Hal-hal yang Harus Kamu Tahu: Tokoh Peraih penghargaan Nobel yang Pertama

Wajib Dibaca Juga!

Penghargaan Nobel tidak secara sembarangan didapatkan oleh orang. Penghargaan yang pertama kali diwasiatkan oleh Alfred Nobel ini adalah penghargaan yang dianugerahkan kepada setiap tokoh yang telah berhasil menciptakan inovasi, penelitian bahkan dampak yang positif kehidupan banyak orang.

Seperti yang kita tahu bahwa penghargaan ini dianggap sebagai penghargaan tertinggi di dunia bagi mereka yang mempunyai jasa besar terhadap dunia. Penghargaan ini sendiri untuk pertama kalinya diberikan pertama kali pada tahun 1901 silam.

Lalu, tahukah kamu siapa saja tokoh peraih Nobel? Di dalam artikel ini akan mengupas tentang tokoh-tokoh peraih Penghargaan Nobel pertama yang harus kamu tahu.

1 Wilhelm Röntgen

Source: Choirul Ilham/twitter

Sebagai ilmuwan terkemuka di Eropa pada abad ke-18 dan 19, Wilhelm Röntgen merupakan ilmuwan fisika yang berasal dari Jerman dan merupakan lulusan dari University of Zurich.

Wilhelm Röntgen menjadi tokoh peraih Nobel pertama dengan penemuan besarnya, yaitu sinar-X. Sinar-X sendiri adalah radiasi gelombang elektromagnetik yang dapat menampilkan bagian dalam tubuh. Hingga kini, penemuan Wilhelm sangat berguna dalam keperluan dunia medis.

2 Jacobus Henricus van ’t Hoff

Source: Wacaberita.com

Tokoh peraih Nobel pertama selanjutnya adalah Jacobus Henricus van’t Hoff, yang menerima penghargaan tersebut di bidang kimia pada tahun 1901. Bagaimana tidak, dirinya telah menciptakan banyak sekali penemuan di bidang kimia, seperti stereokimia, afinitas kimia, kimia fisik, dan masih banyak lagi.

Tak hanya penghargaan Nobel, dirinya juga menerima penghargaan lain seperti gelar kehormatan dari Harvard University dan Helmholtz Medal of the Prussian Academy of Sciences pada 1911.

3 Emil Adolf von Behring

Source: Deutschlandfunk

Ahli fisiologi dari Jerman ini dikenal dengan penemuan besarnya, yaitu antitoksin dan serum difteri. Berkat penemuan besarnya itu, dia berhasil menyelamatkan banyak nyawa anak yang pada masa itu difteri menjadi salah satu penyebab utama kematian anak-anak.

Berkat hal itu juga, dirinya pun menjadi tokoh peraih Nobel di bidang fisiologi/kedokteran di tahun 1901.

4 Sully Prudhomme

Source: Wikimedia Commons

Menjadi warga Prancis pertama yang mendapatkan gelar tokoh peraih Nobel pada 1901, Sully Prudhomme merupakan sastrawan ternama dengan puisinya yang paling terkenal, yakni Stances et Poèmes dan Le vase brisé. Berkat kontribusinya, ia mendapatkan penghargaan Nobel di bidang literatur/sastrawan pada tahun 1901 dan menjadi inspirasi bagi sastrawan muda kala itu.

5 Henry Dunant

Source: Ceknricek.com

Berkebangsaan Swiss, Henry Dunant mendapatkan penghargaan Nobel di bidang perdamaian. Hal ini dikarenakan dirinya yang merupakan seorang aktivis sosial dan pebisnis, dan berhasil menjadi salah satu pendiri utama dari International Red Cross and Red Crescent Movement.

Organisasi tersebut merupakan gerakan relawan kemanusiaan yang berhasil melibatkan hampir 100 juta relawan. Sehingga tidak mengherankan jika dirinya menjadi tokoh peraih Nobel.

6 Frédéric Passy

Source: Nobel Prize

Tak hanya Henry Dunant, Frédéric Passy juga mendapatkan penghargaan Nobel di bidang perdamaian. Frédéric Passy merupakan pendiri dari Inter-Parliamentary Union (IPU) yang merupakan organisasi yang mempromosikan demokrasi, transparansi, dan akuntabilitas dalam sebuah parlemen.

Sementara, organisasi ini mempunyai 13 parlemen yang merupakan jumlah cukup banyak masa itu. Tidak heran lagi jika Frédéric Passy menjadi tokoh peraih Nobel 1901.

Nah, itu dia enam tokoh yang berhasil mendapatkan penghargaan Nobel pertama di tahun 1901. Berkat mereka, tokoh peraih Nobel, penemuan-penemuan mereka sangat berdampak besar bagi kehidupan manusia bahkan bisa kita nikmati hingga sekarang. Penemuan mereka pun bisa menjadi inspirasi kita sehari-hari untuk terus berkarya.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer