Kenali Manfaat Kandungan Kurkumin atasi Masalah Kulit Wajah

Wajib Dibaca Juga!

Kunyit adalah rempah-rempah penting dalam banyak masakan Asia Selatan yang telah digunakan selama berabad-abad. Tidak hanya digunakan sebagai penyedap makanan atau bahan dasar pada minuman, kunyit dapat juga digunakan sebagai bahan masker wajah. Kunyit yang merupakan bahan alami memiliki banyak khasiat sehingga dibeberapa negara seperti pada negara Thailand yang telah banyak memproduksi produk kecantikan berbahan dasar kunyit. Kandungan kurkumin yang ada pada kunyit dapat bersifat antioksidan dan antiradang yang dipercaya dapat menangani masalah pada kulit wajah, seperti dapat mencerahkan kulit hingga mengatasi permasalahan jerawat. Tidak hanya mudah ditemukan, salah satu tanaman herbal ini dapat diaplikasikan dengan mudah.

Berikut, ragam manfaat kunyit untuk kulit wajah, di antaranya :

1. Mencerahkan kulit

Manfaat kunyit untuk kulit wajah yang pertama adalah dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah jika dilakukan secara rutin. Hal ini karena kandungan antioksidan dalam kunyit yang mampu melawan radikal bebas sebagai salah satu penyebab kulit kusam.  

2. Menyamarkan bekas jerawat

Manfaat kunyit untuk kulit wajah lainnya dengan pengaplikasian kunyit sebagai masker wajah juga diyakini dapat menyamarkan bekas luka jerawat. Bahkan, manfaat lain pada kandungan kunyit yang memiliki sifat antioksidan juga dipercaya mampu menurunkan risiko kanker kulit.

3. Mengurangi kerutan di wajah

Selain masalah kulit kusam dan jerawat, manfaat kunyit untuk kulit wajah lainnya mengatasi munculnya kerutan di wajah dengan menjaga tekstur kulit secara keseluruhan, termasuk mengurangi munculnya garis-garis halus. Bahkan dapat menjaga elastisitas kulit sehingga kulit tetap kencang berkat produksi kolagen dari hasil konsumsi kunyit secara rutin.

4. Mengatasi hiperpigmentasi kulit

Pengaplikasian masker kunyit diklaim mampu mengatasi munculnya noda gelap di wajah akibat hiperpigmentasi yang dihasilkan dari paparan sinar matahari berlebih. Kandungan kurkumin dalam kunyit mampu mengurangi efek buruk dari sinar matahari melalui sifat antiradang dan antioksidan. Manfaat kunyit untuk kulit wajah ini juga dianjurkan untuk pemakaian sunscreen juga ya, supaya perlindungan terhadap sinar matahari lebih optimal.

Cara Membuat Masker Kunyit

Menggunakan masker kunyit secara teratur merupakan salah satu cara untuk memperoleh manfaat kunyit untuk kulit wajah secara optimal. Kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah.

  1. Siapkan 1 sendok teh kunyit yang telah dihaluskan dan 1 sendok makan gel lidah buaya
  2. Campurkan kunyit dan lidah buaya hingga mengental.
  3. Oleskan pada wajah hingga merata.
  4. Diamkan selama 15–20 menit.
  5. Bilas dengan air hangat.

Meskipun masker kunyit mudah dibuat, pembuatan masker kunyit dan penggunaannya ke wajah. Namun ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian ketika ingin menggunakan masker kunyit, seperti :

  1. Air, susu dan rose water bisa kamu jadikan pilihan yang tepat sebagai bahan campuran pada masker kunyit
  2. Penggunaan masker kunyit tidak boleh lebih dari 20 menit
  3. Kamu harus memperhatikan olesan masker pada wajah supaya merata
  4. Bilaslah muka dengan benar, dengan mengalirkan air ke sudut-sudut wajah dan menggunakan pembersih wajah yang mengandung scrub untuk menghilangkan warna kuning pada wajah
  5. Hindari penggunaan masker kunyit pada jenis kulit yang sensitif atau jenis kulit kering.

Kemungkinan alergi saat penggunaan masker kunyit pada wajah yang dapat menimbulkan kemerahan, gatal, dan bentol, sebaiknya hentikan pemakaian dan periksakan ke dokter. Semoga informasinya bermanfaat ya!.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer