Tragis, 9 Kecelakaan Terparah Di Moda Transportasi Umum!

Wajib Dibaca Juga!

Dalam perencanaan pembangunan moda transportasi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Berbagai pengalaman dan faktor lain juga menjadi hal yang sangat diperhitungkan dengan matang, hal ini demi terciptanya moda transportasi aman dan nyaman.

Berikut ini beberapa pengalaman yang tidak mengenakan dari dunia moda transportasi umum dan dianggap sebagai kenangan yang kelam dan menjadi titik ukur evaluasi pada bidangnya.

1. Lembah Anai, Sumatera Barat (Indonesia)

Instagram/@mwv.mysytic

Kecelakaan terparah di dunia pertama adalah tragedi Lembah Anal dimana jalur Lembah Anai ini cukup terjal sehingga kereta anlok dan rem blong. Akibat peristiwa tersebut sebanyak 200 orang meninggal dunia dan 250 sisanya mengalami luka paa 1944 silam.

2. Awash (Ethiopia)

Dok: global-geography

Kecelakaan kereta yang parah juga pernah terjadi di Awash, Ethiopia pada tahun 1985 silam juga merupakan dalam daftar kecelakaan terparah di dunia.

Pasalnya empat gerbong kereta yang mengangkut 400 orang harus kehilangan nyawanya karena terjun ke jurang sungai Awash. Kereta tersebut tergelincir dan anjlok saat  berada di tikungan lintasan jembatan antara stasiun kereta Arba dan Awash di jalur KA Addis Ababa-Djibouti.

3. Firozabad (India)

Sumber foto: The Atalantic

Pada 20 Agustus 1995 silam pernah terjadi kecelakaan kereta parah di jalur rel utara India Delhi-Kanpur.

Kronologinya adalah kereta yang harus berhenti karena menabrak seekor sapi ditabrak lagi oleh kereta lain di jalur yang sama serta mengakibatkan sebanyak 358 orang menjadi korban. Kecelakaan ini termasuk dalam kecelakaan terparah di dunia.

4. Tragedi Bintaro

Sumber foto: VOI

Kecelakaan terparah di dunia selanjutnya adalah tragedi Bintaro yang terjadi pada 19 Oktober 1987. Karena kesalahan kordinasi yang mengakibatkan dua unit kereta ekonomi bertabrakan di Pondok Betung, Bintaro.

Sehingga menyebebakan 156 penumpang kereta tewas seketika dengan kondisi yang sangat mengenaskan.

5. Al-Ayyat (Mesir)

Dok: safe-gate

Pada Februari 2002 lalu, kecelakaan kereta terparah di dunia juga terjadi di Mesir. Ledakan di salah satu gerbong kereta yang dipicu oleh silinder gas dan membuat api keluar sangat cepat menyambar ke seluruh gerbong kereta lainnya.

Namun sang masinis kereta ternyata tidak menyadari sama sekali bahwa ledakan telah terjadi hingga diketahui ketika kereta berhenti di kawasan Al-Ayyat. Akibat peristiwa nahas tersebut sebanyak 383 orang meninggal dunia. 

6. Queen of the Sea Land (Sri Lanka)

Dok: Wikimedia Commons.

Pada Desember 2004 lalu, kecelakaan kereta terbesar di dunia juga pernah terjadi di negara Sri Lanka. Kejadian ini terjadi karena bencana alam tsunami yang menyapu kereta dan ribuan penumpang di Queen of the Sea Land saat tengah melaju.

Korban tsunami tersebut sebanyak 1.700 orang meninggal dunia, sudah termasuk jumlah korban yang terjebak di dalam kereta.

7. Pesawat KLM 4805 dan Pan Am 1736

Sumber gambar: Kabar24.bisnis.com

Akibat cuaca yang tak bersahabat mengakibatkan buruknya komunikasi di Bandara Internasional Los Rodeos di Tenerife, Kepulauan Canary, Spanyol. Pesawat KLM 4805 dan Pan Am 1736 mengalami tabrakan parah hingga mencapai 600 korban jiwa.

8. Daegu Subway

Sumber foto: daum

Daegu Metropolitan Subway Line juga pernah mengalami kecelakaan dan menjadi salah satu kecelakaan terparah di dunia. Kejadian naas bermula saat ada seorang yang terkena gangguan jiwa melemparkan cairan bensin pada kereta yang baru saja berhenti.

Bensin kemudian kereta dan stasiun kereta di wilayah Daegok hingga Ansim di Korea Selatan terbakar hingga menyebabkan 192 meninggal dan 148 lainnya dilarikan ke rumah sakit karena menderita luka bakar parah.

9. Malaysia Airlines MH370

Sumber gambar: VOA Indonesia

Malaysia juga pernah digemparkan dengan adanya tragedi kecelakaan yang dialami pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 hilang secara misterius pada tahun 2014.

Pencarian terus dilakukaan hingga saat ini namun masih belum menemukan hasil. Sebanyak 12 awak kabin dan 227 penumpang dari 15 negara dianyatakan meninggal dunia.

Itulah beberapa tragedi kecelakaan yang terjadi dunia. Semoga bermanfaat dan selalu berhati-hati ya!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer