5 Drama Korea Tentang Hukum, Harus Banget Kamu Tonton!

Wajib Dibaca Juga!

Drama Korea kini menjadi tontonan favorit bagi semua kalangan usia dengan berbagai alasan seperti pemerannya yang ganteng dan cantik ataupun alur cerita yang bervariatif.

Selain itu drama Korea atau biasa disebut drakor juga menawarkan beberapa genre drama yang dapat menemani kamu sesuai dengan mood saat ini loh, salah satunya genre yang saat ini banyak ditonton adalah drama Korea bertemakan hukum.

Nah, berikut list drama Korea tentang hukum yang bakal buat kamu gregetan dan ikut berfikir:

1. Vincenzo

Sumber gambar: Pikiran Rakyat

Salah satu drama Korea tentang hukum yang rilis di tahun 2021 ini tidak boleh dilewatkan, dimana Song Joong Ki sebagai main lead yang mengisahkan perjalanan hidup seorang anak bernama Park Joo Hyung yang di adopsi keluarga Cassano, seorang mafia italia yang terkenal sejak berusia 8 tahun dan mengubah namanya menjadi Vincenzo Cassano.

Namun semenjak ayah angkatnya Don Fabio meninggal, nyawa Vincenzo terancam dan memutuskan kembali ke Korea untuk mendapatkan emas dalam jumlah besar yang tersimpan di ruang bawah tanah Geumga Plaza.

Sayangnya, rencananya tidak semulus itu karena Geumga Plaza sudah diambil alih oleh sebuah perusahaan real estate bernama Babel Group.

2. The Devil Judge

Sumber gambar: Viu.com

Drama Korea tentang hukum selanjutnya The Devil Judge yang dirilis di tahun 2021 yang dibintangi oleh Ji Sung dan Park Jin Young.

Dalam 16 episode kita diajak melihat kondisi Korea Selatan yang berantakan. Untuk memperbaikinya, hukum harus ditegakkan dengan cara yang sebelumnya tidak pernah ada yaitu dengan melibatkan masyarakat dalam penentuan vonis karena persidangan ditayangkan langsung di televisi dan melalui aplikasi.

Bertindak sebagai hakim utama adalah Kang Yo Han; seorang hakim yang terkenal cerdik, tegas, tidak kenal ampun menghukum orang-orang bersalah. Di balik sikapnya yang seolah tak terkalahkan, Yo Han punya masa lalu kelam.

3. Law School

Sumber gambar: VOI

Law School merupakan drama Korea tentang hukum yang mengambil alur kisah di sebuah Falkultas Hukum Universitas Hankuk, salah satu perguruan tinggi bergengsi di Seoul. 

Di mana para mahasiswa dan dosen bergabung untuk menguak kasus pembunuhan yang menewaskan seorang dosen yang juga mengajar di fakultas tersebut, yaitu Profesor Seo Byung-ju (Ahn Nae Sang).

Mencuatnya kasus tersebut memunculkan banyak spekulasi tentang siapa pelaku pembunuhan sebenarnya, hingga Profesor Yang Jong Hoon (Kim Myung Min) pun ditetapkan sebagai tersangka utama.

Nyatanya, masalah tidak selesai begitu saja karena masih banyak misteri yang belum terungkap sehingga mahasiswa dari Fakultas Hukum tersebut pun tidak tinggal diam dan turut menyelidiki demi mengungkap kebenaran yang sesungguhnya.

4. Juvenile Justice

Sumber gambar: Univ. Fajar

Drama Juvenile Justice yang dirilis tahun 2022 merupakan drama Korea tentang hukum yang bercerita tentang Shim Eun Seok dikenal sebagai hakim pengadilan anak yang dingin.

Baginya anak-anak yang melakukan tindak kriminal harus mendapat hukuman setimpal dengan menolak percaya bahwa anak-anak tersebut bisa berubah dengan pengawasan. Baginya, anak-anak itu akan terus melakukan kejahatan karena tidak khawatir mendapat hukuman. 

Suatu hari Shim harus menyidang seorang remaja yang terlibat dalam berbagai kejahatan, terutama pornografi. Dia berubah menjadi emosional karena ternyata di masa lalu kenakalan remaja itu menyebabkan putra semata wayangnya tewas. Namun, karena hukum pada anak yang cenderung longgar, remaja tersebut dibebaskan.

5. Partner of justice

Sumber gambar: Netflix

Partner for Justice (2018), drama Korea tentang hukum yang bercerita tentang seorang dokter bedah toraks, Baek Beom, yang harus dipindahkan ke bagian forensik akibat tuduhan malpraktik sehingga harus berurusan dengan mayat-mayat dan mengubah sikap dirinya menjadi lebih dingin dari sebelumnya.

Suatu hari dirinya bertemu dengan Eun Sol, putri seorang pengacara terkenal yang tidak mendapat apresiasi cukup dari sang ayah. Untuk membuktikan kapasitasnya Eun Sol memilih menjadi jaksa; dia tak ingin mengikuti jejak ayahnya.

Tugas pertama Eun Sol yaitu menyelidiki kematian ibu rumah tangga yang misterius. Saat mengerjakan kasus inilah Eun Sol bertemu dan bekerjasama dengan Baek Beom.

Itulah beberapa rekomendasi drama korea yang bisa kamu tonton dan nikmati keseruannya.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer