Ketahui 5 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Rambut!

Wajib Dibaca Juga!

Bawang merah dikenal sebagai salah satu rempah-rempah yang biasa dipakai untuk tambahan memasak, karena dapat memberikan rasa yang gurih pada masakan. Selain dikenal sebagai rempah masakan, bawang merah memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang dapat berkhasiat untuk kecantikan. Serta terdapat juga kandungan sulfur yang dapat memperkuat keratin pada setiap helai rambut.

Nah, pada kali ini kita akan membahas manfaat bawang merah untuk Kesehatan rambut dan bagaimana cara memakainya? Yuk, simak bersama-sama!.

1. Mengatasi rambut rontok

Kebiasaan makan makanan yang tidak sehat, mengalami stres dan pengaruh polutan dari lingkungan yang berbahaya akan berdampak pada kesehatan rambut hingga mengalami kerontokan. Kandungan yang ada pada bawang merah dipercaya dapat mengatasi kerontokan dan kerusakan pada rambut. Cukup dengan tumbuk atau blender bawang merah secukupnya, diamkan setengah jam, ambil sari bawang merah lalu aplikasikan pada rambut.

Manfaat bawang merah untuk kesehatan rambut ini tidak akan berjalan dengan sempurna jika tidak didukung dengan pola hidup yang baik, memakan makanan yang bergizi seimbang, serta pemilihan produk minyak rambut yang tepat.

2. Mengurangi rambut beruban sebelum waktunya

Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi rambut beruban sebelum waktunya yaitu dengan bawang merah. Manfaat bawang merah untuk kesehatan rambut ini dapat membantu mengurangi hydrogen peroksida di akar rambut, karena memiliki kandungan senyawa antioksidan. Hal ini dapat menjaga rambut agar tidak beruban.

Cara yang dapat dilakukan dengan mencampurkan 3 sdt jus bawang merah dengan 2 sdt jus lemon. Oleskan campuran tersebut ke rambut dan kulit kepala, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan shampoo untuk mengurangi bau bawang.

3. Mengurangi ketombe

Mnafat bawang merah untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat mengurangi ketombe. Dikutip dari netmeds, sifat antibakteri dan antiseptik yang kuat dari minyak bawang merah membantu menangkal ketombe dari kulit kepala dan mengobati infeksi kulit kepala dari dalam akar. Senyawa bioaktif ini menyehatkan folikel rambut, mengurangi penipisan dan kerusakan rambut, serta menambah volume dan kekuatan pada surai akibat ketombe.

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengoleskan sari bawang merah ini yaitu dengan menggiling 2 sdm biji fenugreek, kemudian rendam dalam 2 sdm jus bawang merah dan air. Kemudian oleskan ke kulit kepala dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih. Atau kamu bisa melakukannya dengan mencampurkan jus bawang merah dengan 2 sdm gel lidah buaya, lalu oleskan ke kulit kepala, diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas sampai bersih.

4. Melembapkan rambut kering dan rapuh

Manfaat bawang merah juga bisa digunakan untuk melembapkan rambut kering dan rapuh. Karena senyawa flavonoid, kaempferol dan quercetin yang memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan vasodilatasi yang dapat membantu meningkatkan aliran darah ke kulit kepala.

Caranya cukup menambahkan campuran minyak bawang merah, teh hijau, daun kari, dan ekstrak kopi pada sampo dan kondisioner. Kemudian terapkan pada kulit rambut seperti biasanya. Bilas hingga bersih sampai bau bawang hilang.

5. Membantu pertumbuhan rambut

Manfaat Bawang merah yang bisa memberikan lebih banyak nutrisi lebih baik untuk folikel rambut, melembapkan rambut, dan mempercepat pertumbuhan rambut secara alami.

Caranya, iris kecil 100 gram bawang merah. Blender dan ambil sarinya, campur ke sampo alami yang terbuat dari campuran minyak kelapa, jarak, dan kayu putih serta pembersih. Oleskan ke kulit kepala, diamkan selama 5 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

Itulah, lima manfaat bawang merah untuk kesehatan rambut kamu. Namun jika kamu memiliki kulit rambut sensitive, hati-hati dalam pengapliasian bawang merah karena akan menimbulkan rasa perih. Campuran alami lainnya seperti, madu, minyak zaitun, teh dan kopi juga dapat membantu mengatasi rasa perih dan bau bawang merah yang berlebih. Berani mencobanya?.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer