Selain Istilah Kerokan, Inilah Fakta Menarik Indonesia Lainnya!

Wajib Dibaca Juga!

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), negara yang terletak di Asia Tenggara. Spesifiknya berada di antara benua Asia dan Oseania serta diapit oleh dua Samudra yaitu, Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Memiliki semboyan nasional, yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang memiliki arti “berbeda-beda, tetapi tetap satu”. Dimana semboyan ini menggambarkan keragaman Indonesia dari suku, bahasa, agama. Oleh karen itu, tentu negara Indonesia memiliki fakta-fakta unik yang mungkin belum pernah kamu tahu. Berikut fakta menarik Indonesia :

1. Memiliki Seorang Perancang Menara Tertinggi Pada Urutan Ke-6

Fakta menarik Indonesia pertama adalah Malaysia menunjukan eksistensinya dengan membangun menara dan dikenal dengan nama Menara Kuala Lumpur pada tahun 1991. Menara ini merupakan menara tertinggi ke-6 di dunia dengan tinggi mencapai 421 meter dan menjadi icon dari negara Malaysia. Menariknya, perancang menara ini adalah seseorang dari negara Indonesia, yaitu Ir. Achmad Moerdijat, lulusan ITB yang sudah 14 tahun bekerja di Malaysia. Meski sudah bekerja selama itu di Malaysia, dia tetap tidak mau melepaskan kewarganegaraan Indonesia dan tidak akan pernah mengubahnya.

2. Negara Yang Keluar dan Masuk di PBB

Pada awal pembentukannya yang diwakili oleh presiden Soekarna pada saat itu, Indonesia menuntut agar PBB bersikap adil dan netral dalam menyelesaikan sengketa antarnegara dengan memindahkan markas besar PBB ke daerah nonblok untuk mencegah campur tangan negara adidaya namun ditolak. Faktanya, markas PBB berada di Amerika Serikat dan sebenarnya terlibat dalam Perang Dingin. Sehingga pada Januari 1965, Indonesia menyatakan penarikan diri dari PBB dan Kembali bergabung pada 19 September 1966 sebagai anggota Konferensi urutan ke-60.

3. Terdapat Patung Jendral Soedirman di Kementerian Pertahanan Jepang

Fakta menarik Indonesia lainnya adalah berdirinya patung Jenderal Soedirman setinggi 4 meter dan merupakan satu-satunya patung pahlawan asing yang dipamerkan di depan Kementerian Pertahanan Tokyo, Jepang. Hal ini tentu merupakan suatu kehormatan dan keistimewaan bagi Indonesia.

4. Indonesia Pernah Memproduksi Seragam Militer NATO

Perusahaan PT. Sritex tekstil Solo yang bergerak pada bidang tekstil mampu menjadi produsen pakaian militer, tidak hanya seragam militer nasional Indonesia saja melainkan juga seragam militer dunia Internasional seperti North Atlantic Treaty Organization (NATO).

5. Presiden RI Ke-3 Pemegang 46 Hak Paten Aeronautika di Dunia

Presiden ketiga Republik Indonesia yaitu Bacharuddin Jusuf Habiebie atau biasa dikenal dengan B. J. Habiebie, yang merupakan seorang ilmuwan terpercaya di industri penerbangan.

B.J Habiebie sendiri telah berhasil terdaftar sebagai pemilik 46 hak paten di bidang Aeronautika atau penerbangan. Aeronautika adalah penelitian, desain, dan studi manufaktur mesin atau teknologi penerbangan untuk mengoperasikan pesawat terbang dan rudal.

Oleh karena itu, B. J Habiebie dapat mendaftar sebagai pemegang hak paten berkat kontribusi teori baru yang ditemukan di bidang Aeronautika.

6. Dikenal pula sebagai negara berkembang pertama yang meluncurkan satelitnya sendiri

Pada 1976, Indonesia meluncurkan satelitnya bernama Satelit Palapa. Kala itu belum ada negara berkembang yang mampu melakukan itu.

7. Gelora Bung Karno, salah satu stadion terbesar di dunia

Stadion Jakarta yang dibangun pada 1962 ini mampu menampung kapasitas hingga 120.800 orang. Pembangunan stadion ini dulunya ditujukan untuk menyambut Asian Games.

8. Letusan Gunung Api Terbesar Terjadi di Indonesia

Fakta menarik Indonesia yang terakhir adalah Indonesia pernah menjadi tempat dari letusan gunung terbesar di dunia yaitu Gunung Tambora yang meletus pada 10 April 1815 dan tercatat sebagai letusan terbesar dan paling dramatis di dunia.

Letusannya mencapai ketinggian lebih dari 44 km, debunya menyebar di radius lebih dari 1.300 km yang menyebabkan ribuan orang tewas tidak hanya oleh letusan itu sendiri, tetapi juga oleh kelaparan dan gas beracun.  

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer