Flora dan Fauna Langka Ini Hanya Ada di Hutan Kalimantan!

Wajib Dibaca Juga!

Pulau Kalimantan adalah salah satu paru-paru dunia karena luas hutannya, yaitu sekitar 40,8 juta hektar. Oleh karena itu Pulau Kalimantan khususnya hutan Kalimantan menyimpan banyak sumberdaya alam yang melimpah, termasuk keanekaragaman flora dan fauna.

Berikut sederet flora dan fauna langka yang bisa ditemui di hutan Kalimantan :

1. Orang Utan Kalimantan

Shutterstock/Michail_Vorobyev

Orang utan Kalimantan merupakan orang utan sejenis kera besar yang memiliki bulu kemerahan yang hidup di hutan tropis Indonesia dan Malaysia, khususnya Pulau Kalimantan dan Pulau Sumatera.

Memiliki ciri fisik gemuk dan besar serta memiliki lengan panjang yang kuat, kaki yang pendek, dan tidak mempunyai ekor.

2. Beruang Madu

Shutterstock/Dwi Yoga Pujo Laksono

Beruang madu yang bernama latihn Helarctos Malayanus merupakan salah satu jenis beruang yang bisa kamu temukan di hutan Kalimantan. Memiliki tubuh kecil hanya berkisar 50 – 65 kg saja.

Menariknya walaupun bernama beruang madu, tetapi tidak memakan madu loh! Beruang madu ini justru mengonsumsi buah dan larva lebah yang ada di dalam sarangnya. Beruang madu lebih banyak ditemukan di pepohonan dan tidur dengan membuat sarang di atas pohon.

3. Bekantan

Shutterstock/BorneoRimbawan

Hewan langka selanjutnya yang bisa ditemui di hutan Kalimantan adalah ‘Bekantan’ yang memiliki nama latin Nasalis Lavatus dan merupakan hewan langka. Memiliki bentuk hidung yang berukuran besar serta bulu berwarna coklat kemerahan.

Uniknya hidung bekantan akan membengkak dan berubah warna menjadi merah saat sedang senang dan marah. Selain itu, ketikan bekantan saat dalam bahaya akan mengeluarkan suara keras seperti kelakson mobil dan hidung nya akan menonjol lurus.

Kini bekantan menjadi salah satu hewan yang dilindungi karena jumlahnya yang terus berkurang.

4. Burung Raja-udang Kalung-biru

Shutterstock/muhamad mizan bin ngateni

Burung raja-udang kalung-biru juga dapat ditemui di hutan Kalimantan dengan spesies dan Alcedo euryzona peninsulae, spesies lainnya yaitu Alcedo euryzona euryzona yang dapat ditemui di wilayah Jawa.

Burung ini memiliki karakteristik mahkota, kepala, dan sayap yang berwarna kebiruan gelap serta garis dada, bulu punggung, dan ekor berwarna biru muda, bagian lainnya berwarna putih.

Burung ini dapat hidup dengan memakan ikan, serangga dan reptile kecil. Sehingga suka hidup pada sekitaran sungai yang berbatu di hutan hujan tropis atau mangrove dengan ketinggian 1250 meter. Kini spesies ini menjadi hewan yang dilindungi oleh pemerintah.

5. Anggrek Hitam Kalimantan

Shutterstock/Capungku Sahabatku

Anggrek hitam Kalimantan termasuk salah satu tumbuhan langka yang hidup di hutan tropis, hutan Kalimantan yang terancam punah di habitat aslinya.

Penyebabnya tumbuhan langka satu ini banyak diburu oleh para kolektor, beralih fungsi menjadi perkebunan ataupun tingginya angka kebakaran hutan yang terjadi setiap tahunnya.

6. Buah Ihau

Sumber gambar: Wikimedia Commons

Selain anggrek hitam, pohon buah ihau juga merupakan tumbuhan langka di hutan Kalimantan. Buah Ihau atau kelengkeng nya Kalimantan ini memiliki ciri kulit dengan benjolan-benjolan kecil serta rasanya yang manis saat dimakan.

Meski tergolong langka, buah ihau dijual dengan harga yang cukup terjangkau ketika musimnya tiba. Umumnya buah ihau dijual hanya Rp15.000 hingga Rp20.000 per kilogram.

7. Buah Keledang

Sumber gambar: Good News From Indonesia

Jenis buah lainnya yang bisa ditemui di hutan Kalimantan adalah buang keledang. Buah yang masih berkerabat dengan nangka ini sudah terbilang hampir langka.

Penebangan hutan untuk perkebunan karet dan kelapa sawit yang terus meluas di Kalimantan, sehingga sistem pertanian ladang dan perkebunan buah-buah endemik Kalimantan terancam musnah.

8. Buah Kasturi

Sumber gambar: Good News From Indonesia

Tumbuhan dari jenis mangga kasturi juga sudah terbilang punah di alam liar Kalimantan. Sedangkan di negara-negara lain pun, tak ada jenis mangga kasturi. Maka bisa dipastikan, bahwa mangga kasturi Kalimantan merupakan jenis mangga asli Indonesia dan termasuk dalam tumbuhan langka.

Itulah sedikit informasi terkait flora dan fauna langka di hutan Kalimantan yang bisa jadi wawasan untuk kita semua.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer