Kisah Perjalanan Hidup Sang Pendiri Perusahaan Apple yang Mendunia, Steve Jobs

Wajib Dibaca Juga!

Sosok Steve Jobs adalah perintis perusahaan dari garasi bersama Steve Wozniak yang berjaya yaitu Apple. Jobs lahir di San Fransisco, California, Amerika Serikat pada tanggal 24 Februari 1955 dari pasangan Joanne Schieble dan Abdulfattah Jandali, seorang imigran Muslim yang berasal dari Suriah.

Sebab hubungan hubungan sang ayah Joanne tidak direstui, dia rela menyerahkan Jobs untuk diadopsi tak lama setelah dilahirkan kepada Paul dan Clara Jobs, yang mengganti nama lahirnya Abdul Lattef Jandali menjadi Steve Paul Jobs. Bersama keluarga barunya Steve Jobs tinggal di Silicon Valley, sebuah kawasan industri elektronik di AS.

Source: Financial Times

Semasa kecil, Jobs dikenal sebagai anak yang usil tapi cerdas sehingga sempat ditawari mengikuti program akselerasi lompat kelas ke sekolah menengah atas. Tapi tawaran ini ditolak oleh orang tua Jobs.

Ketika usianya menginjak umur 12 tahun, Steve Jobs mulai menunjukkan ketertarikan di ranah teknologi setelah melihat demonstrasi kerja sebuah perangkat komputer di Hewlett-Packard Explorer Club. Dia juga sering menghadiri sesi seminar di pabrik Hewlett-Packard (HP) saat masih duduk di bangku sekolah menengah atas. Dan pernah memberanikan diri untuk meminta komponen mesin kepada CEO HP, William Hewlett pada suatu kesempatan.

Dari keberaniannya itu, Hewlett kemudian memberikan komponen mesin yang diminta dan menawari Steve Jobs untuk magang selama liburan musim panas di Hewlett-Packard.

Seusai lulus dari SMA Homestead pada 1972, Jobs mulai melanjutkan studi di perguruan tinggi seni Reed College yang berlokasi di Portland, Oregon selama dua tahun dan memutuskan untuk keluar sebelum lulus.

Pada tahun 1975, Steve Jobs bergabung dengan Homebrew Computer Club dan bertemu dengan teman SMA-nya yaitu Steve Wozniak yang tengah merakit komputer mini buatannya. Terpukau dengan inovasi dari temannya, Jobs pun menggandengnya dan membentuk Apple Computer Company di tahun 1976.

Source: Detikcom

Bermodal hasil penjualan mobil Volkswagen milik Steve Jobs dan kalkulator milik Wozniak, mereka berhasil menciptakan produk pertama yaitu Apple yang masih berupa papan sirkuit yang dijual dengan harga unik yaitu USD 666,6 dan cukup diminati. Kiprah Apple pun berlanjut dengan Apple II yang hadir 1977 dengan papan keyboard dan casing yang melindungi seluruh bodi. Dari penjualan produk itu Apple terus berkembang dan diminati oleh banyak dan mengeluarkan banyak produk seperti iMac, iBook, iTunes.

Namun pada Agustus 2011, Jobs resmi hengkang dari perusahaan dan digantikan oleh Tim Cook. Dua bulan kemudian Jobs dilaporkan meninggal dunia di kediamannya yang berlokasi di Palo Arto, California karena kanker pankreas.

Source: Berita Crypto

Tim Cook merupakan pekerja di Apple selama 23 Tahun. Berbeda dengan Steve Jobs yang menciptakan inovasi baru dan membunuh kreasi lamanya, Cook memutuskan untuk menciptakan pendamping untuk Iphone.

Terlepas dari semua inovasi yang dilahirkan Apple saat ini, Jobs masih tetap dikenang sebagai sosok pemimpin yang tak tergantikan Apple. Seperti yang diucapkan Cook lewat kicauannya pada Oktober 2020 lalu.

“Jiwa yang agung tak pernah mati. Dia menyatukan kita lagi dan lagi. Anda akan selalu bersama kami, Steve, kenangan Anda tertaut dan menginspirasi kami setiap hari,” tulis Cook.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer