Fakta yang Mungkin Kamu Belum Tahu tentang Christopher Columbus!

Wajib Dibaca Juga!

Nama Christopher Columbus sudah dikenal di mana-mana ya, dirinya yang merupakan seorang pelaut Eropa dikenal sebagai tokoh penemu benua, yakni benua Amerika dalam penjelajahannya mencari Dunia Baru atau the New World.

Namun, sepanjang perjalanan seorang Christopher Columbus di samudera biru, banyak cerita yang mengiringi dirinya. Nah, inilah fakta-fakta yang mungkin belum kamu tahu tentang sosok tokoh penemu benua Amerika ini. Berikut ulasannya.

1 Nama Christopher Columbus bukan nama aslinya

Source: Ceknricek.com

Siapa sangka bahwa nama Christopher Columbus adalah bukan nama aslinya. Meski ia menjadi tokoh terkemuka di dunia, kisahnya diteliti dan ditulis selama berabad-abad. Bahkan banyak sarjana yang setuju bahwa tokoh penemu benua satu ini dilahirkan di Genoa. Sementara, ada teori lain pula yang mengatakan mungkin ia berasal dari Spanyol atau Polandia bahkan Yunani.

Beberapa teori mengatakan, seiring berjalannya waktu, namanya dipanggil dalam berbagai bahasa. Dalam bahasa Spanyol namanya menjadi Cristóbal Colón. Tak hanya itu, oleh dirinya sendiri dan orang lain, ia disebut sebagai Christoual, Christovam, Christofferus de Colombo, dan bahkan Xpoual de Colón.

2 Nama kapal Columbus yang sebenarnya

Source: History.com

Banyak yang mengira bahwa nama kapal sang tokoh penemu benua Amerika ini adalah Niña, Pinta, dan Santa Maria. Namun, banyak yang tidak tahu bahwa nama-nama itu kemungkinan hanyalah julukan semata.

Pada masa Columbus waktu itu, sudah menjadi kebiasaan di Spanyol menamai kapal dengan nama orang suci dan memanggil cukup dengan nama panggilan saja. La Niña mungkin merupakan nama panggilan untuk sebuah kapal bernama Santa Clara.

Julukan tersebut diduga berasal dari nama pemilik kapal, Juan Niño. Tidak diketahui nama asli Pinta. Sementara, Santa Maria adalah nama suci untuk kapal yang ketiga, yang juga dijuluki La Gallega.

3 Perjalanan Columbus untuk menemukan “Dunia Baru”, hanya 4 kali saja

Source: CNN

Sepanjang perjalanan hidup Columbus, si tokoh penemu benua ini hanya melakukan empat kali perjalanan saja ke benua Amerika ketika menemukan “Dunia Baru”. Ekspedisi yang paling dikenal oleh dunia adalah 1492, setelah itu ia kembali berlayar di tahun 1493, 1498, dan 1502.

Banyak orang yang mungkin mempercayai gambar Columbus yang menancapkan bendera di bagian bawah Florida, namun yang sebenarnya adalah Columbus hanya menjelajahi daerah kecil di Karibia dan sebagian Amerika Tengah.

Itu dia, 3 fakta singkat tentang Christopher Columbus si tokoh penemu benua yang melegenda.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer