Sosok Wanita Inspiratif di Seluruh Dunia, Berani Tegakkan Keadilan!

Wajib Dibaca Juga!

Keberadaan sosok perempuan tidak bisa disepelekan. Perempuan tidak dama disamakan dengan laki-laki karena masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri. Meski sering dianggap lemah, namun aksi dan prestasi mampu membuktikan keberadaan mereka.

Tak jarang inspirasi adalah dari mereka, hingga dinobatkan sebagai wanita inspiratif. Berikut deretan wanita inspiratif di dunia yang bisa kalian contoh. 

1. Greta Thunberg

Shutterstock/MikeDotta

Wanita yang lahir 3 Januari 2003 di Swedia ini adalah Greta Tintin Eleonora Ernman Thunberg. Wanita inspiratif di dunia ini adalah aktivis lingkungan Swedia yang menantang para pemimpin dunia untuk mengambil tindakan segera untuk mitigasi perubahan iklim.

Aktivis iklim yang  berusia 18 tahun dinominasikan untuk Hadiah Nobel untuk tahun ketiga berturut-turut. Wanita yang dinobatkan sebagai TIME’s Person of the Year pada 2018, pertama kali menjadi perhatian internasional ketika dia mulai bolos kelas di hari Jumat setiap minggu untuk berkampanye di luar Parlemen Swedia dengan tanda yang bertuliskan “Skolstrejk för klimatet:” “Mogok Sekolah untuk Iklim”.

Itulah awal dari para kepala negara tertarik dengan apa yang dia bicarakan masalah iklim dan lingkungan. Thunberg telah mendirikan yayasan non profit untuk kampanye #FridaysForFuture-nya. Dia juga membuat daftar 11 wanita muda yang akan mengubah dunia.

2. Malala Yousafzai

Shutterstock/TMP – An Instant of Time

Malala Yousafzai seorang wanita kelahiran Pakistan ini hanya menginginkan pendidikan yang sama dengan rekan-rekan prianya. Ayahnya, Ziauddin Yousafzai, mengelola sekolah perempuan di desa tempat mereka tinggal, namun ketika Taliban masuk, mereka memerintahkan sekolah untuk ditutup karena mereka tidak percaya anak perempuan harus menerima pendidikan.

Yousafzai tetap melanjutkan pendidikannya namun pada 2012 ia dihadang oleh pria bersenjata di bus sekolahnya dan menembaknya di sisi kiri wajahnya. 

Wanita inspiratif di dunia ini mendirikan Malala Fund, sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk memberi anak perempuan dimana pun kesempatan yang layak mereka dapatkan.

Dia menerima Hadiah Nobel Perdamaian untuk karyanya pada tahun 2014. Hak atas pendidikan adalah salah satu dari 13 hak anak yang tidak universal tetapi seharusnya.

3. Dr. Amani Ballour

Source: Challenges

Wanita inspiratif di dunia selanjutnya adalah seorang dokter kelahiran Suriah pada 1987 dan pembela hak-hak perempuan dan anak-anak bernama Amani Ballour. Dedikasinya menyelamatkan ribuan nyawa korban konflik di Suriah dan dianugerahi penghargaan Dewan Eropa.

Selama enam tahun, dia melakukan misi kemanusiaan, menolong ribuan warga sipil terluka di sebuah rumah sakit bawah tanah. Perjalanan Ballour telah ditampilkan dalam sebuah film dokumenter National Geographic, berjudul ‘The Cave’.

Film ini dinominasikan sebagai peraih Oscar dalam kategori Fitur Dokumenter. The Cave disutradarai oleh Feras Fayyad dan diproduksi oleh Kirstine Barfod dan Sigrid Dyekjær.

The Cave menceritakan kisah mengerikan perjuangan wanita inspiratif di dunia  yang memberikan penyembuhan dan kenyamanan di tengah-tengah perang di rumah sakit bawah tanah.

4. Halima Aden

Shutterstock/a katz

Wanita inspiratif di dunia ini adalah seorang model dan aktivis bernama Halima Aden. Wanita berusia 22 tahun itu pertama kali menunjukkan keberanian dan kebanggaan dalam kontes Miss Minnesota USA dengan budayanya karena menjadi kontestan pertama yang mengenakan hijab.

Dalam sebuah wawancara bersama Essence dia berkata “Penting bagi saya untuk terlihat dan melakukan apa pun yang saya bisa untuk memberi tahu para gadis bahwa mereka tidak perlu mengubah siapa mereka,”.

“Saya ingin mereka tahu bahwa dunia akan menemui mereka persis di tempat mereka berdiri.” Kamu akan menyukai kutipan penambah kepercayaan diri ini dari 20 wanita sepanjang sejarah.

Itulah deretan wanita inspiratif di dunia yang bisa kalian contoh. Tidak hanya berparas cantik, namun di dalam aksi dan hatinya bisa menggemparkan dunia dan sangat menakjubkan.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer