Dijuluki Sungai Paling Berbahaya di Dunia! Ini 5 Hewan Mematikan di Sungai Amazon

Wajib Dibaca Juga!

Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang kedua di dunia setelah Sungai Nil. Sungai yang terletak di Amerika Selatan ini merupakan sungai terpanjang di benua Amerika. Perairan panjang itu menjadi tempat tinggal lebih dari 400 jenis amfibi dan 2.000 spesies ikan di dunia.

Diantara semua hewan air yang ada di Sungai Amazon, beberapa diantaranya masuk kedalam hewan buas dan bahkan sangat mematikan manusia. Volume air yang melewati sungai ini juga sangat menakjubkan, dalam satu detik sungai ini mengalir 219000 m3 air.

Delt Amazon yang memiliki lebar 320 km dilewati seperenam dari seluruh air tawar yang ada di lautan. Selama musim kemarau, lebar Sungai Amazon menyusut sampai 4 km. Tapi, pada musim hujan, lebar sungai ini bisa mencapai 50 km. Menakjubkan, bukan?

Nah, dari penjelasan sungai terpanjang ke dua dunia ini, berikut ulasan tentang hewan buas di Sungai Amazon.

1. Anaconda Hijau

Shutterstock/Vladimir Wrangel

Anaconda Hijau adalah hewan buas di Sungai Amazon yang sangat legendaris dan sudah menjadi ikon sungai ini. Spesies ular ini adalah ular terbesar dan terberat di dunia. Ketebalan ular ini mencapai 1,11 meter dan panjang 8,43 meter dengan berat bisa mencapai 227 kg.

Hewan buas ini memang tidak beracun, tapi memiliki kemampuan untuk mencekik dan melilit mangsanya hingga tewas. Lilitan dari hewan buas di Sungai Amazon ini bahkan bisa melumpuhkan rusa putih yang beratnya mencapai 55 kg.

2. Belut Listrik

Shutterstock/Ann Pics

Hewan buas di Sungai Amazon ini sesuai dengan namanya yang bisa menyalurkan aliran listrik. Listrik ini dikeluarkan melalui ekornya yang bisa mencapai 600 volt. Kekuatan ini sangat mampu untuk melumpuhkan lawannya, bahkan untuk ukuran yang lebih besar dari belut tersebut.

Organ vital hewan buas ini berada di bagian tubuhnya sekitar 20 persen, sedangkan sisanya yang terdiri dari 6.000 sel berfungsi seperti baterai kecil. Serangan dari belut ini harus diwaspadai meskipun tidak akan menyerang bila tidak terancam, karena sengatannya mampu mengakibatkan gagal jantung dan pernapasan pada manusia.

3. Hiu Banteng

Shutterstock/OleH Tiurkin

Meski kalian berada di sungai, jangan harap bisa bebas dari hewan buas yang sudah dikenal banyak orang ini. Hewan buas di Sungai Amazon ini dikenal sebagai hewan yang hidup di air asin, tapi beberapa jenis hiu bisa hidup di air tawar.

Hiu banteng di Sungai Amazon ini adalah yang bermigrasi dari laut. Pemilik nama latin Carcharhinus leucas ini bisa hidup di air tawar dengan cara mempertahankan kadar garam yang ada di dalam tubuh mereka.

4. Katak Beracun

Shutterstock/Frank Cornelissen

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa hewan buas di Sungai Amazon juga ada yang jenis amfibi. WWF juga melaporkan bahwa di dunia ini ada lebih dari 4.000 spesies katak dan 427 diantaranya hidup di Amazon, termasuk katak beracun.

Katak spesies Dendrobates ini adalah salah satunya yang dinamakan sebagai katak panah beracun. Mereka merupakan hewan dengan ukuran kecil sekitar 20 mm sampai 40 mm yang mempunyai warna cerah, seperti merah, oranye, atau hijau.

Racun yang dimiliki hewan buas ini sangat mematikan, bahkan sekitar 2,5 gram saja bisa membunuh manusia dewasa!

5. Piranha

Shutterstock/Andrey Novgorodtsev

Piranha merupakan salah satu hewan buas di Sungai Amazon yang terkenal mempunyai gigi yang sangat kuat dan tajam. Selain itu, mereka juga memiliki kemampuan untuk merobek tubuh hewan lain dengan sangat cepat.

Ikan ini biasa berburu secara berkelompok sehingga mereka dapat memangsa hewan dengan ukuran yang lebih besar hingga seukuran manusia dewasa. Di Sungai Amazon, ada sekitar 20 spesies ikan piranha yang hidup. 

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Populer