Pelihara Kucing Bagus untuk Kesehatan Loh! Apa Saja?

Wajib Dibaca Juga!

Bagi yang menyukai binatang, memelihara kucing merupakan salah satu hal yang menyenangkan. Kucing yang dipelihara tentu bisa menjadi teman sehari-harimu di rumah.

Dengan tingkahnya yang menggemaskan, ini akan membuat hari-harimu jauh lebih menyenangkan. Dengan memelihara kucing, kita bisa mendapat manfaat, baik itu untuk fisik maupun mental kita.

Berikut ini beberapa manfaat pelihara kucing!

1. Mengurangi kecemasan

Shutterstock/Veera

Sebuah studi terbitan Animals (2021) menemukan bahwa manfaat pelihara kucing bisa mengurangi kecemasan. Bagaimana bisa? Kontak fisik dengan kucing peliharaan menciptakan emosional yang sama seperti saat melakukan interaksi sosial.

Hal ini bisa mengurangi perasaan tertekan, kecemasan, dan emosi negatif lainnya. Bermain dengan kucing juga membantu menghilangkan kesepian.

2. Memberikan dukungan emosional

Shutterstock/evrymmnt

Seperti yang sudah disebutkan, interaksi dengan hewan peliharaan bisa membangun ikatan emosional layaknya hubungan sosial dengan manusia. Membangun ikatan emosional dengan kucing peliharaan bisa membuat kita merasa lebih aman dan bahagia.

3. Meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan

Shutterstock/VAKS-Stock Agency

Manfaat pelihara kucing ternyata mampu meningkatkan kemampuan bersosialisasi. Hal ini tentu bisa berdampak pada interaksi dengan orang lain, termasuk pasangan. Dengan memelihara kucing, kita juga dapat belajar merawat dan memberikan kasih sayang kepada orang lain.

Saat berusaha mengerti keinginan dan kebutuhan kucing peliharaan, kita akan belajar untuk lebih peka dan memahami orang lain dengan lebih baik.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Shutterstock/ShotPrime Studio

Siapa yang akan menyangka bila manfaat pelihara kucing di rumah bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Penelitian terbitan Circulation (2013) menyatakan bahwa pemilik kucing memiliki tekanan darah yang lebih rendah daripada yang tidak memelihara hewan apa pun.

Selain itu, memelihara kucing pun meningkatkan aktivitas saraf parasimpatetik, sehingga itu akan membuat lebih tenang dan detak jantung tidak berdegup kencang. Semua manfaat ini membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Mengurangi risiko alergi

Shutterstock/Larisa Lo

Kasus alergi kucing bukanlah suatu kasus yang baru. Namun, siapa mengira bahwa manfaat pelihara kucing justru dapat membantu mengurangi risiko alergi. Hal ini disampaikan dalam penelitian terbitan PLoS One (2018).

Memelihara kucing di rumah yang memiliki bayi, mampu mengurangi risiko asma, eksim, atau rinitis alergi. Tak hanya itu, saat menginjak dewasa nanti, risiko anak yang mengalami alergi pun akan berkurang.

Hal ini dikarenakan paparan bulu kucing mampu melatih kekebalan tubuh bayi.

6. Meningkatkan kondisi mental secara menyeluruh

Shutterstock/Denis Val

Ternyata ada manfaat pelihara kucing yang lain. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa memelihara kucing dapat mengurangi kecemasan, selain itu memelihara kucing juga akan berdampak pada kesehatan mental si pemilik secara keseluruhan.

Manfaat peliharan kucing di rumah memiliki kondisi psikologis yang lebih baik daripada tidak memelihara hewan. Sebanyak 92 orang yang diwawancarai pada penelitian terbitan Anthrozoös (2015) menemukan bahwa memiliki kucing di rumah memberikan efek positif, seperti:

  • menambah rasa bahagia,
  • meningkatkan percaya diri,
  • rasa cemas berkurang,
  • memperbaiki kualitas tidur,
  • mempertajam fokus, dan
  • mampu menghadapi masalah dengan lebih baik.

Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk memelihara kucing? Meski memelihara hewan itu tidaklah mudah, tetapi dibalik itu semua juga terdapat manfaat saat merawatnya.

Hal tersebut sudah dipaparkan di atas dan didukung dengan beberapa penelitian yang telah dilakukan, hasilnya adalah manfaat pelihara kucing sangatlah banyak dan dapat dikatakan itu berdampak positif baik itu secara fisik maupun kesehatan mental bagi si pemiliknya. 

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer