Kalian Mudah Ngantuk? Ini 6 Cara Efektif Menghilangkan Ngantuk

Wajib Dibaca Juga!

Mengantuk saat sedang melakukan aktivitas entah bekerja, sekolah atau apapun itu bukan hal baru dan setiap orang pernah merasakannya. Ada banyak alasan kenapa orang kerap tak bisa menahan ngantuk saat sedang beraktivitas. Salah satunya menjadi dugaan kuat tentu saja karena kurang istirahat di malam hari, stres, dan dehidrasi.

Jika sedang ada hal yang harus dikerjakan, tentu akan membuat sebagian orang kesal dan bisa jadi kendala bahkan bisa membuat orang jadi malas untuk melanjutkan apa yang sedang dikerjakan.

Melawan rasa ngantuk sangat erat kaitannya dengan minuman kopi yang dipercaya jadi solusi paling cepat bagi banyak orang untuk menghilangkan rasa ngantuk. Namun, kopi tidak baik bagi kesehatan jika terlalu sering dikonsumsi dalam jumlah banyak. Bahaya ini berkaitan dengan kandungan kafein yang ada dalam kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung secara signifikan.

Nah, untuk mengatasi rasa ngantuk kalian tanpa harus mengonsumsi kopi. Selain lebih aman, cara ini juga terbilang lebih efektif. Berikut beberapa tips menghilangkan ngantuk dengan efektif.

1. Minum Air Putih

Kelelahan merupakan salah satu tanda dehidrasi. Fungsi sel-sel tubuh akan terganggu ketika asupan cairan di dalam tubuh kalian tidak tercukupi. Tips menghilangkan ngantuk adalah kalian harus mencukupi konsumsi air putih setiap harinya. Meskipun kebutuhan setiap orang berbeda-beda namun secara garis besar orang dewasa harus konsumsi air putih yang disarankan sekitar 8 gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter.

2. Konsumsi Camilan Sehat

Ketika kadar gula darah menurun (hipoglikemia), kalian bisa merasakan gejala lemas, lelah, mengantuk, hingga sakit kepala. Untuk itu, kalian bisa mengakalinya dengan istirahat sejenak sambil mengkonsumsi camilan ringan dan sehat. Tips menghilangkan ngantuk ini bisa kalian dapatkan dari camilan yang mengandung serat, seperti buah, sayur, dan snar bar.

3. Rutin Olahraga

Tips menghilangkan ngantuk selanjutnya adalah rutinitas sehat yang tidak boleh ditinggalkan dalam upaya mencegah timbulnya ngantuk di pagi hari. Ketika tubuh kalian rajin melakukan olahraga, pemakaian oksigen dalam tubuh menjadi lebih efektif dan optimal. Untuk itu, fisik akan lebih bugar dalam menghadapi berbagai aktivitas.

Maka dari itu, kalian harus rutin berolahraga kira-kira 3-5 kali dalam satu minggu, selama minimal 30 menit sangat penting sebagai cara menghilangkan rasa ngantuk. Kalian bisa memilih olahraga aerobik seperti bersepeda, lari, dan renang.

4. Sarapan yang Tepat

Mengkonsumsi sarapan yang tepat juga merupakan tips menghilangkan ngantuk yang perlu kalian lakukan. Pilihlah sarapan dari jenis makanan mengandung karbohidrat kompleks, misalnya nasi merah, roti gandum, buah-buahan dan sayur. Penyerapan zat gizinya yang berlangsung perlahan-lahan akan menjadi energi dalam tubuh kalian.

5. Rutin Berjemur di Pagi Hari

Selain untuk membantu tubuh memproduksi vitamin D, paparan sinar matahari dikatakan memiliki peran dalam siklus bangun dan tidur manusia. Sebuah studi pada tahun 2013 menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat dikaitkan dengan masalah tidur, terutama rasa ngantuk di siang hari. Maka kalian harus mencoba tips menghilangkan ngantuk ini untuk meningkatkan produksi vitamin D pada tubuh.

6. Tidur yang Cukup

Tips menghilangkan ngantuk yang paling efektif adalah tidur yang cukup pada waktunya. Jika kalian punya jam tidur yang cukup yakni sekitar delapan jam sehari dan teratur, otomatis kalian tidak akan merasakan ngantuk pada siang hari saat beraktivitas. Hal ini logis, karena tubuh sudah memperoleh istirahat yang cukup pada malam sebelumnya. 

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer