Alami 7 Gejala Ini? Waspada Ginjal Bermasalah!

Wajib Dibaca Juga!

Ginjal adalah organ penting yang berguna untuk menyaring air dan kotoran berlebih dari dalam darah dan dibuang melalui urine. Tak hanya itu, organ ini juga berguna untuk membantu mengontrol tekanan darah.

Jadi sangat berbahaya bukan? Jika ginjal kita tidak bekerja seperti yang seharusnya. Ketika ginjal rusak, ia tidak bisa membantu menyaring darah secara optimal. Oleh sebab itu, akan terjadi penumpukan racun di dalam tubuh yang tentunya akan berbahaya bagi kesehatan dan mempengaruhi rutinitas harian.

Kebanyakan orang terkadang mengabaikan gejala sakit ginjal karena tidak terlalu spesifik. Walau faktanya, ginjal merupakan organ tubuh yang penting. Lantas, apa saja gejala penyakit ginjal yang perlu diwaspadai? Yuk simak artikelnya sampai habis!

1. Warna urine berubah

Gejala penyakit ginjal yang pertama adalah berubahnya warna urine. Umumnya ginjal bermasalah menyebabkan perubahan warna kulit menjadi keruh dari biasanya. Selain itu, biasanya kebiasaan buang air kecil akan berubah. Ini bisa jadi lebih sering atau lebih jarang.

Buang air kecil dengan perubahan tekanan aliran kencing saat buang air kecil, kencing berbusa akibat adanya protein dalam urine (proteinuria), bercak darah yang keluar dengan urine (hematuria), dan nyeri saat buang air kecil bisa langsung periksakan diri ke dokter.

2. Sakit pinggang belakang

Selain perubahan warna urine dan masalah kencing, gejala penyakit ginjal juga termasuk sakit punggung. Hal ini terjadi karena ginjal terletak di belakang perut, di punggung bawah, persis di sebelah tulang belakang.

Gejala penyakit ginjal disebabkan oleh batu ginjal yang membengkak dan bersarang di ureter, memberi tekanan pada punggung. Selain itu, rasa sakit ini juga bisa disebabkan oleh infeksi saluran kemih.

3. Mudah lelah

Pada orang sehat, ginjal memproduksi EPO (erythropoietin), yang meningkatkan jumlah sel darah merah dalam darah. Sel darah merah ini membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh.

Jika ginjal tidak mendapatkan cukup EPO, kadar oksigen tubuh juga akan turun, membuat tubuh seseorang lebih lemah. Oleh karena itu, kelelahan ringan merupakan gejala umum penyakit ginjal, tetapi sering diremehkan.

Selain itu, jika tidak diobati, penyakit ginjal dapat menyebabkan komplikasi seperti anemia, yang membuat tubuh lemas dan mudah lelah.

4. Lengan dan kaki membengkak

Ginjal adalah organ yang bertanggung jawab untuk menyaring cairan dalam tubuh. Beberapa bagian tubuh, seperti lengan dan kaki, dapat membengkak jika tidak disaring dengan benar. Hal ini karena protein yang melewati filtrasi ginjal dan terbuang sebagai urine menyebabkan penumpukan cairan yang menyebabkan edema.

Pembengkakan lengan dan kaki karena itu bisa menjadi gejala penyakit ginjal. Selain kedua bagian tubuh tersebut, pengidap kerusakan ginjal juga mengalami mata bengkak.

5. Kulit kering dan gatal

Kulit gatal dan kemerahan juga merupakan salah satu gejala penyakit ginjal yang paling umum. Ketika fungsi ginjal terganggu, organ ini tidak dapat menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah, dan kulit bisa menjadi kering dan gatal. Kulit kering dan gatal dapat diobati dengan krim dan salep, tetapi perawatan ini tidak akan mengobati ginjal yang rusak.

6. Sering merasa mual hingga muntah

Limbah dan racun yang menumpuk di dalam darah (uremia) juga dapat menyebabkan mual dan muntah. Hal ini disebabkan oleh terganggunya pusat refleks muntah di otak dan sistem pencernaan sehingga menyebabkan kedua ketidaknyamanan tersebut.

Mual dan muntah hingga kehilangan nafsu makan adalah gejala lain yang sulit dikenali orang lain sebagai penyakit ginjal. Padahal, kedua gejala ini bisa menyebabkan penurunan berat badan yang cepat dan memperburuk kondisi fisik.

Jadi itulah beberapa gejala penyakit ginjal yang harus kalian ketahui. Tetap jaga kesehatan dan banyak minum air putih untuk menjaga kesehatan ginjal kalian.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer