Kenali 5 Tips Menaikkan Berat Badan Untuk Badan Kurus

Wajib Dibaca Juga!

Sebagian banyak orang beranggapan bahwa untuk menambah berat badan lebih mudah daripada menurunkannya. Namun, bagi orang yang mengalami berat badan kurang (underweight) itu adalah hal yang susah.

Karena cara menambah berat badan yang baik bukan hanya tentang makan yang lebih banyak dari biasanya. Oleh karena itu menambah berat badan menjadi tantangan sendiri bagi mereka yang mengalami berat badan kurang.

Kurus atau berat badan kurang dapat diartikan sebagai indeks massa tubuh (IMT) yang berada di bawah angka 18,5. Ada banyak penyebab underweight pada orang dewasa, dari faktor genetik hingga penyakit tertentu yang berdampak pada asupan makanan.

Seperti halnya obesitas bahwa berat badan yang kurang juga akan membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Ada beberapa tips menaikkan berat badan jika penurunan berat badan anda tersebut tidak disebabkan oleh penyakit tertentu.

Seperti pola makan dan kebiasan sehari-hari biasanya juga dapat membantu menambah berat badan.

Berikut beberapa tips menaikkan berat badan yang dapat Anda lakukan.

1. Makan lebih sering

Shutterstock/shotsoflouis

Hal utama yang harus diperhatikan dalam tips menaikkan berat badan adalah menambah asupan makanan. Akan tetapi bagi mereka yang mengalami underweight biasanya lebih mudah merasa kenyang, hal itu yang membuat mereka untuk enggan menambah asupan makan.

Untuk mengatasi hal tersebut tips menaikkan berat badan yaitu Anda hanya perlu mengubah pola makan. Saat Anda makan tiga kali sehari dalam porsi besar, Anda bisa mengubahnya dengan makan sehari 5-6 kali dalam porsi biasa.

Dengan begitu akan membuat Anda dapat menambah asupan kalori tanpa perlu merasa kekenyangan.

2. Memilih jenis makanan yang bergizi.

Shutterstock/Marina Litvinova

Terkadang orang terlalu sering mengkonsumsi makanan instan dan junk food yang bagi mereka merupakan tips menaikkan berat badan dengan cepat, akan tetapi ini merupakan cara yang kurang tepat.

Pasalnya, kandungan lemak trans dan gula di dalamnya dapat meningkatkan kolesterol jahat serta menyebabkan obesitas. 

Sebagai gantinya dalam tips menambah berat badan anda bisa memilih makanan bergizi yang mengandung karbohidrat kompleks, protein serta lemak menyehatkan. Makanan tersebut seperti mengkonsumsi roti gandum utuh dengan isian sayur, daging rendah lemak, buah-buahan dan kacang-kacangan.

3. Pilih makanan padat kalori

Shutterstock/Oleksandra Naumenko

Dalam tips menaikkan berat badan selanjutnya Anda dapat mengkonsumsi makanan pada kalori yang banyak mengandung lemak dan protein. Hal ini merupakan salah satu cara untuk menambah asupan kalori yang dibutuhkan sebanyak 200-500 kkal perhari.

Akan tetapi Anda juga harus memperhatikan makanan padat kalori yang menyehatkan. Makanan yang dapat menaikkan berat badan ialah:

  • Susu full-fat, yoghurt full-fat, keju, dan produk-produk susu lainnya
  • Kacang-kacangan (berikut selainya) seperti kacang tanah, kacang mete, dan kacang almond
  • Kentang, nasi merah, pasta gandum utuh, dan roti gandum utuh
  • Daging merah, ayam dengan kulitnya, ikan berlemak seperti salmon, dan telur

4. Menambahkan kalori dengan smoothie

Shutterstock/Luna Vandoorne

Saat melakukan tips menaikkan berat badan, Anda harus menghindari mengkonsumsi kopi, soda atau minuman lain yang memiliki tinggi gula dan kalori. Karena minuman-minuman tersebut biasanya tidak banyak memiliki kandungan zat gizi, walaupun minuman itu dapat menyumbangkan kalori ekstra.

Anda dapat mencoba membuat minuman sehat seperti smoothie atau milkshake dengan buah-buahan kesukaan Anda dan susu. Setelah itu, tambahkan potongan kacang almond atau biji rami untuk menambahkan kandungan kalori dan proteinnya.

5. Minum pada waktu yang tepat

Shutterstock/Krakenimages.com

Pada sebagian banyak orang, dengan meminum air sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan serta membuat mereka cepat kenyang, karena terisi dengan air. 

Hal ini cukup baik dan berguna jika dilakukan oleh orang yang sedang diet atau melakukan penurunan berat badan. Tetapi tidak akan berguna jika dilakukan oleh orang yang ingin menaikkan berat badan. 

Bagi Anda yang ingin menaikkan berat badan, tips menaikkan berat badan yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengganti air putih saat Anda makan dengan minuman tinggi kalori seperti jus buah. Dan Anda harus meminumnya setelah 39 menit setelah makan, bukan pada waktu makan atau sebelum makan.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer