5 Tips Jitu Meningkatkan Energi di Pagi Hari

Wajib Dibaca Juga!

Banyak cara yang dapat kita lakukan pada pagi hari agar bersemangat, seperti memilih untuk minum teh atau kopi yang dipercayai dapat meningkatkan energi di pagi hari. Ya betul, kandungan kafein yang terdapat pada teh dan kopi berguna untuk meningkatkan focus dan stamina tubuh. Namun, bagaimana dengan kamu yang tidak terbiasa untuk meminum keduanya di pagi hari? Nah, kali ini kita akan membahas hal apa saja yang bisa kamu lakukan supaya tetap berenergi di pagi hari.

Berikut tips meningkatkan energi di pagi hari:

1. Bangun 15 menit lebih awal

Yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan energi di pagi hari yang pertama adalah bangun 15 menit lebih awal dari waktu aktivitas kamu di pagi hari. Hal ini agar membuat kamu tidak terburu-buru dan tidak membuat energimu terkuras karena harus melakukan semua persiapan pagi hari dengan cepat. Jam tidur lebih awal juga akan mendukung aktivitas kamu untuk dapat bangun 15 menit lebih awal dan akan membuatmu punya waktu lebih untuk mempersiapkan semua kebutuhan di pagi hari tanpa tergesa-gesa.

2. Minum Segelas air putih

Tidur semalaman juga akan tetap menguras cairan tubuhmu. Oleh karena itu, biasakanlah untuk segera minum segelas air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, dan salah satu cara untuk meningkatkan energi di waktu pagi hari.

3. Hibur diri sejenak

Menghibur diri sejenak juga menjadi langkah yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan energi di pagi hari serta membuatmu lebih relaks dan lebih siap untuk beraktivitas. Menghibur diri sejenak ini bisa kamu lakukan dengan mendengarkan lagu favorit, mengobrol santai dengan anggota keluarga ataupun sekedar menikmati waktu santai di pagi hari.

4. Olahraga ringan

Olahraga ringan pada pagi hari biasanya menjadi hal yang terlupakan, karena harus segera berangkat kerja/sekolah atau melakukan aktivitas lainnya di pagi hari. Namun, dengan kita melakukan olahraga seperti jalan santai di pagi hari, kita akan melepaskan hormone adrenalin dan kortisol serta memproduksi hormon endorphin yang dapat meningkatkan energi di pagi hari.

Tidak hanya itu, rutin berolahraga ringan di pagi hari juga bisa membuatmu lebih mudah dan lebih nyenyak tidur di malam hari. Dengan begitu, kamu bisa bangun dengan perasaan lebih segar dan berenergi.

5. Sarapan

Sarapan pagi sering menjadi hal yang terlewatkan, padahal dengan kita melakukan sarapan di pagi hari memberikan kita dua manfaat sekaligus, yaitu dapat memberikan energi untuk beraktivitas dan mengurangi stress. Sehingga otak menjadi segar dan membentuk mood bagus untuk aktivitas kamu di pagi dan sepanjang hari itu. Namun, hal ini akan diperoleh jika kita mengonsumsi jenis makanan yang sehat, misalnya nasi, roti, gandum, sayur-sayuran, buah-buahan, dan susu, ya!. Selain itu, membatasi konsumsi alkohol, tidak merokok, menjaga kebersihan diri dan pola hidup sehat lainnya juga menjadi hal pendukung untuk meningkatkan energi di pagi hari.

Diusahakan untuk tidak membuka media sosial apapun, karena bisa jadi salah satu yang menghalangi kamu untuk produktiv dan berenergi di pagi hari. Pasalnya media sosial juga dapat mempengaruhi mood pengguna media sosial, lho!.

Nah, semoga setelah melakukan kelima cara di atas, kamu bisa merasa lebih berenergi di pagi hari dan lebih semangat untuk memulai berbagai aktivitas. Semoga bermanfaat!.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer