Terkenal Dengan Kritikan Pedasnya, Ini 5 Fakta Najwa Shihab! 

Wajib Dibaca Juga!

Najwa Shihab

Najwa Shihab wanita yang sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Pembawaannya yang sangat berani saat di acara “Mata Najwa” begitu memikat para pemirsanya.

Acara itu seringkali mengangkat tema dengan berbagai isu menarik di bidang politik, ekonomi, sosial hingga budaya. Dikupas dengan gaya Najwa yang berani dan kritis, acara Mata Najwa selalu dinantikan banyak orang.

Lalu dibalik sangarnya Najwa di televisi seperti apa sih ia sesungguhnya? Yuk kita simak beberapa fakta Najwa Shihab yang mungkin belum kalian tahu.

1. Utamakan pendidikan

Wanita kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan ini tumbuh di keluarga dengan latar pendidikan yang kuat. Sang ayah adalah ulama terkenal di Indonesia yaitu Quraish Shihab. Najwa juga salah satu keponakan dari cendekiawan muslim Indonesia, Alwi Shihab.

Jurnalis kelahiran 16 September 1977 ini mengenyam pendidikan sekolah dasar dan sekolah menengah dengan latar belakang agama. Ketika masuk SMA, Najwa sempat mengikuti pertukaran pelajar ke Amerika Serikat. Keren ya?

Lanjut ke jenjang karirnya ia menjadi salah satu mahasiswa di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, ia juga melanjutkan pendidikannya di Melbourne Law School. Dari latar pendidikannya sendiri, sudah terlihat ia orang yang sangat peduli dengan pendidikan.

2.  Berkarir di media

Berlatar belakang dengan pendidikan hukumnya, Najwa akhirnya memutuskan untuk memilih Jurnalis sebagai profesinya. Ia mengawali karir di bidang Jurnalistik di stasiun televisi swasta Indonesia yaitu RCTI. Tak lama di sana, ia pindah ke Metro TV pada tahun 2000.

Selama bekerja di stasiun TV banyak yang telah dilalui Najwa, salah satunya adalah meliput peristiwa di Aceh pada tahun 2004 lalu. Mulai dari sinilah ia mulai dikenal orang publik. Ketika meliput peristiwa itu, ia menjadi saksi betapa dahsyatnya musibah tersebut dan melaporkannya langsung dari lokasi.

Atas kinerjanya itu, ini menjadi salah satu fakta Najwa Shihab dengan memperoleh penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada 2005.

3. Berani dan Kritis

Saat mewawancarai sejumlah narasumber, kelihaian Najwa Shihab patut diacungi jempol dan membuat kagum banyak orang. Pertanyaan-pertanyaan yang kritis dan berani ia lontarkan ke siapapun narasumbernya. Termasuk para menteri dan pejabat tinggi di Indonesia.

4. Pernah dapat ancaman

Kritik atau pertanyaan Najwa terkadang membuat narasumbernya buntu. Dengan kekayaan pengetahuan dan penelitian mendalam, pertanyaan-pertanyaan ini tak terbendung dan tampaknya tak berujung.

Ini akhirnya membuatnya dalam keadaan yang mengerikan juga. Najwa mengaku mendapat ancaman saat mengungkap kasus mafia sepak bola Indonesia. Dia membicarakan hal ini dalam episode Mata Najwa. Ia mengaku ancamannya berupa pesan WhatsApp dan media sosial. Meski demikian, Najwa mengaku sangat ketakutan.

5. Aktif di kegiatan sosial

Selain bekerja sebagai jurnalis, Najwa juga aktif di berbagai kegiatan sosial. Salah satunya adalah menjadi duta membaca pada tahun 2016. Ia mengaku rela diangkat menjadi duta membaca untuk menjadi bagian dari tumbuhnya minat baca di masyarakat Indonesia. Selain itu, Najwa juga seringkali mengangkat isu kesetaraan gender.

Dalam kontennya di NarasiTV, ia kerap mengangkat hak dan kesetaraan gender. Meski sering ditentang, ia tidak takut membuat orang mengerti pentingnya kesetaraan gender bagi laki-laki dan perempuan.

Jadi itu dia beberapa fakta Najwa Shihab yang mungkin kalian tidak ketahui. Bagaimana sosoknya menurut kalian? sangat menginspirasi sekali bukan?

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer