Merasa Insomnia? Ini Dia Tips Jitu Pola Hidup Tidur Cepat

Wajib Dibaca Juga!

Sering kali kita merasakan sulit tidur, sedangkan pikiranmu menuntut untuk segera tidur cepat supaya dapat bangun lebih pagi dan melakukan aktivitas keesokan harinya dengan penuh semangat.

Selain itu tidur cepat tentu memiliki banyak manfaat yang penting salah satunya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat organ tubuh kembali berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, marilah kita simak beberapa tips yang bisa kita lakukan agar cepat tidur, sebagai berikut:

1. Menurunkan suhu udara

Shutterstock/Prostock-studio

Tips agar cepat tidur yang pertama adalah dengan merunkan suhu udara kamar. Suhu udara sekitar 15–23 derajat celsius biasanya dapat membuat orang nyaman untuk tidur. Selain mendinginkan tubuh, hal ini dapat membantu mengirimkan sinyal ke otak untuk tertidur.

2. Lakukan metode pernapasan 4-7-8

Shutterstock/Lipik Stock Media

Metode pernapasan 4-7-8 cukup dikenal karena dapat meredakan rasa cemas dan stres yang dihasilkan sistem saraf, selain itu dapat membantu kamu menjadi rileks dan membantu kamu tidur dengan cepat.

Tekniknya pun mudah dipraktikan, cukup lakukan tutup mulut dan tarik napas perlahan melalui hidung selama 4 hitungan, tahan napas selama 7 hitungan dan membuang napas secara perlahan selama 8 hitungan.

3. Buat jadwal tidur

Shutterstock/Andrey_Popov

Membuat jadwal tidur menjadi salah satu tips agar cepat tidur. Pasalnya jika kamu terbiasa tidur cepat dan bangunn di pagi hari, dapat membantu jam internal tubuh (ritme sirkadian) untuk menjaga jadwal tidur rutin.

4. Matikan lampu

Shutterstock/CGN089

Mematikan lampu, menjadi tips agar cepat tidur yang banyak dilakukan orang. Kondisi ruangan yang gelap dapat meningkatkan produksi melatonin, yakni hormon penting untuk tidur.

Hal ini tidak berlaku untuk kamu yang takut kegelapan ya. Tapi kamu bisa mencobanya dengan meredupkan sedikit cahaya lampu.

5. Lakukan meditasi atau yoga

Shutterstock/antoniodiaz

Manfaat melakukan meditasi dan yoga yang dapat dirasakan secara langsung adalah dapat membantu kamu tidur lebih cepat. Karena kegiatan tersbut dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh sehinga cocok meningkatkan kualitas tidurmu.

6. Hindari tidur siang

Shutterstock/Mladen Zivkovic

Tidur siang memang mempengaruhi pola tidur di malam harinya. Jika kamu ingin tidur cepat, tidak disarankan untuk tidur di siang harinya.

Namun jika kamu terbiasa dengan tidur di siang harinya, kamu bisa menyiasatinya dengan membatasi diri dengan tidur siang singkat (power nap) yakni sekitar 20-30 menit saja.

7. Dengarkan musik relaksasi

Shutterstock/goffkein.pro

Apakah kamu salah satu orang yang menjadikan musik sebagai pengantar tidur? Efek menenangkan yang dihasilkan dari musik memang ampuh untuk membantu kamu tidur cepat, karena bersifat menenangkan hati dan pikiran.

Tips agar cepat satu ini memang menjadi salah satu tips yang paling populer lho.

8. Olahraga

Shutterstock/Dusan Petkovic

Aktivitas fisik sering dianggap bermanfaat untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Sebab, olahraga dapat meningkatkan durasi dan kualitas tidur dengan meningkatkan produksi serotonin di otak dan menurunkan kadar kortisol alias hormon stres.

Tak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup berlari, bersepeda atau berenang saja dapat membantu kamu mendapatkan kualitas tidur yang baik di malam harinya.

9. Perhatikan asupan makanan dan minuman

Shutterstock/Drazen Zigic

Tips agar cepat tidur selanjutnya adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat yang tinggi serta kandungan kafein dalam minuman. Kandungan didalam makanan dan minumannya inilah yang dapat membuatmu kesulitan untuk tidur.

Selain itu, kamu perlu memberikan jarak waktu makan dengan waktu istirahat. Hal ini dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit pada pencernaan dan gangguan lainnya.

10.  Matikan perangkat elektronik

Shutterstock/Krakenimages.com

Tips agar cepat tidur yang cukup ampuh adalah dengan mematikan perangkat elektronik sehingga fokusmu hilang terhadap sesuatu, pikiran dan tubuh menjadi lebih tenang dan membantumu tidur lebih cepat.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba dirumah supaya dapat meningkatkan kualitas tidur mu dan membuat tubuhmu menjadi lebih sehat. Semoga selalu sehat ya. 

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer