Fakta Menarik Elon Musk Sang Pendiri Tesla Inc. Ada Apa Aja Ya?

Wajib Dibaca Juga!

Elon Musk menjadi orang terkaya di dunia versi Forbes pada 2022. Kekayaan yang dia miliki sebesar USD 219 miliar atau setara Rp3.175 triliun yang didapatkan dari perusahaan mobil listrik Tesla Inc sekaligus SpaceX.

Nama Musk belakangan ini menjadi sorotan karena membeli perusahaan media sosial favoritnya yaitu Twitter. Musk untuk mengakuasisi perusahaan media sosial tersebut senilai 44 miliar dolar AS atau senilai Rp629 triliun. Dibalik kekayaannya saat ini, berikut fakta elon musk yang harus kalian tahu.

Lahir di Afrika Selatan

Shutterstock/Kathy Hutchins

Fakta Elon Musk pertama yang tidak banyak orang tahu adalah lahir di Pretoria, Afrika Selatan dari orang tua bernama Errol dan Maye Musk. Semenjak lahir, dia terus tinggal di wilayah itu sampai dia pindah ke Kanada pada usia 17 tahun.

Tiga tahun kemudian, dia pindah ke Amerika Serikat untuk belajar bisnis dan fisika di University of Pennsylvania di PhilaDelphia. Musk memiliki kewarganegaraan Afrika Selatan, Kanada, dan Amerika Serikat (AS). Saat ini, dia tinggal di Los Angeles, California.

Pernah jualan telur paskah untuk orang kaya

Menurut saudara laki-laki Musk yang bernama Kimbal, fakta Elon Musk pernah berjualan telur Paskah keliling bersama Kimbal dan sepupu mereka saat remaja di daerah orang kaya di ibu kota Afrika Selatan.

Telur Paskah yang mereka jual itu bukan telur sembarangan, yaitu telur yang dibanderol dengan harga fantastis yang mencapai 20 kali lipat dari biaya pembuatannya.

“Saya membuatnya dengan modal 50 sen dan menjualnya 10 dolar untuk telur Paskah dan saya selalu mendapatkan pertanyaan seperti, ‘Mengapa Anda menagih 10 dolar untuk telur Paskah kecil ini?’” kata Kimbal kepada CNBC Make It dalam sebuah wawancara pada 2017.

“Dan saya seperti, ‘Baiklah, Anda mendukung seorang kapitalis muda. Dan kenyataannya adalah jika Anda tidak membelinya dari saya, Anda tidak akan mendapatkannya – dan saya tahu Anda mampu membeli seharga 10 dolar.”

Pernah dikira tuli oleh ibunya

Fakta elon musk ini karena dia adalah orang yang sangat introspektif sejak kecil. Dia bisa terlihat sangat pendiam, tidak merespons sekitarnya sehingga orang tua dan dokternya pernah meminta diadakan tes untuk memeriksa apakah dirinya tuli.

Ibunya, Maye Musk akhirnya mengetahui bahwa menjadi diam dan tenang adalah cara Musk memikirkan tentang penemuannya.

“Dia masuk ke dalam otaknya dan kemudian Anda melihat dia ada di dunia lain. Dia masih melakukan itu. Sekarang saya biarkan dia begitu saja karena saya tahu dia sedang merancang roket baru atau semacamnya,” kata Maye Musk dalam buku Vance.

Memiliki Hobi Membaca

Shutterstock/Mashka

Bagi Musk, buku adalah teman baiknya sejak ia masih kanak-kanak. “Saya dibesarkan oleh buku. Buku, lalu orang tua saya.”

Fakta Elon Musk sudah membaca seluruh Encyclopedia Britannica pada usia sembilan tahun dan suka membaca novel fiksi ilmiah, komik dan buku nonfiksi hingga 10 jam sehari.

Beberapa buku paling berpengaruh yang dia baca termasuk The Lord of the Rings, The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy, dan seri Foundation karya Isaac Asimov.

Inspirasi bagi Tony Stark alias Ironman

Fakta Elon Musk yang selanjutnya adalah inspirasi dari karakter superhero Tony Stark atau Iron Man. Aktor yang memerankannya, Robert Downey Jr, bahkan pernah dikabarkan ingin bertemu dan duduk bersama Musk untuk mendapatkan inspirasi bagi karakter tersebut.

Sejumlah cuplikan dari Iron Man 2 bahkan difilmkan di SpaceX dan Musk muncul sebagai cameo di film tersebut. Masih terkait dunia perfilman, Musk ternyata adalah pemilik ‘Wet Nellie’, mobil sport Lotus yang merangkap kapal selam yang muncul di film James Bond tahun 1970-an, The Spy Who Loved Me.

Musk bahkan dilaporkan berencana untuk mengubahnya menjadi mobil sungguhan yang juga bisa berubah menjadi kapal selam.

Dari fakta-fakta di atas, mana yang paling kalian suka?

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer