5 Cara Alami Menurunkan Berat Badan, Mudah dan Efektif!

Wajib Dibaca Juga!

Memiliki tubuh langsing dan sehat adalah idaman banyak orang khususnya wanita. Demi memiliki tubuh yang ramping, tak jarang orang menggunakan cara yang tak tepat dan justru malah mengakibatkan dampak buruk untuk kesehatan.

Ketika Anda ingin diet menurunkan berat badan sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan yang Anda tidak mengerti kandungan dan efek samping yang dihasilkan. Untuk program diet yang aman Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi.

Meskipun tidak semudah mengkonsumsi obat diet yang akan berdampak buruk bagi kesehatan. Anda bisa melakukan diet dengan cara yang lebih aman dan sehat seperti melakukan pola hidup sehat dan konsisten menjalankan diet.

Lakukan program diet secara seimbang dengan mengatur diet dan olahraga teratur agar setelah diet Anda mendapatkan manfaat yang berlimpah sekaligus. Dikutip dari berbagai sumber, berikut tips diet sehat alami yang dapat Anda lakukan.

Banyak Minum Air Putih

Source: Pexels

Tips diet sehat alami yang pertama adalah dengan banyak minum air. Meskipun terlihat sepele namun ini adalah kunci penting saat melakukan diet lho. Hal ini karena air penting untuk membantu metabolisme tubuh, meningkatkan fungsi ginjal juga meningkatkan kinerja otak.

Selain manfaat-manfaat yang sudah disebutkan minum air putih sebelum makan juga dapat menurunkan berat badan karena porsi makan dapat berkurang.

Sering Makan dengan Porsi Kecil

Source: Pexels

Memperbanyak frekuensi makan dan mengurangi porsi makan adalah tips diet sehat alami yang selanjutnya. Banyak orang berpikiran bahwa mengurangi frekuensi makan akan membantu mereka menurunkan berat badan. Tapi nyatanya tidak seperti itu.

Orang yang makan dengan porsi besar walau hanya sekali makan akan menimbulkan masalah baru. Anda hanya perlu mengurangi porsi Anda setiap kali makan, seperti dengan makan 3 sendok nasi dan lauk tetap pada frekuensi makan biasanya atau lebih banyak.

Konsumsi Makanan yang Kaya akan Serat

Source: Pexels

Tips diet sehat alami selanjutnya adalah Anda harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat. Mengkonsumsi makanan yang kaya serat dapat membantu proses detoks dalam tubuh, membantu menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol dan masih banyak lagi.

Makanan kaya akan serat yang dapat Anda konsumsi seperti buah pisang, alpukat, pepaya, pir atau bisa kacang-kacangan seperti kacang polong, sayuran brokoli atau kubis dan beras merah.

Hindari Makan Lebih diatas Jam 6 Sore

Source: Pexels

Sarapan adalah hal penting saat diet, saat sarapan tubuh memerlukan porsi lebih banyak untuk asupan energi selama satu hari penuh, tak berbeda dengan makan siang. Porsi saat makan siang harus lebih sedikit dibanding saat sarapan. Begitu pula dengan makan malam.

Karena saat malam hari aktivitas sudah tak banyak lagi, Anda tidak perlu mengkonsumsi makanan berat lagi. Anda dapat mengganti nasi dengan buah apel atau jika tetap ingin makan malam jangan langsung tidur setelahnya.

Hindari Snack dengan Kandungan Gula Tinggi

Source: Pexels

Tips diet sehat alami yang terakhir adalah dengan menghindari konsumsi camilan yang mengandung gula tinggi. Anda dapat membaca tabel gizi di kemasan sebelum mengkonsumsinya.

Karena mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi secara berlebih memiliki banyak resiko seperti diabetes, kolesterol tinggi, kecanduan makan manis, obesitas, gigi berlubang dan penyakit lainnya.

Itulah lima tips diet sehat alami yang bisa Anda coba. Jangan lupa untuk menjaga pola makan dan tetap olahraga agar sehat.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer