Beragam Manfaat Mengkonsumi Bawang Putih Mentah Bagi Kesehatan

Wajib Dibaca Juga!

Bawang putih dikenal dengan kaya akan manfaat bagi kehidupan manusia, salah satunya adalah kandungan senyawa allisin yang ada pada bawang putih dapat menangkal gangguan penyakit mulai dari flu, batuk, hingga penyakit serius seperti kolesterol, kanker dan sebagainya. Itulah sebabnya, bawang putih dipercaya dapat mencegah beberapa penyakit dengan cara mengkonsumsinya secara rutin.

Begitu banyaknya manfaat bawang putih, 1 – 10 siung bawang putih saja terdiri dari beberapa kandungan nutrisi seperti, 4,5 kalori; 1 gram karbohidrat; 0,2 gram protein; 0,1 gram serat; 0,01 gram lemak; 0,03 gram gula alami; 5 milligram kalsium; 1 milligram magnesium; 11 miligram kalium; 3% Mangan untuk kebutuhan harian tubuh; 1% Selenium kebutuhan harian tubuh; Vitamin C sebanyak 0,9 miligram atau setara dengan 2% kebutuhan harian tubuh; Zat besi 0,05 miligram  atau setara dengan 3% kebutuhan harian tubuh, tembaga, vitamin B1, dan fosfor.

Cukup dengan mengunyah bawang putih, maka zat-zat sulfur yang keluar dari bau bawang putih akan bereaksi membentuk kandungan allisin yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut ini rincian manfaat makan bawang putih mentah :

1. Menangkal Pilek, Batuk, Dan Radang

Berdasarkan beberapa penelitian, manfaat makan bawang putih di pagi hari ternyata dapat menjadi obat alami untuk memperkuat kekebalan tubuh. Kandungan allisin dalam bawang putih efektif membunuh bakteri penyebab penyakit, seperti pilek, radang tenggorokan, dan batuk. Kandungan diallyl sulfide-nya juga dapat membantu melawan bakteri dalam tubuh.

2.  Mengobati Jerawat Membandel

Masalah jerawat membuat penampilan seseorang menjadi terganggu. Itulah sebabnya banyak orang yang bersusah payah menggunakan cara untuk menghilangkannya. Salah satunya adalah dengan makan bawang putih, kandungan allisin yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat, alergi dan penyakit kulit lainnya.

3. Mengatasi Rambut Rontok

Selain bawang merah yang dapat mengatasi rambut rontok, bawang putih juga memiliki peran dalam mengatasi rambut rontok. Hal ini karena bawang putih mengandung zat sulfur dengan keratin yang tinggi, sehingga dapat membantu memperkuat dan mendorong pertumbuhan rambut di kulit kepala. Kamu bisa makan bawang putih mentah untuk mengatasinya.

4. Menurunkan Kolesterol

Manfaat makan bawang putih mentah sebelum tidur juga dapat membantu mencegah kadar kolesterol yang tinggi dalam darah. Hal ini pernah dilakukan penelitian dengan makan bawang putih 10 gram atau 1 sampai 2 siung setiap hari berturut-turut selama sebulan dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan. Penemuan lainnya yaitu manfaat makan bawang putih mentah bisa meningkatkan jumlah kolesterol HDL atau kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol total dalam darah.

5. Mengendalikan Tekanan Darah

Selain berkaitan dengan kolesterol, makan bawang putih dapat mengendalikan tekanan darah yang biasanya menjadi pemicu penyakit darah tinggi. Manfaat makan bawang putih mentah ini pernah dikemukakan pada jurnal penelitian bahwa efek bawang putih dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolic yang setara dengan obat hipertensi atenolol.

6. Menawarkan Efek Antiradang

Kandungan allisin dapat memberikan manfaat makan bawang putih juga efektif meredakan antiradang. Hal ini tidak boleh memakan bawang putih mentah secara berlebihan, efek nantinya akan memperparah peradangan jika terus dikonsumsi.

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Menurunnya hormone estrogen pada Wanita dapat meningkatkan potensi adanya pengeroposan tulang. Manfaat makan bawang putih secara mentah ini cocok untuk penderita osteoporosis yang mampu memberikan efek yang baik bagi tulang. Hal ini juga telah dibuktikan melalui penelitian pada hewan.

Nah, itulah penjelasan tentang manfaat makan bawang putih mentah. Walaupun dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi bawang putih mentah setiap hari, takaran dalam mengkonsumsinya juga perlu menjadi hal yang diperhatikan. Cukup memakan 1 – 2 siung bawang putih per hari. Jika berlebih, akibatnya akan mulut terasa panas, diare, mual, bau mulut dan bau badan. Waktu makan bawang putih mentah ini juga cocok pada waktu perut kosong guna membunuh bakteri dalam perut. Serta tidak dianjutkan, bagi yang memiliki penyakit GERD, ya.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer