Jangan Lakukan Kesalahan Ini saat Ngemil Supaya Dietmu Tidak Sia-sia

Wajib Dibaca Juga!

Dalam menjalankan program diet, satu hal yang biasanya ditakuti adalah makan camilan atau ngemil. Padahal, ngemil sangat diperbolehkan asalkan dalam jumlah tertentu dan tidak berlebihan. Tenang saja karena ngemil tidak akan menggagalkan program dietmu begitu saja.

Tapi walaupun begitu kamu juga harus memperhatikan bagaimana kamu ngemil saat diet. Kamu harus memilih camilan yang sehat sehingga program dietmu tidak berantakan. Nah, bagaimana caranya? Hindari kesalahan-kesalahan di bawah ini ya:

1 Ngemil terlalu banyak

Source: Pexels

Ngemil tidak akan menjadi masalah jika kamu sadar dan berada pada batasan. Meskipun kamu sudah memilih untuk ngemil sehat seperti makan buah-buahan dan makanan lainnya yang rendah lemak, kamu tetap tidak boleh ngemil kebanyakan.

Nah, untuk menanganinya adalah dengan membuat jadwal tertentu untuk kamu ngemil saat diet. Tidak hanya itu ya, kamu juga harus mengatur porsi ngemil supaya tidak melebihi batas kalori yang sudah ditentukan.

2 Ngemil sehat tapi tidak sehat

Source: Pexels

Bagaimana maksudnya? Jaman sekarang, telah banyak muncul berbagai camilan yang mengklaim sehat dan aman untuk diet. Padahal hal itu tidak sepenuhnya benar. Kalau kamu nurut-nurut saja dan termakan oleh iklan kamu akan kalap dengan ngemil saat diet sepuasnya karena klaim yang katanya sehat itu.

Untuk menyiasati hal tersebut, sebelum membeli camilan pastikan kembali di kemasan. Perhatikan kembali bagaimana kandungan camilan tersebut melalui tabel informasi gizi yang tersedia dalam kemasan. Pastikan kadar lemak totalnya benar-benar rendah ya.

3 Mengabaikan asupan vitamin

Source: Pexels

Tahukah kamu bahwa mencukupi asupan vitamin bagi tubuh apalagi saat diet sangat penting? Tapi hal ini justru yang sering dilupakan oleh orang-orang yang melakukan program diet. Banyak orang mengira sudah merasa cukup dengan ngemil saat diet padahal dengan asupan vitamin jauh lebih dapat mengendalikan berat badan tubuh.

Hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan makan makanan dengan asupan vitamin tinggi untuk mengganti camilan. Makan brokoli atau wortel yang telah dipotong-potong daripada memakan camilan seperti roti dan kentang goreng.

4 Ngemil ketika tidak lapar

Source: Pexels

Beberapa orang memiliki kebiasaan ngemil saat diet padahal sedang tidak lapar. Hal ini justru akan merusak program diet kamu karena mengakibatkan makan yang tidak terkontrol dan tidak disadari.

Baiknya, kamu mengurangi porsi makan dengan mengatur jadwal sehingga kamu bisa memiliki lebih banyak porsi untuk ngemil. Justru dengan sering makan dengan porsi sedikit akan lebih membantu untuk menurunkan berat badan.

5 Memilih camilan dalam kemasan

Source: Pexels

Kamu yang sedang ngemil saat diet juga harus memperhatikan bahwa camilan dalam kemasan, seperti keripik, jus buah kemasan, dan cokelat, dll, sudah melalui proses panjang yang mengandung kalori lebih tinggi. Justru dengan makan camilan seperti ini akan menambah berat badan kamu.

Untuk menyiasati hal ini adalah dengan memilih camilan alami, misalnya adalah dengan membuat jus buah sendiri di rumah atau memotong buah segar dan langsung dimakan.

Nah, itu dia lima hal kesalahan ngemil saat diet yang hendaknya kamu hindari ya. Memilih camilan sehat alami dengan cara membuat sendiri di rumah adalah pilihan paling aman.

Kamu bisa memilih buah-buahan segar dan sayuran untuk tetap menjaga pola hidup sehat saat menjalankan program diet. Semangat menjalankan program dietmu dan semoga berhasil ya!

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer