Selain Sebagai Pajangan, Adanya Akuarium Memberikan Manfaat Bagi Kesehatan lho!

Wajib Dibaca Juga!

Begitu banyak ragam hewan yang cocok untuk dijadikan peliharaan dirumah dengan alasan yang beragam mulai dari memiliki keminatan pada hewan, rasa gembira saat memiliki hewan peliharaan, memberikan pelindungan bahkan dapat meningkatkan kesehatan seseorang.

Banyak yang memilih ikan hias sebagai hewan peliharaannya dirumah karena keindahan yang khas dan unik, mulai dari beragam corak, warna, dan bentuk. Seiring dengan berkembangnya zaman, para pencinta ikan hias sedikit demi sedikit sudah memperindah nilai estetika ikan hias, seperti adanya hiasan akuarium (Aquascape) yang memperindah akuarium di rumah-mu.

Namun, siapa sangka bahwa memiliki akuarium ternyata juga bisa berdampak positif terhadap kesehatan. Dilansir dari fiskeepingadvice.com, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa muncul dari memiliki akuarium di rumah.

Manfaat akuarium bagi kesehatan :

1. Menurunkan Stres

Manfaat akuarium bagi kesehatan yang pertama adalah akuarium dapat menjadi media terapi dan meditasi yang dapat menenangkan jiwa. Karena dengan memandang akuarium saja dapat memberikan ketenangan dan menurunkan rasa stres yang timbul akibat aktivitas sehari-hari. Terlebih lagi, suara gemercik air dari akuarium memberikan rasa ketenangan. Oleh karena itu, adanya akuarium di rumah baik bagi kesehatan mental.

2. Meredakan Kecemasan

Rasa cemas yang ada di dalam kepala kita, sering sekali membuat kita tak nyaman dan takut untuk bertindak. Namun dengan memiliki akuarium bisa menjadi cara yang mudah di dalam rumah untuk menenangkan diri dan meredakan kecemasan. Manfaat akuarium bagi kesehatan ini mampu memberikan efek meditatif dan menenangkan jiwa dari akuarium bisa membuat kecemasan yang muncul menjadi reda dan sirna.

3. Menurunkan Tekanan Darah

University of Plymouth pernah melakukan penelitian dan mengungkapkan bahwa dengan memandang akuarium dapat menurunkan detak jatung hingga 7%. Hal ini berdampak sangat baik terutama bagi kamu yang memiliki tekanan darah tinggi.

4. Meredakan Rasa Sakit

Manfaat akuarium bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat menurunkan rasa sakit. Hal ini dibuktikan dengan adanya akuarium pada klinik perawatn gigi. Biasanya akuarium dipajang dengan maksud untuk meredakan rasa takut dan sakit yang mungkin muncul pada proses pemeriksaan dan perwatan gigi.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Jika keberadaan akuarium dapat meredakan stres dan kecemasan. Tentunya akan berpengaruh pada peningkatan kualitas tidur. Dampak menenangkan akuarium serta suara yang dihasilkan bisa sangat membantu dalam membantumu lebih cepat terlelap.

6. Baik bagi Penderita Alzheimer’s

Manfaat akuarium bagi kesehatan selanjutnya adalah dengan adanya penelitian dari Purdue University yang menunjukan bahwa dengan adanya keberadaan akuarium di rumah sangat memberikan manfaat bagi penderita Alzheimer’s. Hal ini karena dengan memandangi akuarium dapat meningkatkan mood, kewaspadaan, selera makan, serta menurunkan perilaku yang agresif.

Keberadaan akuarium yang berpengaruh pada tekanan darah dan mengurangi stress serta kecemasan. Oleh karena itu, keberadaan akuarium ini sangat penting terutama bagi mereka yang berisiko mengalami Alzheimer’s.

7. Membantu Anak Hiperaktif

Selain baik bagi kesehatan mental, keberadaan akuarium dapat membantu mereka untuk menjadi merasa lebih nyaman. Manfaat akuarium bagi kesehatan lainnya adalah keberadaan akuarium dapat menekan kondisi hiperaktif pada anak serta meningkatkan rasa ingin tahu serta apresiasi mereka terhadap dunia luar.

8. Meningkatkan Produktivitas dan Kreativitas

Selain memberikan manfaat bagi kesehatan anak, keberadaan akuarium dipercaya mampu meningkatkan ke fokusan pada anak sehingga menimbulkan produktivitas dan kreativitas, hal ini karena adanya stimulasi visual yang dihasilkan dari pemandangan indah akuarium di rumahmu.

Itulah 8 manfaat akuarium bagi kesehatan yang langsung dirasakan bagi pemilik akuarium di rumah, apakah kamu tertarik untuk mengoleksi ikan hias beserta hiasan aquascape di rumah? Semoga informasinya bermanfaat ya.

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer