Terkenal sebagai Kampus Termahal di Indonesia, Segini Biaya yang Harus Dikeluarkan!

Wajib Dibaca Juga!

Pada dasarnya untuk memperoleh pendidikan terbaik tentunya perlu merogoh kocek yang tidak sedikit pula bahkan dalam kategori fantastis. Tentu saja diimbangi dengan fasilitas yang diberikan.

Berikut sederet kampus ternama dengan biaya pendidikan termahal di Indonesia:

1. Swiss German University (SGU)

Swiss German University

Swiss German University (SGU) menjadi kampus termahal di Indonesia. Kampus ini berdiri pada tahun 2000 dan terletak di Alam Sutera, Tangerang, Indonesia.

Kampus ini terbentuk lewat upaya bersama antara investor swasta dari Jerman dan Indonesia untuk membawa fokus internasional yang kuat. Biaya kuliah nya bisa mencapai Rp27,5 juta sampai Rp30 juta per semester, lho.

2. President University

PresUnive Admission – Presiden University

Selanjutnya, kampus termahal di Indonesia yaitu President University. Kampus ini memiliki tujuan untuk menjadi institusi pendidikan global yang terkemuka, sehingga sistem pendidikannya pun dirancang sesuai dengan perkembangan di dunia, lho!

Selain itu, kampus ini memiliki hubungan kerjasama lebih dari 50 perusahaan baik nasional maupun multinasional. Dengan begitu, peluang karier kamu setelah lulus kuliah nanti akan semakin luas ya.

Untuk kuliah di sini, kamu harus bisa mengeluarkan biaya setidaknya Rp32 juta hanya untuk satu semester saja!

3. Universitas Pelita harapan (UPH)

Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita harapan (UPH) sebuah perguruan tinggi swasta Kristen yang berlokasi di Tangerang dan menjadi salah satu kampus termahal di Indonesia.

Universitas Pelita harapan (UPH) memiliki 12 fakultas di berbagai bidang. Jika ingin melanjutkan kuliah di kampus ini, kamu dapat menghabiskan biaya hingga kurang lebih Rp200 juta.

4. Universitas Ciputra

Universitas Ciputra

Kampus termahal di Indonesia selanjutnya adalah Univeritas Ciputra yang berupaya dalam mencetak mahasiswanya agar menjadi entrepreneur sesuai keahlian masing-masing.

Pendidikan ini diberikan mulai dari awal hingga akhir perkuliahan. Biaya untuk program regular di kampus ini sebesar Rp10-36 juta. Selain itu, terdapat biaya SKS yaitu Rp500 ribu sampai Rp700 ribu.

5. Universitas Trisakti

trisakti.ac.id

Trisakti menjadi salah satu kampus termahal di Indonesia. Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) terendahnya adalah Rp14,5 juta. Sementara BPP tertinggi (Fakultas Kedokteran) sebesar Rp32,225 juta.

Adapun estimasi biaya kuliah di kampus ini hingga lulus adalah Rp131,4 juta hingga Rp184,8 juta. Sementara, khusus Fakultas kedokteran biaayanya mencapai Rp556 juta sampai Rp606 juta. Sementara, untuk Kejuruan Dokter Gigi mencapai Rp456,125 juta sampai Rp521,125 juta.

6. Bina Nusantara University

BINUS UNIVERSITY

Binus tergolong kampus yang mematok biaya tinggi. Biaya kuliah untuk semester 1 berada di kisaran Rp17,7 juta sampai Rp23,6 juta. Di luar biaya tersebut, ada biaya laboratorium Rp1.600.000-Rp4.250.000 dan biaya peralatan Rp9.000.000. Biaya yang tinggi ini sebanding kok dengan kualitas yang ditawarkan Binus.

7. Universitas Tarumanagara (Untar)

Beritasatu.com

Untar juga termasuk kampus termahal di Indonesia. Untuk biaya kuliah semester 1-nya saja sebesar Rp15 juta – Rp21 juta. Biaya semester 2 dan selanjutnya tergantung dari jumlah SKS yang diambil di masing-masing prodi.

Fakultas yang tersedia di Untar mulai dari Ekonomi, Hukum, Teknik, Kedokteran, Psikologi, Seni Rupa dan Desain, Teknologi Informasi, Komunikasi, dan Pascasarjana.

8. Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya

Unika Atma Jaya

Kampus ini adalah salah satu PTS terbaik di Indonesia dengan akreditasi A. Unika Atma Jaya juga menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri. Jadi, kampus ini memiliki program student exchange.

Terkait biaya per semester di kampus ini adalah Rp6,225 juta sampai Rp27 juta. Namun, untuk Jurusan Kedokteran biaya per semesternya mencapai Rp42,5 juta.

Adakah salah satu universitas termahal di Indonesia ini yang menjadi incaran kamu untuk melanjutkan pendidikan sarjana?

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer