5 Hal Yang Harus Kalian Ketahui Penyebab Menstruasi Terlambat

Wajib Dibaca Juga!

Menstruasi merupakan hal umum yang terjadi pada semua wanita remaja hingga dewasa. Normalnya periode menstruasi wanita memiliki waktu yang sama pada bulan-bulan selanjutnya.

Hal ini menandakan bahwa kondisi yang normal pada kesehatan dimana periode menstruasi berjalan dengan normal. 

Pada periode yang normal siklus menstruasi berlangsung setiap 28 hari. Namun pada sebagian orang yang mengalami periode menstruasi yang berlangsung lebih lambat atau lebih cepat dari periode pada umumnya.

Secara normal, menstruasi seseorang biasanya terjadi mulai 3-7 hari. Terdapat sejumlah hal yang bisa menyebabkan perubahan periode siklus menstruasi yang dimiliki seseorang.

Menstruasi yang terjadi dalam rentan waktu 21 hingga 35 hari merupakan siklus yang sehat. Karena dengan menstruasi yang maju atau mundur sekitar satu atau dua hari merupakan siklus yang normal.

Akan tetapi, ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab seseorang menjadi mundur atau telat menstruasi yang cukup lama. Terjadinya keterlambatan menstruasi ini dikarenakan hormon yang tidak stabil serta ada beberapa faktor lain.

Hal ini biasanya terjadi dan dialami oleh seseorang yang memasuki masa-masa awal pubertas atau menstruasi. Berikut merupakan penyebab menstruasi terlambat.

1. Berat badan tidak stabil

Shutterstock/Laborant

Penyebab menstruasi terlambat yang pertama ialah naik turunnya berat badan yang tidak stabil yang merupakan salah satu penyebab menstruasi terlambat. Perubahan hormon akan terjadi jika berat badan menurun dengan cepat.

Dari perubahan hormon tersebut yang mengakibatkan menstruasi datang terlambat. Tidak hanya itu dengan kalian memiliki berat badan yang berlebihan juga bisa berpengaruh pada tingkat estrogen dan progesteron. Hal ini yang dapat menyebabkan menstruasi terlambat dan tidak teratur.

2. Stres

Shutterstock/pathdoc

Salah satu penyebab menstruasi terlambat pada umumnya adalah stres. Hal ini biasanya terjadi disaat mengalami pikiran yang sedang kacau atau memiliki permasalahan yang sangat berat hingga akhirnya stres melanda.

Disaat stres akan memicu keterlambatan datangnya menstruasi. Oleh karena itu mengatasi stres secara tepat kalian dapat melakukan meditasi dan olahraga yang dapat menenangkan pikiran.

3. Sindrom ovarium polikistik atau Polycystic ovary syndrome (PCOS)

Shutterstock/Orawan Pattarawimonchai

PCOS adalah kondisi umum yang bisa menjadi penyebab menstruasi terlambat dan terjadi secara tak rutin. Kondisi ini bisa menyebabkan tubuh memproduksi androgen dalam jumlah tinggi. Hal ini juga dapat memunculkan kista kecil pada ovarium.

4. Kontrasepsi

Shutterstock/WindNight

Penggunaan kontrasepsi atau pil KB juga merupakan salah satu penyebab menstruasi terlambat, hal ini terjadi karena perubahan siklus menstruasi. Sebab dalam Pil KB mengandung hormon estrogen dan progesteron yang dapat mengurangi frekuensi menstruasi.

Pada sebagian orang, membutuhkan waktu yang sedikit lama sebelum siklus menstruasi akan berjalan kembali normal pada umumnya.

5. Hamil

Shutterstock/Natalia Deriabina

Yang terakhir dalam penyebab menstruasi terlambat ialah Kehamilan. Semua wanita pasti juga sangat tahu bahwa kehamilan merupakan salah satu masalah yang dapat menyebabkan menstruasi terlambat datang.

Karena saat wanita mengandung, menstruasi tidak akan terjadi hingga wanita tersebut melahirkan.

Sebab saat mengandung terjadi implantasi embrio (sel telur yang sudah dibuahi) di dinding rahim, ovarium menghentikan produksi ovum (sel telur) sampai terjadi kelahiran dan mengaktifkan hormon progesteron untuk memelihara dinding rahim sebagai pendukung untuk perkembangan janin.

Hal itulah yang menyebabkan kenapa saat mengandung tidak bisa menstruasi,

Ulasan diatas merupakan 5 hal yang harus kalian ketahui penyebab menstruasi terlambat, khususnya untuk kalian para wanita-wanita. Jaga kesehatan kalian, entah itu kesehatan fisik, psikis, atau lainnya untuk meminimalisir terjadinya menstruasi yang datang terlambat tidak sesuai dengan periode normal pada umumnya.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer