahir di Mvezo, Afrika Selatan pada 1918 silam, tepatnya pada 18 Juli dan meninggal pada 5 Desember 2013 lalu di Johannesburg, Afrika Selatan.

Perginya sosok Nelson telah meninggalkan banyak warisan tentang nilai-nilai perjuangan hak asasi manusia. Jika kamu belum tahu banyak tentang Nelson Mandela, mari simak fakta-fakta berikut supaya bisa mengenal lebih dekat dengan Nelson Mandela.

1 Pejuang melawan apartheid

Source: Los Angeles Times

Tahukah kamu apa itu apartheid? Apartheid adalah suatu hukum buatan manusia yang memisahkan antara ras kulit putih dengan ras kulit hitam. Hukum ini mulai diberlakukan oleh pemerintah kulit putih yang sempat berkuasa di Afrika Selatan pada awal abad ke-20 lalu.

Saat usianya 25 tahun, Nelson Mandela bergabung dengan kongres nasional Afrika dan setelahnya mampu mendobrak dan melawan kekuasaan apartheid di Afrika Selatan.

2 Dipenjara selama 27 tahun

Source: BBC

Perjuangannya melawan apartheid tidaklah mudah. Karena perlawanannya, ia harus mendekam di dalam penjara selama 27 tahun lamanya. Nelson baru dibebaskan pada 11 Februari tahun 1990.

Langkah Nelson yang saat itu memberontak memang tidak main-main, apalagi saat itu pemerintah kulit putih mendominasi peta kepemimpinan benua hitam. Hal itu menjadikan Nelson Mandela dicap sebagai pemberontak dan membuat dia harus dihukum.

3 Menerima Nobel Perdamaian dan menjadi presiden berkulit hitam pertama di Afrika Selatan

Source: The Daily Beast

Berkat perjuangannya, pada tahun 1993 silam, Nelson Mandela meraih penghargaan Nobel Perdamaian. Dia telah menjadi simbol kemerdekaan bagi orang-orang berkulit hitam, terutama di Afrika, yang telah berhasil melepaskan diri dari cengkeraman pemerintah apartheid.

Hal tersebut juga mengantarkan Nelson kepada kursi presiden dan menjadi presiden pertama Afrika Selatan yang dipilih langsung oleh rakyat.

4 Menderita kanker prostat

Source: History

Mendekam 27 tahun lamanya di penjara membuat Nelson Mandela tidak mendapatkan perhatian medis yang cukup. Dirinya juga merupakan sosok yang mendahulukan kesehatan rakyatnya ketimbang dirinya sendiri.

Nelson didiagnosa menderita kanker prostat pada tahun 2001 silam. Meski menderita kanker prostat, Nelson Mandela memiliki usia yang cukup panjang, yaitu 95 tahun.

5 Nilai-nilai perjuangan HAM yang akan tetap hidup

Source: International Policy Digest

Nelson Mandela telah mengajarkan banyak hal, menjadi berani untuk berjuang serta mengambil tindakan nyata. Nyatanya, Nelson tidak pernah membenci orang berkulit putih, melainkan yang ia benci adalah praktik dari apartheid itu sendiri.

Dan, Nelson Mandela telah berhasil membuktikan kepada dunia. Tak peduli dengan warna kulitnya dan tak peduli apapun rasnya, ataupun agamanya, setiap orang memiliki hak yang sama di dunia ini. Yaitu, untuk merdeka dan hidup.

Itulah, fakta-fakta tentang Nelson Mandela yang cocok untuk dijadikan contoh dan inspirasi kita untuk berani dan berjuang akan hak-hak hidup kita.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer