7 Bahan Olahan Makanan Yang Dapat Menjaga Kesehatan Mata Kamu

Wajib Dibaca Juga!

Mata memiliki peranan penting bagi kita, bagaimana tidak? Mata merupakan satu-satunya sebagai alat indera penglihatan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata adalah suatu kewajiban melalui asupan vitamin A, C, dan E yang cukup dengan mengkonsumsi suplemen atau makanan yang bergizi.

Nah, berikut beberapa bahan makanan untuk kesehatan mata dari berbagai sumber:

1. Wortel

Shutterstock/nblx

Wortel memiliki kandungan beta-karoten yang tinggi sehingga baik untuk mata dan terkenal sebagai bahan makanan untuk Kesehatan mata.

Tubuh kita mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, yang tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga meningkatkan kesehatan mata, fungsi penglihatan dan kesehatan kulit.

Dengan makan satu buah wortel berukuran sedang, kita sudah memberikan tubuh sekitar 5.000 IU vitamin A, yang pada gilirannya akan membantu menjaga mata agar tetap sehat.

2. Ikan

Shutterstock/Foxys Forest Manufacture

Ikan yang merupakan sumber makanan dari laut ini memiliki terkenal sebagai sumber  asam lemak omega-3 yang baik. Disamping membantu menurunkan kolestrol.

Omega-3 juga bisa meningkatkan fungsi penglihatan dan mencegah AMD (degenerasi makula akibat usia). Adapun Ikan-ikan yang memiliki omega 3 dalam kadar yang tinggi misalnya seperti tuna, salmon, trout, makarel, sarden, ikan teri serta ikan lainnya.

3. Kacang-kacangan

Shutterstock/Igor Normann

Kacang-kacangan juga dikatakan sebagai bahan makanan nabati yang kaya akan asam lemak omega 3 serta kadar vitamin E yang tinggi yang terbukti dapat menjaga kesehatan mata dari kerusakan yang diakibatkan oleh penuaan. Oleh karena itu kacang-kacangan menjadi bahan makanan untuk Kesehatan mata.

Kacang-kacangan juga cukup mudah dan murah untuk didapatkan dan dikonsumsi setiap hari. Beberapa jenis kacang-kacangan yang mudah didapatkan dan kaya akan vitamin misalnya kacang mede, kacang tanah, walnut dan kacang-kacangan lainnya.

Karena mengandung seng dan bioflavonoid yang tugasnya adalah melindungi retina dan mencegah degenerasi makula.

4. Biji-bijian

Shutterstock/yesyesterday

Sama seperti kacang-kacangan, biji-bijian juga menjadi sumber bahan nabati yang kaya akan vitamin. Beberapa jenis biji-bijian bahkan dianggap sebagai superfood atau makanan berkualitas baik untuk kesehatan.

Biji-bijian juga banyak yang diperkaya dengan padatnya kandungan asam lemak omega 3. Biji-bijian yang paling direkomendasikan misalnya chia seeds dan flax seed bahkan biji bunga matahari (kwaci) ternyata juga mengandung seng dan vitamin E yang baik untuk mata.

5. Sayuran Hijau

Shutterstock/KucherAV

Sayuran berdaun hijau tua sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Di dalamnya terkandung zeaxanthin dan lutein yang berfungsi untuk meningkatkan penglihatan mata.

Sayuran ini juga mengandung antioksidan yang melindungi mata dan sinar UV yang berbahaya. Sehingga menjadi makanan untuk kesehatan mata yang cocok untuk hidangan sehari-hari.

6. Daging

Shutterstock/nadianb

Bukan hanya kandungan protein dan lemak, daging sapi juga punya kandungan zinc yang baik. Termasuk daging sapi tanpa lemak bermanfaat meningkatkan asupan zinc, yang pada gilirannya meningkatkan penyerapan vitamin A dan membuat mata selalu sehat.

Zinc merupakan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata dalam jangka panjang. Zinc diakui para ahli dapat menghambat ketajaman mata akibat faktor penuaan serta degenerasi otot.

Mata sendiri memiliki kandungan zinc yang tinggi, terutama pada retina serta saraf halus yang berada di sekitar retina mata.

7. Ubi

Shutterstock/KarepaStock

Selama ini ubi dikenal dengan bahan makanan kaya karbohidrat yang sehat dan seringkali digunakan untuk pengganti nasi atau kentang bagi para pelaku diet. Ternyata tidak hanya kandungan karbohidratnya yang tinggi, ubi juga punya vitamin yang baik untuk mata lho.

Ubi diperkaya akan vitamin E yang merupakan antioksidan sangat baik untuk kesehatan mata maupun menangkal radikal bebas. Ubi sendiri dapat dengan mudah dan murah didapatkan serta diolah dalam berbagai menu harian, lho.

Itulah beberapa bahan makanan yang direkomendasikan sebagai makanan untuk Kesehatan mata. Mana yang jadi favorit kamu?

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer