Selain Menghibur Diri, 8 Manfaat Lain Membaca Novel!

Wajib Dibaca Juga!

Pasti dari kita ada yang menyukai novel? Novel merupakan salah satu karya sastra yang paling banyak diminati, novel juga memiliki berbagai genre menarik seperti percintaan, misteri, petualangan, ilmiah, dan lain-lain. Aktivitas membaca novel dapat dijadikan pengisi waktu luang. Namun pro dan kontra menyukai aktivitas ini tentu ada. Ada yang berfikir bahwa hanya menghambur-hamburkan waktu saja, menghamburkan uang karena harga novel yang mahal, dan lain sebagainya. Namun sebenarnya, aktivitas membaca novel memiliki manfaat lain, seperti :

1. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Manfaat membaca novel yang pertama adalah dapat menambah wawasan dan pengetahuan pembaca novel. Karena novel memiliki genre yang bervariasi, salah satunya yang mengangkat cerita mengenai budaya atau istiadat pada suatu daerah sehingga dapat membuat pembaca mengetahui keragaman budaya yang ada di Indonesia ataupun dunia.

2. Meningkatkan Kualitas Remaja

Interaksi yang terbentuk antara penulis dengan pembaca memberikan dampak positif, salah satunya adalah timbulnya rasa percaya diri dan berani yang dirasakan pembaca karena adanya proses penyerapan wawasan dari membaca novel. Selain itu, manfaat membaca novel dapat ditunjukan dari penulis yang dapat menggiring dan membentuk mindset pembaca sehingga dapat berpikir lebih terbuka dalam menghadapi sebuah persoalan, dapat menyelesaikannya dengan baik, dan menjadi pribadi yang lebih dewasa.

3. Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi

Aktivitas membaca sangat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. Pengetahuan yang diperoleh juga dapat diterapkan dikehidupan sehari-hari. Manfaat membaca novel lainnya adalah mampu meningkatkan imajinasi dan kreatifitas serta peningkatan pengetahuan secara luas dari berbagai aspek.

4. Menambah Perbendaharaan Kosa Kata

Dengan membaca novel, biasanya kita menemukan kosa kata atau istilah yang baru, seperti penggunaan bahasa asing ataupun bahasa daerah. Penambahan pembendaharaan kosa kata inilah yang membuat kamu dapat berbicara dengan penggunaan bahasa yang variatif.

5. Menikmati Estetika

Remaja yang suka membaca novel dikenal akan memiliki jiwa estetika yang tinggi ketimbang lainnya. kata-kata yang indah dari sebuah novel beserta karakter dan plot cerita membuat semakin terasa keindahan sebuah novel. Jiwa-jiwa yang haus akan seni keindahan terpuaskan dengan membaca novel.

6. Meningkatkan Budaya Baca Lebih Tinggi

Manfaat membaca novel juga bisa kamu rasakan dengan sendiri, yaitu timbulnya peningkatan budaya membaca. Banyak yang bermula tidak menyukai remaja, namun karya novel nya dibuat menarik dan pembaca suka, hal itu membuat pembaca novel akhirnya menjadi rajin membaca. Kalau sudah gemar membaca buku maka kegiatan membaca buku pelajaran dan novel menjadi kebutuhan dalam aktivitas sehari-harinya.

7. Meningkatkan Imajinasi Tinggi

Dalam sebuah seni, biasanya para pelaku seni membiarkan para penikmat seninya untuk dapat mengekspresikan masing-masing dari setiap karya yang dinikmatinya. Hal ini berpengaruh pada peningkatan imajimasi bagi para penikmat seni. Bahkan dengan kamu membaca novel, kamu dapat memilih alur seperti apa yang akan kamu imajinasikan sesuai dengan genre novel yang akan kamu baca.

8. Menjadi Novelis

Manfaat membaca novel yang terakhir adalah dengan banyak referensi yang telah diperoleh dari membaca novel, tidak jarang para penikmat seni ataupun pembaca novel akhirnya tergiring hingga mengingikan menjadi pelaku seni salah satunya adalah menjadi novelis. bagi remaja lainnya adalah membuat sang remaja bisa pandai membuat cerita. Seperti cerita  novel. Karena secara tidak langsung dengan membaca novel, para pembaca telah mempelajari struktur, penyusunan dan unsur-unsur yang mesti ada pada sebuah novel yang baik dan benar. Seperti penokohan, karakter, konflik dan ending.

Nah, apakah kamu akan tetap menganggap bahwa membaca adalah kegiatan mebuang waktu atau justru kamu tertarik untuk memulai membaca novel?. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat, dan selamat membaca!.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer