7 Alasan Pentingnya Penggunaan Sunscreen, Kamu Harus Tahu!

Wajib Dibaca Juga!

Berbagai produk kecantikan, kini bukan hanya membuat wajah para penggunanya terlihat cantik dan menarik. Melainkan, berfungsi menjaga kulit dari kerusakan dini ataupun waktu jangka panjang. Salah satunya adalah adanya kandungan SPF atau sunscreen. Hal ini dipengaruhi karena adanya kebutuhan dalam mengatasi kulit wajah yang hiperpigmentasi, skin barrier kulit yang tipis yang dapat mengganggu kepercayaan diri. Untungnya, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan sunscreen secara rutin! 

Lantas, apa saja sih pentingnya penggunaan sunscreen untuk kulit wajah?

1. Menjaga Kulit Agar Tidak Terbakar 

Pentingnya penggunaan sunscreen yang terkenal adalah dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV dari matahari. Sinar UV terdiri dari 3 jenis yaitu UVA yang dapat berdampak jangka Panjang seperti penuaan dini, dan UVB yang dapat berefek pada kulit yang menggelap, kemerahan dan kusam. 

Kemampuan sunscreen yang dapat melindungi kuliar dari sinar UV inilah, mengharuskan kamu untuk menggunakan sunscreen setiap hari. Minimal kamu memilih SPF 30, ya!

2. Memperkuat Skin Barrier 

Paparan sinar UV yang terus menerus dapat merusak skin barrier kita, lho. Sedangkan, skin barrier merupakan lapisan penting pada kulit, termasuk kulit wajah yang dapat melindungi kulit dari berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit sensitif, kemerahan, bruntusan, dan masih banyak lagi.

Oleh karen itu, untuk menghindari rusaknya skin barrier, kamu bisa menggunakan sunscreen setiap hari demi melindungi kulit dari UVB. Selain itu, kamu juga dapat menjaga skin barrier kulit kamu tetap kuat dan sehat.

3. Mencegah Munculnya Bintik Hitam 

Bintik hitam atau flek hitam merupakan proses penuaan dengan ditandai bintik berwarna abu-abu kehitaman. Kondisi ini merupakan tanda kerusakan kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar UV.

Lalu, mengapa bintik hitam bisa terjadi? Ketika kulit terpapar oleh sinar UV, melanosit, komponen penting yang memberikan warna pada kulit, akan bereaksi melepaskan melanin yang bertindak sebagai tabir surya alami yang dimiliki oleh tubuh. Melanin ini berperan dalam menyerap energi dari sinar UV dan mendistribusikannya kembali. Namun, paparan sinar UV justru dapat memicu produksi melanin terlalu banyak, yang kemudian menyebabkan munculnya bercak abu kehitaman pada kulit yang kemudian disebut sebagai bintik hitam atau sunspot. 

Pemilihan sunscreen dengan perlindungan broad spectrum dapat melindungi kulit secara optimal. Pastikan juga reapply setiap dua jam sekali, ya.

4. Menjaga Kulit Tetap Kenyal dan Sehat

Kolagen memiliki peran besar dalam menjaga kulit tetap kenyal, halus dan sehat. Namun, paparan sinar UVA yang mampu menembus hingga ke lapisan kulit terdalam dapat menyebabkan kolagen yang diproduksi di dalam tumbuh dapat menghilangkan kekenyalannya, hingga muncul kerutan halus. Oleh karena itu pentingnya penggunaan sunscreen.

5. Mencegah Munculnya Komedo 

Efek sinar UV juga dapat memicu produksi minyak berlebih pada wajah sehingga dapat memicu tumbuhnya jerawat, dan juga komedo di area hidung. Nah, pentingnya penggunaan sunscreen setiap hari, membuat kulit menjadi terhindar dari risiko berjerawat dan tumbuhnya komedo akibat sinar UV.

6. Membuat Warna Kulit Tetap Merata 

kulit yang sering terpapar oleh sinar UV dalam jangka waktu yang cukup lama, membuat kandungan dalam tubuh seperti melanin, pigmen pemberi warna pada kulit akan berproduksi lebih banyak sehingga membuat kulit tampak kusam dan tidak merata. Untuk itu, pentingnya penggunaan sunscreen setiap hari guna mencegah warna kulit yang tidak merata.

7. Mencegah Kanker Kulit

Paparan sinar UV terlalu sering juga dapat menyebabkan penyakit kanker kulit. Sinar UVA yang dipancarkan oleh matahari saja mampu menembus hingga ke dalam lapisan kulit dan merusak jaringan kolagerm serta DNA kulit dalam jangka waktu Panjang. Perubahan genetic inilah yang dapat menyebabkan terjadinya kanker kulit. Lagi-lagi, pentingnya penggunaan sunscreen dalam segala aktivitas yang kamu lakukan.

Penggunaan sunscreen menjadi hal yang penting bagi kulit wajah agar tetap kenyal dan sehat. Jangan lupa untuk reapply sunscreenya dua jam sekali, ya!.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer